Diplomasi Publik Indonesia dalam Meningkatkan Wisatawan Mancanegara ke Candi Borobudur
Abstrak
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arida, INS & Sukma, N. (2016). Buku Ajar Pariwisata Berkelanjutan. Bali: Sustainpress.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951.
Badan Pusat Statistik. (2022). "Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Kebangsaan." https://www.bps.go.id/indicator/16/1821/3/jumlah-kunjungan-wisatawan-mancanegara-ke-indonesia-menurut-kebangsaan.html.
Brown, K. A. (2017). Public Diplomacy and National Security in 2017. Center for Strategic and International Studies, January, 1–16.
Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism and Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Predana Media.
Cull, N.J. (2009). 'Public Diplomacy' before Gullion : The Evolution of a Phrase, http://uscpublicdiplomacy.com/pdfs/gullion.pdf, th , 2009 51-52 Diakses pada 10 April 2023
Mulyana, D. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Djelantik, S, (2004). Diplomasi Publik, Jurnal Analisis CSIS Vol.33 No.3 hal. 74
Firdaus, A. (2023). Keberhasilan Diplomasi Publik Jepang Melalui Budaya Populer : Tantangan Terhadap Identitas Nasional Generasi Muda Indonesia. 1(2), 98–119.
Hadi, Umar. (2007). “Diplomasi Publik Menjembatani Persepsi Domestik dan Internasional”,http://www.tabloiddiplomasi.org/previous isuue/55-desember-2007/535-diplomasi-publimenjembatani-persepsi-domestik-dan-internasional.html.
Haryono, Timbul, (2011) Sendratari Mahakarya Borobudur. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).
Joesoef, Daoed, (2004), Borobudur. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Kartika, W. (2006). Diplomasi Kebudayaan.Yogyakarta: Ombak.
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2020).OfficialWebsite,https://www.kominfo.go.id/content/detail/5640/saatnya-kembangkan-potensi-pariwisata-indonesia/0/infografis
Kemenparekraf / Baparekraf Republik Indonesia. (2020). "Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun 2020." Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara. https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/old_a ll/rekap%20wisman.pd
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (20200. Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2020. https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan mancanegara/Statistik- Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2020.
Kompas.com. (2020). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. 021.https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi-sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi-global.
Mahmudan, A. (2022). Jumlah Pengunjung Candi Borobudur Anjlok SelamaPandemi",https://dataindonesia.id/sektor riil/detail/jumlah-pengunjung-candi-borobudur-anjlok-selama-pandemi.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, M. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Penanganan Penyebaran Covid-19. Info Singkat, 12(8), 13-18.
Nugrahaningsih, N., & Suwarso, W. A. (2021). Model Strategi Diplomasi Budaya di Masa Covid-19: Studi Kasus Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang. Intermestic: Journal of International Studies, 6(1), 100-120.
PT. TWC. (2019). Annual Report 2019: World Class Herritage Management. AnnualReport, Sleman: PT.TWC https://corporate.borobudurpark.com/wp- content/uploads/2021/07/Laporan-Tahunan-2019
Rahmaniah, R. (2023). Diplomasi Publik Melalui ‘Wonderful Indonesia’Dalam Upaya Promosi Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Amerika Serikat. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 4635–4645.
Ramadhanty, R., Krisnando, G., Fatmawati Raya, J. R., Labu, P., & Selatan, J. (2019). Diplomasi Publik Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Pariwisata Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Era Presiden Joko Widodo Tahun. Diplomacy and International Studies, 1–12. www.indonesia.travel
Rudatin Christina L, Annisa Wardhani, dan F. M. (2020). Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6. Jurnal Seminar Masional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOVE), 6(2), 139–146.
Salsabila, T. (2013). “First Track Diplomacy and Second Track Diplomacy”,http://www.academia.edu/8216235/First_Track_Diplomacy_and_second_Track_Diplomacy.
Satrio, M. A. (2021). Upaya Pemerintah Indonesia dalam Meningkatkan Pariwisata Mandalika Melalui Kerangka Branding ‘Wonderful Indonesia.’ Indonesian Perspective, 6(1), 65–85. https://doi.org/10.14710/ip.v6i1.37513
Seta, M. A. (2014). November. Perspektif Hubungan Internasional. Pengantar Hubungan Internasional. Diakses dari https://bit.ly/3AuGXTI
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Shoelhi, M. (2011). Diplomasi: Praktek Komunikasi Internasional, Bandung, Sembiosa Rekatama Media.
DOI: https://doi.org/10.24198/padjir.v6i2.53708
Padjadjaran Journal of International Relations Terindeks Di: