Faktor-faktor yang mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan
Abstract
Industri penerbitan majalah cetak merupakan bisnis yang mengandalkan pendapatan dari iklan dan sirkulasi, baik berlangganan maupun retail. Seiring dengan cepatnya perkembangan media online, majalah cetak mengalami tekanan besar. Sehingga hampir semua majalah mengalami penurunan pendapatan dari kedua sumber pendapatannya. Sementara di sisi lain kehadiran media online yang diduga menggerogoti pendapatan majalah cetak, pendapatannya relatif masih kecil hanya sekitar 10% dibanding media cetak walau angka pertumbuhannya dari tahun ke tahun secara persentase cukup signifikan. Oleh karena itu, para penerbit masih mengandalkan bisnis majalah cetak sebagai penyumbang pendapatan yang jauh lebih besar, sambil mengembangkan bisnis media digitalnya. Beberapa kajian teori dan penelitian terdahulu mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan bisnis majalah cetak penerbit harus memperbesar jumlah pelanggannya dibanding pembeli retail. Dengan semakin besarnya jumlah pelanggan, penerbit lebih memiliki kepastian pendapatan yang lebih stabil dalam jangka panjang. Dari sisi itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembaca majalah untuk berlangganan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan mengandalkan survey lewat kuesioner. Alat bantu pengolahan data menggunakan Excell, SPSS 16 dan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan adalah kualitas layanan. Kemudian secara berurutan diikuti faktor kualitas fisik majalah, kualitas layanan customers services, kualitas konten, reputasi, brand, faktor harga, objektivitas pemberitaan, promosi, konten majalah, harga, insentif, reputasi perusahaan dan terakhir kualitas fisik majalahnya. Dari 8 faktor yang terbentuk faktor kualitas layanan menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi pembaca majalah berita untuk berlangganan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashman, Rachel., Solomon, Michael R., Wolny, J. (2015). An Old Model For a New Age: Consumer Decision Making in Participatory Digital Culture. Journal Of Customer Behaviour, 14(2), 127–146.
Assegaf, D. H. (1991). Jurnalistik Masa Kini: Pengantar ke praktek kewartawanan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Bilton, J. (2007). The Loyalty Challenge : How Magazine Subscriptions Work. (February).
Crain Communication, I. (2005, September). Advertising Age.
Dawar, N. (2013). When marketing is strategy. Harvard Business Review.
Deloitte. (2014). Media Consumer Survey 2014: Australian Media And Digital Preferences.
Joseph F. Hair. (2006). Multivariate Data Analysis (Fifth Edit). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. &, & Garry Armstrong. (2005). Marketing An Introduction (7e ed). New Jersey: Pearson Education International.
Kotler, P. &, & Keller. (2012). A Framework for Marketing Management (Internatio). Edinburgh: Pearson Education International.
Lee, Y.-J., & Kim, W.-J. (2012). Factors Influencing on Magazine Subscription. The Journal of the Korea Contents Association, 12(11), 286–294.
Mailany, R. D. (2004). Faktor-faktor pembeda antara kelompok konsumen yang akan terus berlangganan dan berhenti berlangganan : studi kasus pada Majalah Kesehatan Healthy Life. Universitas Indonesia.
Manyika, J., Chui, M., & Bughin, J. (2013). Disruptive technologies: Advances that will transform life, business, and the global economy. In McKinsey Global ….
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Maxwell, A. (2013). The Magazine Industry is Becoming Mobile. (March).
Mullins, J. &, & Walker, O. C. (2013). Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach. McGraw Hill.
Nenadic, I. (2018). Media Innovation in Europe and Reinvention of Audiences: Between Citizens and Consumers. Media Studies, 9(17), 4–22.
Odhiambo, B. M. (2012). Factors Affecting Brand Loyalty in Print Media Industry in Kenya: A Case of Newspaper Subscribers in K Isum City. A Research Project Submitted in Partial Fulfillment of the Requirements for the Award of the Degree of Masters of Business Administration. (October).
Oster, S. M., & Morton, F. M. S. (2005). Behavioral biases meet the market: The case of magazine subscription prices. Advances in Economic Analysis and Policy, 5(1). https://doi.org/10.2202/1538-0637.1323
Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall Footprint and Biocapacity Analysis for Flooding Prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (8th Intern). Prentice Hall.
Seisto, A., Mensonen, A., Viljakainen, A., Aikala, M., Moilanen, P., & Lindqvist, U. (2013). The future magazine. Transition from product to service. Tekniikantie Finland: VTT Technical Research Centre of Finland.
Straubhaar, Joseph D and LaRose, R. (2006). Media now : understanding media, culture, and technology (5th ed). Southbank, Vic; Belmont, CA: Thomson/Wadsworth; Thomson Learning Australia.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran (Edisi-1). Yogyajakarta: Andi.
Tsourvakas, G., & Veglis, A. (2004). Consumer Magazine Subscription : The Roles of Customer Satisfaction and Content Quality. 1(2), 29–46.
Vargo, S. L., & Lusch, R. F. (2004). Evolving to a New Dominant Logic for Marketing. Journal of Marketing, 68(1), 1–17. https://doi.org/10.1509/jmkg.68.1.1.24036
Viljakainen, A., & Toivonen, M. (2014). The futures of magazine publishing : Servitization and co-creation of customer value. Futures, 64, 19–28. https://doi.org/10.1016/j.futures.2014.10.004
Weinheimer, K. C. (2013). The Chances of Data Mining in Subscription-based Businesses: A Literature-based Analysis. Zeppelin Universität Department.
Yuniko, O. R. (2009). Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Melatar Belakangi Konsumen Berlangganan Koran. (8), 88–89.
DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v5i1.27105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:
Jurnal Manajemen Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University
Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia
Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)
Fax: +62227794122
Email: jurnalmankomunpad@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by: