FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTUAN DIAGNOSA KEPERAWATAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNPAD
Abstrak
ABSTRAK
Proses keperawatan adalah suatu metode yang tersusun sistematis dan terorganisasi dalam pemberian asuhan keperawatan dengan fokus pada reaksi dan respons unik individu pada suatu kelompok atau perorangan terhadap gangguan kesehatan yang mereka alami, baik aktual maupun potensial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan diagnosa keperawatan oleh mahasiswa program A 2007 Fakultas Keperawatan UNPAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Alat pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam dengan menggunakan focus group discussion (FGD) partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Keperawatan Unpad sejumlah 10 partisipan dan cara pengambilannya dengan cara purposive sampling yaitu disesuaikan dengan kriteria yang sudah ditentukan dan dengan mengocok nomor pokok mahasiswa program A 2007 untuk mendapatkan 10 dari 150 orang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan panduan diskusi terarah dan alat perekam (handycam). Tema yang didapatkan adalah pengetahuan, penetapan standarisasi, persepsi fasilitator, model pembelajaran yang digunakan dan motivasi. Diperlukan penelitian lanjutan dengan metode kuantitatif untuk dapat melihat kekuatan hipotesis yang diperoleh.
Kata Kunci : Diagnosa, Keperawatan, Kualitatif
ABSTRACT
The nursing process is a method of systematically arranged and organized in the provision of nursing care with a focus on the unique reactions and responses of individuals in a group or individual to the health problems they experience, both actual and potential. The aim of this study was to know the description of the factors that affect the determination of nursing diagnoses by the student Regular program A-2007 in Faculty of Nursing Unpad. This study uses qualitative research methods with phenomenological approach. Focus group discussion (FGD) was used to explore in depth information about the factors that influence the determination of nursing diagnoses student. Subject in this study is a student of Nursing Faculty Unpad. Determination of the number of partisipants is done by quota sampling is to be taken 10 partisipants and how uptake by simple random sampling is to shuffle the basic number of students A 2007 program to get 10 of 150 people. The main instrument in this study is the researchers themselves by using a discussion guide focused and tape recorders (camcorders). The theme of this study are the knowledge gained, setting standards, the perception of the facilitator, the learning models used and the motivation was found. Further research is necessary to be able to see a quantitative method for hypothesis gained strength.
Keywords : Diagnosis, Nursing, Qualitative research
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.