Pengaruh Keterlibatan Orangtua Membuat Mainan Kardus terhadap Durasi Penggunaan Gadget Anak Prasekolah
Abstract
Jumlah pengguna internet semakin meningkat. Indonesia menempati urutan ke-6 terbesar di dunia dalam hal pengguna internet. Data survei APJII tahun 2016 terdapat 768 ribu anak Indonesia usia 10-14 tahun yang telah mengakses internet, usia 15-19 tahun sebanyak 22,5 juta anak dan usia 20-24 tahun sebanyak 22,3 juta. Rata-rata durasi penggunaan gadget untuk balita adalah 3 jam. Keterlibatan orang tua penting dalam penggunaan gadget anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua dalam permainan kardus bekas terhadap durasi penggunaan gadget. Penelitian ini menggunakan desain Quasi nonequivalent control group design. Populasi orang tua dan anak prasekolah (3-6 tahun) 87 orang. Teknik sampel: purposive sampling, jumlah sampel 76 orang dengan kelompok intervensi 38 orang dan kelompok kontrol 38 orang. Analisis menggunakan uji Chi-Square dengan Mc.Nemar. Hasil analisis Ada perbedaan yang signifikan keterlibatan orang tua membuat permainan kardus bekas terhadap durasi penggunaan gadget pada kelompok intervensi dengan p-value: 0,000 <0,05. Simpulan kegiatan dengan keterlibatan orangtua membuat mainan kardus efektif mengurangi durasi penggunaan gadget pada anak prasekolah dan dapat dijadikan alat permainan edukasi (APE)
Kata kunci : Anak prasekolah, gadget, keterlibatan orangtua, mainan kardus.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Z. (2017). Program Peningkatan Keterlibatan Orangtua Melalui Kegiatan Seni Pada Anak Usia Dini. Sarwahita, 14(01), 53–60. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.07.
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639.
Azhara, M., & Sutapa, P. (2019). Traditional Games vs. Modern in Increasing Children’s Motor Ability in the 21st Century. 296(Icsie 2018), 391–395. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.72.
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161.
Fahreza Rizky. (2019). No Title. Okenews. Retrieved from https://nasional.okezone.com/read/2019/01/25/337/2009515/gadget-ibarat-2-sisi-mata-pisau-kpai-tekankan-pentingnya-pola-asuh-orangtua.
Fathia N, & , Badru Z, N. F. R. (2019). Upaya Orang Tua Untuk Mencegah Ketergantungan Anak Terhadap Penggunaan GadgeT. Edukids, 16(229), 138–155.
Gani, S. A. (2016). Parenting Digital Natives: Cognitive, Emotional, and Social Developmental Challenges. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ice/article/view/118/115.
Hurlock.E, B. (1991). No TitlePsikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ivanova, R., & B, Iza G, Farida G, Elena I, N. (2019). Parent–teacher interaction and its role in preschool children’s development in Russia. Education 3-13, 1–12. https://doi.org/10.1080/03004279.2019.1646296.
Kementrian komunikasi dan informasi. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media.
Mardhiyah, A., Mediani, H. S., & Rahayuwati, L. (2019). Promosi Kesehatan Kepada Orang Tua Mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Mencegah Hepatitis A pada Anak. Media Karya Kesehatan, 2(1), 61–73. https://doi.org/10.24198/mkk.v2i1.21007.
Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 102–114.
Novitasari W, K. N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 5(3).
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76.
Prakoso. A, Pranoto M.H, Putri, D. P. . (2020). Pelestarian dolanan tradisional kurangi kecanduan gadget pada anak dusun bendomungal krian sidoarjo. AMONG Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). Retrieved from https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/among/article/view/745.
Pratiwindya, D., Handini, M. C., & Yetti, E. (2019). Pengaruh Kegiatan Berkebun Hidroponik Dan Keterlibatan Orngtua Terhadap Kecerdasan Naturalistik Anak. 2, 521–532. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.134.
Puspaningtyas, O. C. (2018). Efektivitas Parent-Child Games Untuk Mengurangi Smartphone Addiction Pada Anak. Universitas Muhammadiyah Malang.
Soetjiningsih. (1995). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.
Sulastri Y.L, R Aldila., et al. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v4i1.30025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:









Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License