Strategi komunikasi internal dalam perubahan organisasi di masa transisi tahun 2019-2020

Karlina Gusmarani, Rajiyem Rajiyem

Abstract


Perubahan organisasi pada lembaga pemerintah merupakan upaya untuk mengefisien dan mengefektifkan alur birokrasinya. Upaya pembenahan yang dilakukan LIPI sebagai lembaga riset terbesar di Indonesia dilakukan melalui perubahan struktur dan pengelolaan organisasi. Informasi perubahan disampaikan melalui komununikasi internal yang dalam proses tidak lepas dari gangguan yang menyebabkan pemahaman yang tidak sejalan dengan tujuan dari perubahan itu sendiri, sehingga perlu ada upaya strategi komunikasi internal yang tepat pada masa transisi di LIPI. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dari strategi komunikasi internal dalam organisasi diantara manajemen dan anggota organisasi dengan adanya proses perubahan organisasi di masa transisi tahun 2019-2020. Melalui pemilihan pesan, komunikator, media dan efek yang dipengaruhi oleh perubahan organisasi, komunikasi internal dan hambatannya selama masa transisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus melalui teknik pengumpulan data wawancara serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pesan melalui berbagai proses penyampaian informasi perubahan dan informasi yang dapat memotivasi. Strategi komunikator yang digunakan berdasarkan pada pertimbangan pemahaman terhadap informasi, jabatan yang dimiliki, serta kedekatannya dengan komunikan. Strategi media dilakukan dengan menggunakan media familiar dari anggota organisasi, dan efek yang ditimbulkan tindakan dan pemahaman yang mendorong anggota organisasi untuk bertindak. Proses komunikasi dilakukan sejalan dengan implementasi perubahan dan berhasil, namun perubahan ini terus berlangsung sehingga perlu ada komunikasi untuk dapat mengetahui efektif atau tidak efektif dari keseluruhan strategi komunikasi internal yang telah dilakukan. Dan perlu ada penelitian lainnya yang membahas mengenai strategi komunikasi internal di institusi pemerintah yang mengalami perubahan organisasi, karena penelitian ini hanya dilakukan pada satu institusi dengan karakternya adalah lembaga riset.

Keywords


Perubahan organisasi; komunikasi internal; masa transisi; strategi komunikasi; organisasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. Z. (2016). Komunikasi pemerintahan – filosofi, konsep, dan aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Aljurida, A. M. A. (2019). Restrukturisasi nomenklatur organisasi perangkat daerah di Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.36090/jipe.v1i1.189

Argenti, P. A. (2013). Komunikasi korporat (5th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Branan, T. (2005). Integrated market communication. Jakarta: PPM.

Cangara, H. (2014). Perencanaan & strategi komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Cangara, H. (2015). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Cermati.com. (2019). Diganti robot, ini kementerian yang jabatan eselon III, IV, dan V dihapus. Diakses dari https://www.cermati.com/artikel/diganti-robot-ini-kementerian-yang-jabatan-eselon-iii-iv-dan-v-dihapus

Christensen, M. (2014). Communication as a strategic tool in change processes. International Journal of Business Communication, 51(4), 359–385. https://doi.org/10.1177/2329488414525442

Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2019). Organization development & change (10th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, R. R., & Kurniawan, T. (2019). Manajemen perubahan organisasi publik: mengatasi resistensi perubahan. Jurnal Natapraja, 7(1), 53–72. https://doi.org/10.21831/jnp.v7i1.24599

Effendy, O. U. (2019). Ilmu komunikasi: teori dan prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Enceng, Yudhi, S. M., & Siti, A. (2008). Reorganisasi lembaga perangkat daerah kota Bandung menurut peraturan pemerintah nomor 41 tahun 2007. Jurnal Pemerintahan Widyapraja, XXXIV(3), 108–114.

Ganiem, L. M., & Kurnia, E. (2019). Komunikasi korporat konteks teoritis dan praktis. Prenada Media Grup. Diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_Korporat/J?hl=en&gbpv=1&dq=apa+net+promote+score&pg=PA135&printsec=frontcover

Hansma, L., & Elving, W. J. L. (2008). Leading organizational change; The role of top management and supervisors in communicating organizational change. 13th International Corporate and Marketing Communications Conference: Proceedings, 116–127.

Harivarman, D. (2017). Hambatan komunikasi internal di organisasi pemerintahan. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 508–519. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.171

Hasan, E. (2005). Komunikasi pemerintah. Bandung: Revika Aditama.

Hasanaj, R., & Manxhari, M. (2017). Importance of communication during change: a case of the municipality of vlora. European Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.26417/ejms.v4i1.p15-19

Holtzhausen, D., & Zerfass, A. (2015). Strategic communication: opportunities and challenges of the research area. In D. Holtzhausen & A. Zerfass (Eds.), The Routledge Handbook of Strategic Communication (pp. 4–17). New York: Routledge.

Husain, Z. (2013). Effective communication brings successful organizational change. The Business and Management Review, 3(2), 43–50. http://www.abrmr.com/myfile/conference_proceedings/Con_Pro_12315/7-dubai13.pdf

Isniyunisyafna, & Isfiantie, D. S. (2019). Strategi komunikasi internal dalam menumbuhkan loyalitas karyawan PT Prudential Life Assurance (studi deskriptif pada pru eternity Kota Cilegon). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 40–52. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.581

Kaswan. (2019). Perubahan dan pengembangan organisasi. Yrama Widya.

Kotter, J. P. (1997). Leading change menjadi pionir perubahan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kriyantono, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniasih. (2021). Pengaruh komunikasi internal dan komunikasi eksternal terhadap kinerja pegawai. Journal of Management Review, 5(1), 633–638. http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/managementreviewdoi:http://dx.doi.org/10.25157/mr.v5i1.5176

Lewis, L. K., Schmisseur, A. M., Stephens, K. K., & Weir, K. E. (2006). Advice on communicating during organizational change: The content of popular press books. Journal of Business Communication, 43(2), 113–137. https://doi.org/10.1177/0021943605285355

Littlemore, J. (2003). The communicative effectiveness of different types of communication strategy. System, 31(3), 331–347. https://doi.org/10.1016/S0346-251X(03)00046-0

Miller, K. (2012). Organizational communication approaches and processes. Boston, MA: Wadsworth Cengage Learning.

Mulawarman, K., & Yeni, R. (2014). Komunikasi organisasi pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan. Jurnal Makna, 5(1), 31–41. https://doi.org/10.30659/jikm.5.1.31-41

Nelson, L. (2005). Managing the human resources in organisational change: a case study, research and practice in human resource management. 13(1), 55–70.

Pace, R. W., & Faules, D. F. (2018). Komunikasi organisasi - strategi meningkatkan kinerja perusahaan (D. Mulyana (ed.)). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purhantara, W. (2009). Organizational development based change management. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 6(2), 154–166.

Rakhmat, J. (2019). Psikologi komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Riinawati. (2019). Pengantar teori manajemen komunikasi dan organisasi. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Rismayanti. (2018). Hambatan komunikasi yang sering dihadapi. Journal Al-Hadi, IV(1), 825–834.

Robbins, S. P. (2006). Perilaku organisasi. Jakarta: Erlangga.

Robbins, S. P., & Coulter. (2012). Management (11th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Romadona, M. R., & Setiawan, S. (2020). Komunikasi organisasi dalam fenomena perubahan organisasi di lembaga penelitian dan pengembangan. Journal Pekommas, 5(1), 91–104. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050110

Ruliana, P. (2016). Komunikasi organisasi teori dan kasus. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sedarmayanti. (2018). Komunikasi pemerintahan. Bandung: Refika Aditama.

Silalahi, U. (2004). Komunikasi pemerintahan: mengirim dan menerima informasi tugas dan informasi publik. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 36–54.

Sumarni, M., & Gusfa, H. (2018). Strategi komunikasi internal dalam sosialisasi budaya baru (studi kasus rumah sakit bakti timah pangkalpinang). MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 79–92.

Supriyanto, W. (2019). Strategi komunikasi internal PDAM Tirta Satria mengatasi keluhan pelanggan. Warta ISKI, 2(01), 48–53. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.27

Tariq, M. U. (2015). Managing organizational change & Development. Durresamin, 1(5), 1253–1278. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-4153-2.ch070

Theaker, A. (2001). The public relations handbook. New York: Routledge.

Wojtecki, J. G., & Peters, R. G. (2000). Communicating organizational change: information technology meets the carbon-based employee unit. The Annual, 2 (Consulting).

Yin, R. K. (2019). Studi kasus desain & metode. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Zhang, H., & Agarwal, N. C. (2009). The mediating roles of organizational justice on the relationships between HR practices and workplace outcomes: An investigation in China. International Journal of Human Resource Management, 20(3), 676–693. https://doi.org/10.1080/09585190802707482.




DOI: https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.35518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Komunikasi Indexed by:

  

Jurnal Manajemen Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Padjadjaran

Postgraduate Building, 2nd Floor, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University

Jl. Ir. Soekarno Km. 21, Jatinangor, West Java 45363, Indonesia

Phone: +6287718604022 (Risa Nurisani)

Fax: +62227794122

Email: jurnalmankomunpad@gmail.com


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Manajemen Komunikasi Supervised by:

 


View My Stats