Interaksi keluarga dan kelompok sebaya menstimulasi strategi pengambilan keputusan berkuliah sembari bekerja

Timotius Saliman, Rustono Farady Marta, Sugeng Wahjudi

Abstract


Pendidikan merupakan suatu hal yang perlu untuk dimiliki oleh manusia dalam kehidupannya untuk dapat mengembangkan dirinya dari ketertinggalan dan berkeinginan untuk maju. Semakin bertambahnya usia maka akan semakin banyak pula manusia itu belajar untuk memenuhi kebutuhannya melaui proses belajar. Terutama di Indonesia yang memiliki jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA, sampai tingkat Universitas untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakatnya. Sayangnya banyak masyarakat yang tidak menempuh seluruh jenjang pendidikan bahkan sampai tingkat Universitas. Dibutuhkan motivasi serta komunikasi yang baik antara orangtua dan anak agar timbul kesadaran pentingnya melanjutkan pendidikan sampai jenjang Universitas. Di samping itu anak gemar menghabiskan waktunya untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak komunikasi interpersonal orangtua dan anak dapat mempengaruhi strategi pengambilan keputusan berkuliah sambil bekerja secara dominan, atau justru interaksi kelompok sebaya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengetahui pengaruh interaksi keluarga khususnya komunikasi interpersonal orangtua dan anak juga komunikasi kelompok sebaya, terhadap strategi pengambilan keputusan berkuliah sembari bekerja. Responden penelitian ini adalah 89 mahasiswa Universitas Bunda Mulia. Hasil dari penelitian dengan variabel komunikasi interpersonal orang tua dan anak memiliki pengaruh yang lebih besar dan signifikan sebesar 62,1% dibandingkan dengan variabel interaksi kelompok sebaya dalam mempengaruhi variabel keputusan berkuliah sembari bekerja.


Keywords


Interaksi keluarga; kelompok sebaya; strategi pengambilan keputusan; berkuliah; bekerja

Full Text:

PDF

References


Achilike, B. A. (2017). Review Article Influence of Peer Group on Adolescent Learning. International Journal Of Current Research, 9(3), 48449–48452.

Alawiyah, F. (2017). National Standards of Primary and Secondary Education. Aspirasi, 8(1), 81–92.

Aliyu, A. A., Bello, M. U., Kasim, R., & Martin, D. (2014). Positivist and Non-Positivist Paradigm in Social Science Research: Conflicting Paradigms or Perfect Partners? Journal of Management and Sustainability, 4(3). https://doi.org/10.5539/jms.v4n3p79

Apuke, O. D. (2017). Quantitative Research Methods : A Synopsis Approach. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 6(11), 40–47. https://doi.org/10.12816/0040336

Arkandito, G. F., Maryani, E., Rahmawan, D., & Wirakusumah, T. K. (2019). Komunikasi Verbal Pada Anggota Keluarga Yang Memiliki Anak Indigo. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1), 42–56. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.9955

Banerjee, A., & Chaudhury, S. (2010). Statistics without tears: Populations and samples. Industrial Psychiatry Journal, 19(1), 60. https://doi.org/10.4103/0972-6748.77642

Dina, F., Hadi, S., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Konsep Diri Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Demak. Empati, 8(2), 26–32.

Elfil, M., & Negida, A. (2017). Sampling methods in Clinical Research; an Educational Review. Emergency (Tehran, Iran), 5(1), e52. https://doi.org/10.22037/emergency.v5i1.15215

Fauzan, M. F., & Supratman, L. P. (2019). Studi Fenomenologi Tentang Komunikasi Antarpribadi Anggota Komunitas Anak Indigo Indonesia. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 180. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.11684

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2014). Multivariate Data Analysis (MVDA). In Pharmaceutical Quality by Design: A Practical Approach. Pearson Educated Limited. https://doi.org/10.1002/9781118895238.ch8

Handayani, M. (2016). Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 57–64.

Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and reliability in quantitative studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129

Hidayat, A. (2013). Uji F dan Uji T. Statistikian.

Hutapea, E. B. (2015). Representasi Simbol-simbol Komunikasi Menjadi Realitas. BRICOLAGE: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 1(2), 1–26.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2016 tentang Program Indonesia Pintar. 2–5.

Khurana, A., Bleakley, A., Jordan, A. B., & Romer, D. (2015). The Protective Effects of Parental Monitoring and Internet Restriction on Adolescents’ Risk of Online Harassment. Journal of Youth and Adolescence, 44(5), 1039–1047. https://doi.org/10.1007/s10964-014-0242-4

Kivunja, C., & Kuyini, A. B. (2017). Understanding and applying research paradigms in educational contexts. International Journal of Higher Education, 6(5), 26. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n5p26

Kuntaraf, K., & Kuntaraf, J. (1999). Komunikasi Keluarga. Indonesia Publishing House.

Laksana, S. D. (2005). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) Dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. 43–61.

Malhotra, N. (2010). Marketing research (1st ed.). Pearson.

Marta, R. F., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019). Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga Pada Instagram @KEMENPPPA. Journal of Communication, 4(2).

Marvasti, A. (2018). Research methods. The Cambridge Handbook of Social Problems, 1(3), 23–37. https://doi.org/10.1017/9781108656184.003

Moore, J. (2017). Where Is the Critical Empirical Interpersonal Communication Research? A Roadmap for Future Inquiry into Discourse and Power. Communication Theory, 27(1), 1–20. https://doi.org/10.1111/comt.12107

Muhardi. (2005). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Journal Unisba, XX(4), 478–492. https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. file:///C:/Users/Diana/Downloads/530-Article Text-1025-1-10-20160318.pdf

Sari, I. A., Hamiyati, H., & Rasha, R. (2019). Pengaruh Fungsi Peer Group Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Pencarian Informasi) Produk Kosmetik Pada Remaja Putri. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 6(01), 1–8. https://doi.org/10.21009/jkkp.061.01

Sasongko, Y. P. D., & Marta, R. F. (2018). Ekspresi Identitas Melalui Relasi Ayah Dan Anak Pada Iklan Youtube Grab Official. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(02), 118. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1656

Sasson, H., & Mesch, G. (2017). The Role of Parental Mediation and Peer Norms on the Likelihood of Cyberbullying. Journal of Genetic Psychology, 178(1), 15–27. https://doi.org/10.1080/00221325.2016.1195330

Siregar, N. S., Wasidi, W., & Sinthia, R. (2018). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Dengan Perilaku Kenakalan Remaja. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 26–35. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.26-35

Sophya, I. V. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(2), 251. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4639

Stankevich, A. (2017). Explaining the Consumer Decision-Making Process: Critical Literature Review. Journal of International Business Research and Marketing, 2(6), 7–14. https://doi.org/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.26.3001

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. BAndung: Alfabeta.

Sutanta. (2019). Beljar Mudah Metodologi Penelitian (I–2019). Thema Publishing.

Tarmidi, T. (2015). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Directed Learning pada Siswa SMA. Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dan Self-Directed Learning Pada Siswa SMA, 37(2), 216–223. https://doi.org/10.22146/jpsi.7733

Thoharudin, M., Suryanti, Y., & Sore, A. D. (2019). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Lebih Tinggi Di Desa Sungai Mali Kecamatan Ketungau Hilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i1.423

Turabik, T., & Baskan, G. A. (2015). The Importance of Motivation Theories in Terms Of Education Systems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.006

Umar, Hassan Sa’id and Usman, M. (2015). The Imperative of Population Sampling in Social Science Research. Global Journal of Political and Science and Administration, 3(3), 49–57.

Wijaya, H. (2018). Peranan Teori Pendidikan dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah Di Indonesia.

Williamson, K. (2018). Populations and samples. In Research Methods: Information, Systems, and Contexts: Second Edition. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102220-7.00015-7

Yusriyah, K., Fatoni, A., & Mansyur, M. A. (2020). Communication Networks Analysis On Information Dissemination Of The Moving Of Capital City From Jakarta To East Kalimantan. ASPIRATION Journal, 1(May), 31–55.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.28404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats