Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Sekolah sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan tentang Bencana

Neli Husniawati, Titi Indriyati, Seven Sitorus

Abstract


Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk pencegahan dan penanggulangan dampak bencana di satuan pendidikan adalah dengan menyusun program untuk mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan warga sekolah terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Metode kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan pada siswa siswi berjumlah 49 orang menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Evaluasi kegiatan digunakan kuesioner untuk mengukur pengetahuan peserta sebelum dan sesudah edukasi yang diberikan menggunakan google form. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan melakukan uji statistik terhadap capaian nilai pre dan post test dengan uji t untuk data berpasangan (paired t test). Ada perbedaan rerata nilai pengetahuan peserta sebelum diberikan edukasi yaitu 56,67 dan sesudahnya yaitu 78,22. Nilai korelasi adalah 0,445 menunjukan bahwa antara nilai pre dan post memiliki hubungan (korelasi) yang cukup kuat dengan p-value = 0,002 artinya hubungan kedua nilai tersebut bermakna secara statistik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi pada peserta dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang bencana. Kegiatan edukasi ini berjalan lancar dan peserta antusias mengikuti kegiatan. Diharapkan pihak sekolah terus melakukan kegiatan edukasi kesiapsiagaan bencana secara continue untuk memastikan semua warga sekolah memahami kesiapsiagaan bencana dan dapat mengurangi resiko bencana.

Kata kunci: Edukasi, kesiapsiagaan bencana, satuan pendidikan aman bencana.


References


Aksa, F. I., Utaya, S., Bachri, S., & Handoyo, B. (2020). The role of knowledge and fatalism in college students related to the earthquake-risk perception. Jamba, 12(1), 954. https://doi.org/10.4102/jamba.v12i1.954.

Ghezeljeh, T. N., Aliha, J. M., Haghani, H., & Javadi, N. (2019). Effect of education using the virtual social network on the knowledge and attitude of emergency nurses of disaster preparedness: A quasi-experiment study. Nurse Education Today, 73, 88–93. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.12.001.

Husniawati, N., & Herawati, T. M. (2023). Pengaruh Pengetahuan dan Peran Individu terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 12(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.33221/jikm.v12i01.1751.

Izquierdo-Condoy, J. S., Montiel-Alfonso, M. A., Nati-Castillo, H. A., Saucedo, R., Jaramillo-Aguilar, D. S., Nanjari-Barrientos, C., … Ortiz-Prado, E. (2023). Knowledge, Perceptions, and Practices on Risks and Disasters Among Medical Students. A Multicenter Cross-Sectional Study in 9 Latin American and Caribbean Countries. Adv Med Educ Pract, 14, 225–235. https://doi.org/10.2147/AMEP.S394331.

Jendela Pendidikan, & Kebudayaan. (2022). Pendidikan Tanggap Bencana Minimalkan Risiko Bencana Melalui Program SPAB.

Li, S., Gillani, A. H., Ibrahim, M. I. M., Omer, S., & Fang, Y. (2022). Should We Focus More on Teaching and Training Disaster Management in Health-care Colleges? An Insight into the Students’ Knowledge, Attitude, and Readiness to Practice. J Pharm Bioallied Sci, 14(3), 147–156. https://doi.org/10.4103/jpbs.jpbs_420_21.

Maharani, N. (2020). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di SMPN 3 Kuta Selatan Badung Provinsi Bali. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 32–38. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.32-38.

Mediana. (2021). Membudayakan Siap Siaga Bencana di Sekolah.

Muñoz, V. A., Carby, B., Abella, E. C., Cardona, O. D., López-Marrero, T., Marchezini, V., … Wisner, B. (2020). Success, innovation and challenge: School safety and disaster education in South America and the Caribbean. International Journal of Disaster Risk Reduction, 44. https://doi.org/doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101395.

Pramajati, H., Sukaesih, N. S., Lindayani, E., Purnama, A., Nuryani, R., & Ridwan, H. (2020). Peningkatan Kesiapan Sekolah Siaga Bencana melalui Pelatihan Siswa Kader Sekolah Siaga Bencana di SMPN 1 Cimalaka. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 843–853.

Radio, P. (2020). 4 Sekolah yang Terdampak Banjir di Bekasi 1 Januari 2020.

Sukamto, F. I., Nurhidayat, S., & Verawati, M. (2021). Pelatihan Siswa Tanggap Bencana sebagai Upaya Mitigasi Bencana di Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.178.

Syarif, H., & Mastura, M. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Dan 6 Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 6(2), 53–61.

White-Lewis, S., Beach, E., & Zegers, C. (2021). Improved Knowledge of Disaster Preparedness in Underrepresented Secondary Students: A Quasi-Experimental Study. J Sch Health, 91(6), 490–498. https://doi.org/10.1111/josh.13023.

Zhu, T.-T., & Zhang, Y.-J. (2017). An investigation of disaster education in elementary and secondary schools: evidence from China. Natural Hazards, 89, 1009–1029.




DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v6i1.44960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL INI TERINDEKS DI:

 

 

 

Penerbit :


Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
Jalan Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: 085317736810 

Tlp. 022-7795596
Email: info.mkk.keperawatan@unpad.ac.id

Email: novita.trivita@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

hit
counter