Manajemen kampanye komunikasi kesehatan dalam upaya pengurangan prevalensi balita stunting

Soraya Ratna Pratiwi

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negera dengan prevalensi stunting yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara berpendapatan menengah lainnya. Stunting terjadi karena dampak kekurangan gizi kronis selama 1.000 hari pertama kehidupan anak. Selain memengaruhi kondisi balita pada saat ini, stunting juga memengaruhi masa depan balita. Salah satu faktor penyebab tingginya angka stunting di Indonesia karena masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan konsep, serta implementasi Kampanye Gizi Nasional yang dilakukan oleh Millenium Challenge Account Indonesia dalam rangka mencegah dan menanggulangi stunting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan studi deskriptif. Data penelitian didapat dengan melakukan wawancara kepada Direktur Proyek dan Manajer Kampanye Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat, observasi non partisipan, dan literatur terkait. Hasil penelitian didapat bahwa proses pra Kampanye Gizi Nasional dilaksanakan dengan membuat riset formatif yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang sasaran kampanye. Selain riset formatif, MCA-Indonesia juga melakukan mapping stakeholders di daerah sasaran guna mengetahui dan menyusun sasaran untuk advokasi. Proses pengelolaan dan pelaksaaan kampanye dilakukan melalui integrated intervention. Intervensi dilakukan dengan melaksanakan kampanye oleh para kader Posyandu dan tokoh masyarakat, advokasi oleh para LSM dan lembaga keagamaan, serta menggandeng media untuk memberikan informasi mengenai stunting secara massal, baik dalam skala nasional maupun lokal. Dalam kampanye ini pesan yang disampaikan berupa seluk beluk stunting, pola pengasuhan anak, pola pemberian makan pada anak, referensi pangan yang bergizi, serta pemeliharaan sanitasi dan kesehatan.


Keywords


advokasi; gizi anak; kampanye; komunikasi kesehatan; stunting

Full Text:

PDF

References


Hariyadi, D., & Ekayanti, I. (2011). Analisis pengaruh perilaku keluarga sadar gizi terhadap stunting di propinsi Kalimantan Barat. Teknologi dan kejuruan, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.17977/tk.v34i1.3021

IMA World Health – Indonesia. (2015). Laporan hasil riset formatif fase-1 program komunikasi dan kampanye gizi nasional.

Kementerian Kesehatan. (2018). Situasi balita pendek (stunting) di Indonesia.

Kriyantono, R. (2012). Teknik praktis riset komunikasi, disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Liliweri, A. (2013). Dasar-dasar komunikasi kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: toward a shared craft. Educational Researcher, 13(5). https://doi.org/https://doi.org/10.3102/0013189X013005020

Muchtar, K., Koswara, I., & Setiawan, A. (2016). Komunikasi antar budaya dalam perspektif antropologi. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 113–124.

Ni’mah, K., & Nadhirah, S. R. (2015). Faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita. Media Gizi Indonesia, 10(1).

Ostergaard, L. (2002). Effective campaign assessment: how to learn from your failures. In Klingenmann, H. D. & Roemmelle, A. (Ed.), Public Information Campaigns and Opinion Research. Thousand Oaks: Sage Publications.

Prastowo, F. A. A. (2014). Kampanye peduli kesehatan ibu (studi kasus investasi sumber daya manusia melalui kampanye #sayangibu). Jurnal Ilmiah Komunikasi, 3(2), 138–159.

Prendergast, A. J., & Humphrey, J. H. (2014). The stunting syndrome in developing countries. Paediatrics and International Child Health, 34(4), 250–265. https://doi.org/DOI: 10.1179/2046905514Y.0000000158

Rahmayana, I., & Damayati, D. S. (2014). Hubungan pola asuh ibu dengan kejadian stunting anak usia 24-59 bulan di posyandu asoka ii wilayah pesisir kelurahan Barombong kecamatan Tamalate kota Makassar Tahun 2014. Al-Sihah : Public Health Science Journal, 6(2), 424–436.

Rogers, E. M., & Storey, J. D. (n.d.). Communication campaigns. in c. berger & s. chaffee (eds.), handbook of communication science. California: Sage Publication.

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A., Sugiana, D., & Trulline, P. (2019). Pengaruh atribut agen perubahan (agent of change) pendamping program keluarga harapan (pkh) terhadap perubahan sikap rumah tangga sangat miskin (rtsm) peserta program keluarga harapan (pkh) di kabupaten Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 5–41. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.10061

Sutarto, D. M., & Indriyani, R. (2018). Stunting, faktor resiko dan pencegahannya. Jurnal Kesehatan Dan Agromedicine, 5(1), 540–545.

Tyas, S. R., Hafiar, H., & Sani, A. (2017). Manajemen kampanye eliminasi kaki gajah dalam upaya peningkatan kesehatan di kabupaten Bogor. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(1), 57–72.

Unicef. (2012). Ringkasan kajian: gizi ibu dan anak. Jakarta: Unicef Indonesia.

Venus, A. (2018). Manajemen kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wahyudin, U. (2016). Membangun model kampanye komunikasi kesehatan phbs di Jawa Barat. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 6(2), 27–38.

Wahyudin, U., Ronauli, M. P. D. H., Mustikasari, F. & Mirawati, I. (2016). Hubungan antara pesan kampanye 9 aksi ramah lingkungan di akun twitter earthour Bandung dengan sikap followers aktif terhadap gaya hidup ramah lingkungan. Jurnal Manajemen Komunikasi Hubungan, 1(1), 125–144. https://doi.org/10.1149/1.1921850

Zainal, M. (2018). Implementasi advokasi, komunikasi, mobilisasi sosial dalam program pembanguan bidang kesehatan. Jurnal Perspektif komunikasi, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v4i1.23435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats