Pemanfaatan ARCovidia sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman COVID-19
Abstract
Pandemi COVID-19 merupakan bagian dari pandemi penyakit coronavirus 2019 yang menyebar ke seluruh dunia. Laporan Satgas Penanganan COVID-19 Indonesia per 16 Juli 2021, terdapat 351.336 kasus dari kelompok usia anak-anak dari total 2,4 juta kasus. Hal ini berdampak pada pembatasan pelaksanaan pendidikan di Indonesia, termasuk di Yayasan Ummu’l Quro Depok sebagai mitra kegiatan. Kegiatan abdimas ini memberikan edukasi COVID-19 dan protokol kesehatan kepada siswa melalui aplikasi mobile berbasis Augmented Reality. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, kegiatan memberikan dampak positif kepada guru dan siswa. Adanya penambahan wawasan mengenai media pembelajaran berbasis IT pada guru dengan skor sebesar 93% pada kategori sangat baik. Tingginya pemahaman siswa TK mengenai COVID-19 dan protokol kesehatan dengan skor evaluasi rata-rata 92 dari 100 nilai maksimum. Hasil evaluasi pada siswa SD juga menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai COVID-19, dari rata-rata skor pretest 90,7 naik menjadi 98,7 untuk posttest. Hasil uji Paired Sample-T Test menunjukkan adanya perbedaan signifikan dari kedua hasil test dimana (3.40) > (2.16) untuk batas kritis α=0,05 yang mengindikasikan adanya pengaruh penggunaan Aplikasi ARCovidia pada peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian ini masih perlu evaluasi lebih lanjut melalui penambahan jumlah sampel untuk mendapatkan evaluasi dan dampak kegiatan yang lebih luas.
Kata kunci: Augmented Reality, COVID-19, edukasi anak, transformasi digital.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aldiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar di Masa Paandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16.
Craig, A. B. (2013). Understanding Augmented Reality. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/C2011-0-07249-6.
Dashboard Jabar. (2022). Dashboard Statistik Kasus COVID-19 Provinsi Jawa Barat. Retrieved from https://dashboard.jabarprov.go.id/id/dashboard-pikobar/trace/statistik
Dewi, I. P. (2021). Edukasi Protokol Kesehatan untuk Komitmen Kepatuhan Pencegahan Penularan dan Edukasi Spiritual untuk Menurunkan Kecemasan Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kulwap. Media Karya Kesehatan, 4(1), 12–27. https://doi.org/10.24198/mkk.v4i1.28940.
Margarini, E. (2021). Lindungi Anak dan Remaja Kita dari Varian Baru COVID-19. Retrieved from https://promkes.kemkes.go.id/lindungi-anak-dan-remaja-kita-dari-varian-baru-covid-19.
Portal Berita Depok. (2022). Perkembangan Vaksinasi Covid-19 Kota Depok 9 Februari 2022: Dosis Pertama Capai 86,21 Persen. Retrieved from https://berita.depok.go.id/perkembangan-vaksinasi-covid-19-kota-depok-9-februari-2022-dosis-pertama-capai-8621-persen.
Promkes Kemenkes. (2020). Informasi Tentang Virus Corona (COVID-19). Retrieved from promkes.kemkes.go.id.
Rahman, A. (2021). The Impact of Covid-19 Pandemic on Students’ Learning Outcome in Higher Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1425–1431. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.974.
Ramadani, D. . (2021). Edukasi Virus COVID-19 Kepada Anak Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Universitas Al Azhar Indonesia.
Ramadhania, F., Purnamayanti, C. M., Pertiwi, R., Yulianti, Y. T., & Sebayang, S. K. (2022). The Effectiveness of Covid-19 Health Posters Using Symbols of Indonesian Traditional Fairy Tales on Knowledge, Attitude, and Behaviour. Jurnal PROMKES, 10(2), 187–194. https://doi.org/10.20473/jpk.v10.i2.2022.187-194.
Rasalingam, R.-R., Muniandy, B., & Rasalingam, R. R. (2014). Exploring the Application of Augmented Reality Technology in Early Childhood Classroom in Malaysia. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(5), 33–40. https://doi.org/10.9790/7388-04543340.
Rose, C. B., & Bimm, M. (2021). Children, Schooling, and COVID-19: What Education Can Learn From Existing Research. Journal of Teaching and Learning, 15(2), 3–20. https://doi.org/10.22329/jtl.v15i2.6663.
Safitri, A. (2020). Komik Edukasi Corona (Koena) Sebagai Media Edukasi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 7(2), 177–186. https://doi.org/10.36706/jppm.v7i2.12909.
Safitri, R. (2022). Media Edukasi Anak Berbasis Augmented Reality di Era Digitalisasi. Retrieved from https://kumparan.com/riri-1659504658865332648/media-edukasi-anak-berbasis-augmented-reality-di-era-digitalisasi-1yaY78hc2pa.
Safitri, Riri, Muslima, R. ., & Herlina, S. (2022). Mobile Augmented Reality for Japanese Vocabulary and Hiragana Letters Learning with Mnemonic Method. Seventh International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.1109/ICIC56845.2022.10006920.
SIT Ummu’l Quro Depok. (2022). Tentang Ummu’l Quro. Retrieved from https://ummulqurodepok.sch.id/tentang/.
Thunpaththu, T. M. S. R., Weerasinghe, W. M. S., Herath, H. M. K. B., Jayawardana, H. A. H., Kanivila, L., Weerasinghe, W. M. S. T., … Dissanayake, D. M. T. P. (2022). Effect of an E-Educational Poster on Improving the Knowledge, Attitude, and Practice on the Proper Use of Face Masks among School Students. Health, 14(09), 986–995. https://doi.org/10.4236/health.2022.149071.
Ulum, M. M., Mugianti, S., & Sunarno, I. (2021). Development of PeCiKu TAHeS Educational Media (Hand Washing Habits and Short Nails for Great and Healthy Children) to Increase Knowledge and Attitudes to Prevent Covid 19 at Tanjungsari 2 Elementary School, Blitar City. JOSAR, 6(2), 134–147.
Vitalaya, N. A. R. (2021). Edukasi Covid-19 Pada Anak Usia Dini Sebagai Pembiasaan Pola Hidup Baru Di Kelurahan Kutajaya. Fajar: Media Komunikasi Dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(1), 11–22. https://doi.org/10.15408/jf.v21i1.20609.
Wiliyanarti, P. F., Yuliyanasari, N., & Martati, B. (2022). The Influence of Learning Video Media On Protocol Health Knowledge Covid-19 Elementary School Students. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(1), 269–275. https://doi.org/10.30994/sjik.v10i1.617.
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v6i1.44255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:









Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License