PENGGUNAAN INTERNET UNTUK KEEFEKTIFAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI KALANGAN MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas, valensi, serta bobot informasi untuk keefektifan komunikasi interpersonal di kalangan mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode studi deskriptif yaitu memaparkan dan menganalisis data yang diperoleh. Data primer didapat melalui penyebaran angket dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling acak sistematik. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang terdaftar sebagai pengguna jasa Jihadnet hingga Juni 2012. Jumlah responden adalah sebanyak 61 orang yang diperoleh berdasarkan teknik sampling acak sistematik. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis deskriptif.Hasil dari penelitian ini, yaitu penggunaan internet di kalangan mahasiswa member Jihadnet cukup mendukung keterbukaan, empati, dukungan, sikap suportif, serta kesetaraan sebagai indikator keefektifan komunikasi interpersonal responden. Dua dari tiga variabel penggunaan internet, yaitu intensitas dan valensi diapresiasi tinggi oleh responden. Sementara bobot informasi diapresiasi sedang oleh responden
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Ardianto, Elvinaro dkk. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bakhtiar, Amsal. 2004. Filsafat Ilmu. 2007. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Baksin, Askurifai. 2006. Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Gramedia Pustaka
. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Effendy, Onong Uchjana. 1992. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek- cet 6. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamad, ibnu, 2004. Dr, Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa: sebuah Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta: granit 2004
Hidayat S.E. M.Si., Taufik dan Nina Istiadah, S.T. 2011. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 Untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Jakarta: PY. TransMedia Jl. Moh. Kahfi II No. 12 A Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Hofmann, Ruedi, 1999. Dasar-dasar Apresiasi Program Televisi. Jakarta: Grassindo
Kuswandi, Wawan. 1996. Komunikasi Massa Sebuah Analisa Media Televisi. Jakarta: Rhineka Cipta.
Mayer, R.C., Davis, J.H., & Schoorman, F.D. 1995. “An Integrative M odel of
McQuail. 2000. Mass Communication Theory. London: Sage Publications Inc. 1 Oliver’s Road 55 City Road
Moen. R Darly, Don Ranly. 1980. News Reporting and Editing. California: Wadsworth.
Mulyana, Deddy. 2000. Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Newsom, Doug; Wollert, James A. 1985. Media Writing, News for The Mass Media. California: Wadsworth.
Organizational Trust”, Academy of Management Review.
Rakhmat, Jalaludin.2001.Metode Penelitian Komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Singarimbun dan Effendy. 1987. Metode Penelitian Survei. Yogyakarta : LP3ES
Sternberg, R. J. (2006). Cognitive psychology. (4th ed.). Belmont: Thompson Wodsworth
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alphabeta
Sumadiria, Haris. 2005. Menulis Berita dan Feature (Panduan Praktis Jurnalis Profesional). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Wahyudi, 1986, Media komunikasi massa televisi, Bandung: Alumni
William L. Rivers, Jay W., Jensen Theodore Peterson, Media Massa Masyarakat Modern, Edisi Kedua, Prenada Media Group, Jakarta Kencana, 2008
Zand, D. (1972), “Trust and Managerial Problem Solving“, Administrative Science Quarterly.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i1.21274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: