Dukungan Indonesia Africa Infrastructure Dialogue 2019 terhadap Diplomasi Korporasi Indomie di Nigeria

Harold Yehezkiel Prasetyo Parningotan, Viani Puspita Sari

Abstrak


Indomie sebagai salah satu produk Indonesia merupakan produk dari PT. Indofood Sukses Makmur TBK. Kepopuleran Indomie terlihat hingga di berbagai negara, salah satunya adalah Nigeria. Indomie di Nigeria sangat popular berkat usaha salah satu pihak relasi Indofood, Dufil melalui Diplomasi Korporasi, yang bertujuan untuk mendukung potensi pasar Indomie di Nigeria hingga benua Afrika. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dukungan pemerintah Indonesia melalui Indonesia Africa Infrastructure Dialogue 2019 terhadap Diplomasi Korporasi Indomie di Nigeria pada tahun 2018 – 2020 yang dapat mengembangkan pasar Indomie di Nigeria hingga benua Afrika. Penelitian ini dilihat melalui pendekatan neoliberalisme dan teori diplomasi korporasi dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan empiris dapat menjelaskan fenomena tersbeut yang didukung oleh berbagai data baik studi literatur dan hasil wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan pemerintah Indonesia terhadap brand Indomie sebagai usaha dan brand ternama serta perusahaan Indofood dan Salim sebagai pemiliki brand sangat berdampak dan menunjukan hubungan yang interdepedensi.


Kata Kunci


diplomasi korporasi; Indomie; Indonesia; Indonesia Africa Infrastructure Dialogue 2019; Nigeria

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardanareswari, I. (2019, April 9). tirto.id. Dipetik April 12, 2021, dari tirto.id: https://tirto.id/sejarah-Indomie-yang-bungkusnya-viral-dan-berumur-19-tahun-dlA4

Bolewski, W. (2018). Corporate diplomacy as global management. International Journal of Diplomacy and Economy, 107-138.

Cindyara, A. (2019, September 11). Antara News. Dipetik April 12, 2021, dari Antara : https://www.antaranews.com/berita/1057110/menlu-paparkan-hasil-forum-dialog-infrastruktur-indonesia-afrika

Direktorat Afrika, Kementerian Luar Negeri Indonesia. (2021). Diplomasi Inodnesia ke Kawasan Sub Sahara Afrika. Jakarta: Direktorat Afrika, Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Folker, J. S. (2013). Neoliberalism. Dalam M. K. Tim Dunne, International Relations Theories; Discipline and Diversity (hal. 113 - 131). Oxford: Oxford University Press.

Hocking, D. L. (2010). Economic Diplomacy. The International Studies Encyclopedia, 1216 - 1227.

Ibirgoba, F. (2019, Agustus 1). The Guardiab; DUFIL acquires 18,000 hectare farmland to plant 2.3m palm trees. Dipetik Mei 9, 2021, dari guardian.ng: https://guardian.ng/features/dufil-acquires-18000-hectare-farmland-to-plant-2-3m-palm-trees/

Indomie Independence Days Awards. (2019). Indomie Independence Days Awards; About Us. Dipetik Mei 8, 2021, dari heroesofnigeria.com: https://heroesofnigeria.com/

Jindal, S. (2021, Mei 6). Research Interview on Indomie Thesis. (H. Y. Parningotan, Pewawancara)

Julianto, P. A. (2016, Juni 8). Kompas Ekonomi. Dipetik April 12, 2021, dari Kompas : https://money.kompas.com/read/2017/06/08/062000926/indofood.ini.rahasia.mengapa.Indomie.populer.di.negara.lain?page=all

KBRI Abuja. (2020, Februari 6). KBRI Abuja; Kepedulian Pemerintah Indonesia terhadap pendidikan Nigeria dengan donasi pembangunan ruang kelas sekolah di Abuja. Dipetik Mei 8, 2021, dari kemlu.go.id: https://kemlu.go.id/abuja/id/news/4758/kepedulian-pemerintah-indonesia-terhadap-pendidikan-nigeria-dengan-donasi-pembangunan-ruang-kelas-sekolah-di-abuja

Kementerian Luar Negeri Indonesia. (2019). Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia tahun 2019. Jakarta: Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Leonard, M. (2002). Diplomacy by Other Means. Foreign Policy, 48-56.

Maryati, M. (2021, Maret 12). Wawancara Riset kepada Direktorat Fasilitasi Ekpor Impor Kementerian Perdagangan Indonesia. (H. Y. Parningotan, Pewawancara)

Melissen, J. (2005). The New Public Diplomacy Soft Power in International Relations. New York: Palgrave Macmilan.

Nye, J. (2008). Public Diplomacy and Soft Power. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 94-109.

Pratkanis, A. (2009). Public Diplomacy in International Conflicts: A Social Influence Analysis. Dalam N. S. Taylor, Routledge Handbook of Public Diplomacy (hal. 111 - 154). New York: Routledge.

Ramalan, I. (2018, November 11). Daily Nigerian. Dipetik Mei 9, 2021, dari Daily Nigerian: https://dailynigerian.com/immunisation-how-Indomie-strategy-enticed-parents-in-sokoto-official/

Roach, B. (2005). A Primer on Multinational Corporations. Dalam B. M. Alfred. D. Chandler Jr., Leviathans; Multinational Corporations and The New Global History (hal. 19-44). Cambridge: Cambridge University Press.

Santoso, F. A. (2021, Februari 26). Wawancara Riset kepada Direktorat Afrika. (H. Y. Parningotan, Pewawancara)

Saragih, B. B. (2015, April 4). The Jakarta Post. Dipetik April 12, 2021, dari The Jakarta Post: https://www.thejakartapost.com/news/2015/04/04/indofood-open-noodle-factory-morocco-sixth-africa.html

Steger, U. (2003). Corporate Diplomacy; The Strategy for a Volatile, Fragmented Business Environment. West Sussex: John Wiley&Sons Ltd, The Atrium.

Susanto, H. (2013, September 23). katadata.co.id. Dipetik April 12, 2021, dari katadata.co.id: https://katadata.co.id/herisusanto/indepth/5e9a57564e051/cerita-Indomie-sukses-menembus-pasar-80-negara

Ulrike Mayrhofer, C. P. (2015). Multinational Corporations (MNCs) and Enterprises (MNEs). Willey Encyclopedia Management, 1-11.




DOI: https://doi.org/10.24198/padjir.v3i2.33397

Padjadjaran Journal of International Relations Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)