Pemanfaatan informasi dari big data oleh underwriter pada peer to peer lending

Erny Sholihah, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Transformasi digital di era globalisasi sejauh ini telah mendekatkan masyarakat dengan konsep Big Data, Internet of Things, dan Artificial Intelligence dalam kehidupan sehari-hari. Kolaborasi antara manusia dan segala perangkat teknologi informasi dan komunikasi telah membawa nilai-nilai yang tumbuh dalam masyarakat menjadi semakin kompleks. Teknologi informasi dan komunikasi secara signifikan membawa perubahan bagi ekosistem, baik sosial maupun industri, tidak terkecuali pada industri keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran underwriter dalam memitigasi risiko kredit melalui pemanfaatan big data. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada Investree, salah satu perusahaan keuangan yang berbasis teknologi dengan konsep peer to peer lending di Indonesia. Dalam aktivitasnya, Investree mengelola berbagai pengajuan kredit dari borrower untuk dibiayai oleh lender pada platform Investree. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi big data dalam industri finansial berperan penting dalam proses screening dan scoring pada awal proses pengajuan kredit. Peran underwriter juga penting karena informasi dari big data bukanlah penentu keputusan final, melainkan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam proses analisa kredit lanjutan yang dilakukan oleh underwriter. Underwriter melakukan serangkaian analisa dan prosedur untuk menghasilkan rekomendasi yang ditujukan pada komite kredit apakah ajuan tersebut aman dan layak dibiayai. Dalam proses ini dapat terlihat bahwa data tidak dapat serta merta mengkomunikasikan dirinya sendiri. Dengan kata lain, tenaga manusia yang memiliki keterampilan menganalisis informasi khusus sesuai bidangnya masih diperlukan untuk mengkomunikasikan data dan menjadikannya lebih berarti.


Keywords


Big data; teknologi informasi dan komunikasi; underwriter; teknologi finansial; analis kredit

Full Text:

PDF

References


Baker, L. M. (2006). Observation: A complex research method. Library Trends, 55(1), 171–189. https://doi.org/10.1353/lib.2006.0045

Barnes, T. J. (2013). Big data, little history. Dialogues in Human Geography, 3(3), 297–302. https://doi.org/10.1177/2043820613514323

Becker, D., & Al., E. (2010). Credit underwriting after the crisis. McKinsey Working Papers on Risk, 21. https://www.mckinsey.com/~/media/mckinsey/dotcom/client_service/risk/working papers/21_credit_underwriting_after_the_crisis.ashx

Bosnia, T. (2018). Tingkatkan Pinjaman, Investree Kolaborasi Dengan Bank. Cnbcindonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20180301175126-37-5962/tingkatkan-pinjaman-investree-kolaborasi-dengan-bank

Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications, Inc.

Crowther, M., Lim, W., & Crowther, M. A. (2010). Systematic review and meta-analysis methodology. Blood, 116(17), 3140–3146. https://doi.org/10.1182/blood-2010-05-280883

Danisewicz, P., & Elard, I. (2018). The Real Effects of Financial Technology: Marketplace Lending and Personal Bankruptcy. SSRN Electronic Journal, 44(0). https://doi.org/10.2139/ssrn.3208908

De Mauro, A., Greco, M., & Grimaldi, M. (2015). What is big data? A consensual definition and a review of key research topics. AIP Conference Proceedings, 1644, 97–104. https://doi.org/10.1063/1.4907823

Fauzan, R. (2020). Tahan Ekspansi, Investree Fokus di Thailand dan Filipina. Bisnis.Com. https://teknologi.bisnis.com/read/20200303/266/1208460/tahan-ekspansi-investree-fokus-di-thailand-dan-filipina

Fenwick, M., McCahery, J. A., & Vermeulen, E. P. M. (2018). Fintech and the financing of SMEs and entrepreneurs: From crowdfunding to marketplace lending. The Economics of Crowdfunding: Startups, Portals and Investor Behavior, September, 103–129. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66119-3_6

Frith, J. (2017). Big Data, Technical Communication, and the Smart City. Journal of Business and Technical Communication, 31(2), 168–187. https://doi.org/10.1177/1050651916682285

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, 27(Society 5.0), 47–50. http://www8.cao.go.jp/cstp/%0Ahttp://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=bth&AN=108487927&site=ehost-live

Investree. (2020). Investree.id. PT Investree Radhika Jaya. https://investree.id

Kawulich, B. (2012). Collecting Data Through Observation. In Research Gate, XXXIII(2), 81–87. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Kim, T., Por, M. H., & Yang, S. B. (2017). Winning the crowd in online fundraising platforms: The roles of founder and project features. Electronic Commerce Research and Applications, 25, 86–94. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2017.09.002

McLuhan, M. (1964). Understanding Media The Extensions of Men. In London and New York: McGraw-Hill.

Nehls, K., Smith, B. D., & Schneider, H. A. (2014). Video-conferencing interviews in qualitative research. Enhancing Qualitative and Mixed Methods Research with Technology, January, 140–157. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-6493-7.ch006

POJK NOMOR 77 /POJK.01/2016, & INFORMASI, T. L. P. M. U. B. T. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77 /Pojk.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Ojk.Go.Id, 1–29. http://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/lembaga-keuangan-mikro/peraturan-ojk/Documents/Sal-Pojk-Perizinan Final F.pdf

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall Footprint and Biocapacity Analysis for Flooding Prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.

PwC. (2019). Indonesia’s Fintech Lending: Driving Economic Growth Through Financial Inclusion. PwC Indonesia - Fintech Series, June, 24. https://www.pwc.com/id/en/fintech/PwC_FintechLendingThoughtLeadership_ExecutiveSummary.pdf

Ritchie, J., & Lewis, J. (2003). Qualitative Research Practice A Guide for Social Science Students and Researchers. Sage Publications, Inc.

Valle, B., & Zeng, Y. (2019). Marketplace Lending: A New Banking Paradigm? Review of Financial Studies, 32(5), 1939–1982. https://doi.org/10.1093/rfs/hhy100

Zhang, C., & Zhang, B. (2020). Interpretation of Big Data in Communication. Proceedings - 2020 International Conference on Computer Engineering and Application, ICCEA 2020, 68–71. https://doi.org/10.1109/ICCEA50009.2020.00021




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v5i1.27524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats