PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNA AKTIF INSTAGRAM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya perilaku komunikasi pengguna aktif Instagram dan mengetahui perilaku komunikasi antar sesama pengguna aktif Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berulang kepada delapan orang informan, observasi, studi pustaka serta analisis dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bawah faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya perilaku komunikasi pengguna aktif instagram adalah fasilitas pendukung, keinginan untuk menghasilkan karya yang lebih baik, frekuensi mengakses yang tinggi serta dorongan kerabat. Perilaku komunikasi antar sesama pengguna aktif instagram yaitu mengunggah foto, melakukan following dan unfollow, memberikan like dan komentar, membubuhi informasi pada foto yang diunggah serta menghadiri kegiatan gathering dan photowalk.
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian kualitatif. Pranada Media Group : Jakarta.
Gemiharto, I., Abdullah A., Puspitasari, L., 2017, Kajian Kritis Tayangan Televisi Favorit Kelas Menengah Perkotaan, Jurnal ProTVF Volume 1 Nomor 1 diakses melalui http://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/13329
Creswell, J.W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. Thousand Oaks, CA: Sage Publications
Kaplan, M. Andreas & Michael Haenlein. (2010). "Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media". Kelley School Of Business : Indiana University.
LittleJohn, Stephen W. 2005. Theories of Human Communication – Fifth Edition. Terjemahan edisi Indonesia
Mayfield, Antony. (2008). "What is Social Media?". iCrossing
Maslow, Abraham H. 1970. Motivation And Personality. Harper & Row, Publishers, Inc.
Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Poston, Bob. 2009. Maslow's Hierarchy of Needs. Association of Surgical Technologists
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Ronauli, M., Wahyudin, U., Elita, F.U., Mirawati, I., 2016, HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMPANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN, diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/11017/4924
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Villi, Mikko. 2010. Visual Mobile Communication : Camera Phone Photo Messages as Ritual Communication and Mediated Presence. Finland. ws Bookwell Ltd.
Villi, Mikko. 2011. Messaging and Publishing Photographs : Sharing Camera Phone Photographs Via The Internet. Finland. Allto University School Of Economics.
West, Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi.
Yin, Robert K. 1996. Studi Kasus : Desain & Metode. Jakarta : Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.21330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: