Pencegahan Malnutrisi pada Anak Prasekolah melalui Pelatihan Pengukuran Status Gizi pada Guru PAUD
Abstract
Masalah gizi balita di Indonesia saat ini yaitu gizi kurang dan lebih. Guru dan sekolah dapat berperan dalam memantau pertumbuhan anak prasekolah melalui pengukuran antropometri secara berkala pada anak dini untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan siswa-siswi. Namun guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) belum pernah mendapatkan pelatihan pengukuran status gizi sehingga perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan. Tujuan kegiatan ini adalah mencegah malnutrisi (gizi kurang dan lebih) pada anak prasekolah melalui pelatihan pengukuran status gizi pada guru PAUD. Metode kegiatan yaitu pelatihan meliputi cara mengukur tinggi badan dan berat badan serta menilai status gizi, yang dilaksakan selama 2 hari (9-10 Juni 2021) pada 7 orang di TK Negeri 1 Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Alat yang digunakan yaitu timbangan digital, microtoise dan buku standar antropometri. Evaluasi pelatihan dengan menghitung skor keterampilan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan, serta menghitung reliabilitas inter-rater (guru) dalam pengukuran tinggi badan. Uji statistik reliabilitas inter-rater menggunakan Intraclass Correlation Coefficients (ICC) dan ANOVA. Hasil pelatihan menunjukkan keterampilan mengukur berat badan dan tinggi badan yaitu sangat baik dengan rerata skor sebesar 95,4%, dan reliabilitas inter-rater (guru) dalam pengukuran tinggi badan sebesar 0,61 yang artinya cukup konsisten serta tidak ada perbedaan antar guru dalam mengukur tinggi badan subyek (p >0,05). Guru PAUD terlatih perlu terus diberdayakan dalam kegiatan rutin pengukuran antropometri di lingkungan sekolah dalam upaya pencegahan malnutrisi pada anak prasekolah.
Kata kunci: Anak prasekolah, antropometri, berat badan, status gizi, tinggi badan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Bhutta, Z. A., Berkley, J. A., Bandsma, R. H. J., & Kerac, M. (2017). Severe Childhood Malnutrition. Nature Reviews Disease Primers, 3. https://doi.org/10.1038/nrdp.2017.67.Severe.
Briend, A. (2016). Long Term Health Status of Children Recovering From Severe Acute Malnutrition. The Lancet, 4(9), 90–91.
Candra, A., Probosari, E., Puruhita, N., M Adi, E., & Ardiaria, M. (2021). Pelatihan Pengukuran Antropometri dan Sosialisasi Pesan Gizi Seimbang untuk Kader Pos Pelayanan Terpadu/Posyandu. Journal of Nutrition and Health, 9(1), 31–38.
Dardjito, E., Sistiarani, C., & Nurhayati, S. N. (2014). Monitoring the Growth and Development of Toddler Using Maternal and Child Health Book. Kesmasindo, 6 (N), 166-175. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/article/view/75/64.
Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. (2019). Data Sekunder Pertumbuhan Balita Dinkes Bantul Tahun 2019.
Helmyati, S., Atmaka, DR., Wisnusanti, SU., Wigati, M. (2019). Stunting Permasalahan dan Penanganannya. UGM Press.
Indrayani, D., Legiati, T., & Hidayanti, D. (2019). Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. Jurnal Kesehatan Prima, 13(2), 115. https://doi.org/10.32807/jkp.v13i2.240
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (2014).
Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemnekes RI.
Kemenkes RI. (2020). Buku KIA kesehatan ibu dan anak.
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak, (2020).
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional RSIKESDAS (Riset Kesehatan Dasar) Tahun 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Munthali, T., Jacobs, C., Sitali, L., Dambe, R., & Michelo, C. (2015). Mortality and morbidity patterns in under-five children with severe acute malnutrition (SAM) in Zambia: A five-year retrospective review of hospital-based records (2009-2013). Archives of Public Health, 73(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s13690-015-0072-1
Schwinger, C., Golden, M. H., Grellety, E., Roberfroid, D., & Guesdon, B. (2019). Severe acute malnutrition and mortality in children in the community: Comparison of indicators in a multi-country pooled analysis. PloS One, 14(8).
Simbolon, D., Soi, B., & Ludji, I. D. (2019). Peningkatan Kemampuan Kader Kesehatan dalam Deteksi Stunting pada Anak Usia 6-24 Bulan melalui Pelatihan Penggunaan Meteran Deteksi Risiko Stunting. Media Karya Kesehatan, 4(2), 194–205.
Sjarif, D.A., Lestari E.D., Mexitalia, M., Nasar, S. S. (2011). Nutrisi Pediatrik dan Penyakit Metabolik. Penerbit IDAI.
Supariasa, I. D. N., Bakri, B., & Fajar, I. (2016). Penilaian Status Gizi. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Zaki, R. (2017). Validation of Instrument Measuring Continuous Variable in medicine. In (Ed), Advances in Statistical Methodologies and Their Application to Real Problems. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/66151
DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v6i1.40800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL INI TERINDEKS DI:









Penerbit :
Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810
Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id
Email: novita.trivita@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License