SOSIALISASI PENGGUNAAN GREEN PACKAGING UNTUK DAERAH WISATA DI DESA LEMBANG, KECAMATAN LEMBANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT
Abstract
Green Packaging merupakan sebuah inovasi baru untuk masyarakat agar dapat mengurangi sampah plastik yang ada di muka bumi. Dengan mengurangi sampah plastik diharapkan dapat pula membantu bumi ini untuk lebih baik ke depannya. Adanya sosialisasi dari ahli pun sangatlah penting dalam kelancaran penggantian plastik kepada bahan-bahan yang ramah lingkungan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat desa Lembang, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi. Dalam kegiatan KKN Integratif ini bertujuan mensosialisasi penggunaan green packaging dan pengelolaan Bank sampah untuk masyarakat di Desa Lembang, Kabupaten Bandung. Sasaran utama dalam kegiatan ini
adalah masyarakat Desa Lembang. Kegiatan ini KKN Integratif ini antara lain kegiatan Penyuluhan kepada masyarakat pentingnya mengurangi sampah plastik, penyuluhan pentingnya bank sampah, sosialisasi bisnis online, branding product dan penyuluhan pola hidup bersih dan sehat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Nahda, dan Deliana, Yosini. 2021. Hubungan Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaan Green Packaging Di Masyarakat Kota Bandung, Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Vol. 7(1): 38-48
Dinas Perumahan dan Pemungkiman Jawa Barat. 2021. Jumlah Timbunan Sampah Kota Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Tersedia secara online di https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-timbunan-sampah-kota- berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat. [Diakses pada Senin, 30 Januari 2023 pukul 16.00].
Deliana, Y. D., Fatimah, S., Suryadi, E., & Trimo, L. (2019). Pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama KUB dalam Penggunaan Green Packaging untuk Mengurangi Sampah Plastik. Media Kontak Tani Ternak, 1(2), 1-6.
Hidayat, E. N. (2021). PENGEMBANGAN ECOBUSINESS BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 397-404.
Moustafa, H., Youssef, A. M., Darwish, N. A., & Abou-Kandil, A. I. (2019). Eco-friendly polymer composites for green packaging: Future vision and challenges. Composites Part B: Engineering, 172, 16-25.
Nguyen, A. T., Parker, L., Brennan, L., & Lockrey, S. (2020). A consumer definition of eco-friendly packaging. Journal of Cleaner Production, 252, 119792.
Kollmuss, A., dan Agyeman, J. 2002. Mind the gap: why do people act environmentally and what are the barriers to pro environmental behavior? Environmental Education Research, 8, 239-260
Ottman, J. A., Stafford, E., & Hartman, C. L. 2006. Green Marketing Myopia: Ways to Improve Consumer Appeal for Environmentally Preferable Products. Environment, 48 (5), 22-36.http://www.greenmarketing.com/files/Stafford-MyopiaJune06.pdf. diakses 29 November 2013
Orzan, G., Cruceru, A. F., Bălăceanu, C. T., & Chivu, R. G. (2018). Consumers’ behavior concerning sustainable packaging: An exploratory study on Romanian consumers. Sustainability, 10(6), 1787.
Priambudi, A. N., Deliana, Y. 2021. Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Penggunaan Green Packaging Di Masyarakat Dki Jakarta. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Vol. 7(1): 49-59.
Rabnawaz, M., Wyman, I., Auras, R., & Cheng, S. (2017). A roadmap towards green packaging: the current status and future outlook for polyesters in the packaging industry. Green Chemistry, 19(20), 4737-4753.
Tedja, F. W. (2021). OKR (Objective & Key Result). SAMAHITA WIROTAMA.
DOI: https://doi.org/10.24198/mktt.v5i2.45808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yosini Deliana, Sri Fatimah, Eti Suminartika, Lucyana Trimo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.