Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Cara Budidaya Ikan Hias di Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Alifia Ajmala Palsa, Ayi Yustiati

Abstract


Pemberdayaan masyarakat adalah upaya memberdayakan suatu kelompok yang rentan terhadap kemiskinan. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan. Budidaya ikan hias kini sedang menjadi primadona di sektor perikanan. Hal ini menjadi pendorong Bidang Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kota Bandung dalam memberdayakan masyarakat Kecamatan Cibeunying Kaler mengenai cara budidaya ikan hias yang baik dan benar. Kegiatan pelatihan di Kantor Kecamatan Cibeunying Kaler dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2022. Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memperluas pengetahuan mengenai cara budidaya ikan hias, memberdayakan masyarakat dalam peningkatan keterampilan, dan memberikan ide peluang usaha yang dapat menambah pendapatan. Metode yang digunakan adalah presentasi, tanya jawab, dan praktik langsung cara berbudidaya ikan hias. Kegiatan pelatihan ini dimulai dari tahap persiapan, pemberian materi, dan praktik langsung. Kegiatan pelatihan cara budidaya ikan hias di Kecamatan Cibeunying Kaler dapat diselenggarakan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun. Peserta kegiatan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan cara budidaya ikan hias ini. Peserta aktif bertanya selama proses diskusi berlangsung. Kegiatan pelatihan ini menambah wawasan dan menumbuhkan ketertarikan peserta terhadap budidaya ikan hias platy, corydoras, duboisi, dan denisonii. Selain itu, menumbuhkan pula semangat wirausaha peserta yang sudah pernah berbudidaya ikan untuk hobi.


Keywords


budidaya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, ikan hias, Kecamatan Cibeunying Kaler, pelatihan, pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Y., Rosliyati, A., & Nugraha, W. A. (2020). Strategi Internet Marketing pada Bisnis Kuliner di Komunitas Wisata Tasikmalaya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 5(1), 209–220.

BPS (Badan Pusat Statistik). (2021). Statistik dalam Angka Tahun 2021. https://www.bps.go.id/publication/2021/02/26/938316574c78772f27e9b477/statistik-indonesia-2021.html (diakses 7 September 2022).

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. (2021). Budidaya Ikan Hias Tingkatkan Pendapatan Masyarakat di Tengah Pandemi. https://kkp.go.id/artikel/26180-kkp-budidaya-ikan-hias-tingkatkan-pendapatan-masyarakat-di-tengah-pandemi (diakses 8 September 2022).

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106–134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778

Hamali, A. Y. dan Budihastuti, E. S. (2019). Pemahaman Praktis Administrasi, Organisasi, dan Manajemen Strategi Mengelola Kelangsungan Hidup Organisasi (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Haris, A. (2014). Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pemanfaatan Media. Jupiter, 13(2), 50–62.

Herdelah, O., Ahmad, N., Zulkhasyni, & Andriyeni. (2019). Pengaruh Penyiponan Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) pada Sistem Bioflok. Jurnal Agroqua: Media Informasi Agronomi dan Budidaya Perairan, 17(1), 49–57. https://doi.org/10.32663/ja.v17i1.505

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2). https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Medistiara, Y. (2020). Tak Hanya Tanaman Hias, Harga Ikan Cupang Juga Meningkat di Masa Pandemi. https://news.detik.com/berita/d-5210817/tak-hanya-tanaman-hias-harga-ikan-cupang-juga-meningkat-di-masa-pandemi (diakses 8 September 2022)

Nugroho, B. D., Hardjomidjojo, H., & Sarma, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar dan Ikan Hias Air Tawar pada Kelompok Mitra Posikandu Kabupaten Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 127–136. https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.127-136

Oktavian, R., & Aminuddin, L. H. (2022). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Nasabah. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 333–346.

Oktaviandi, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Ikan pada Kelompok Tani Sugoi’s Kabupaten Sukabumi. Syntax Idea, 2(10), 827–836. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Pursetyo, K. T., & Manan, A. (2017). Pelatihan Pemijahan Ikan Hias Air Tawar Neon Tetra pada Pelaku Usaha Budidaya Ikan di Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 1(1), 11–15. https://doi.org/10.20473/jlm.v1i1.2017.11-15

Yanuhar, U., Musa, M., & Wuragil, D. K. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Kualitas Air dan Kesehatan pada Budidaya Ikan Koi (Cyprinus carpio). Jurnal KARINOV, 2(1), 69–74.




DOI: https://doi.org/10.24198/mktt.v5i2.45591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alifia Ajmala Palsa, Ayi Yustiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Media Kontak Tani Ternak is indexed in:

     

    

In association with: