Kerja Sama Indonesia dan Jerman: Studi tentang Regulasi terkait Program Ausbildung di Indonesia
Abstrak
Indonesia menghadapi tantangan ketenagakerjaan meskipun memiliki bonus demografi yang signifikan, terutama karena rendahnya produktivitas lulusan dan ketidaksesuaian antara keterampilan tenaga kerja dengan kebutuhan industri. Program Ausbildung, inisiatif pendidikan vokasi dan pelatihan industri hasil kerja sama Indonesia-Jerman, menawarkan solusi potensial, khususnya di sektor keperawatan dan perhotelan. Penelitian ini menganalisis kebijakan dan kerja sama yang diperlukan untuk mengoptimalkan manfaat Ausbildung. Dengan menggunakan metode kualitatif, studi ini menemukan bahwa Indonesia dapat menerima manfaat dari Ausbildung kolaborasi lebih erat antara pemerintah, institusi pendidikan, dan industri. Penelitian ini menekankan pentingnya kerja sama internasional guna meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.
Indonesia faces employment challenges despite having a significant demographic advantage, mainly due to the low productivity of school graduates and a mismatch between workforce skills and industry needs. The Ausbildung program, a vocational education and industrial training initiative from Indonesian-German cooperation, offers a potential solution, particularly in sectors like nursing and hospitality. This research analyzes the necessary policies and cooperation needed to optimize Ausbildung’s benefits. By using qualitative methods, including interviews and literature review, the study finds that Indonesia benefits from Ausbildung with closer collaboration between the government, educational institutions, and industry. The research underscores the crucial role of international cooperation and effective policies in enhancing the competitiveness of Indonesia’s workforce.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditama, W., Susanto, K. H., Akhmad, M. R., Wibowo, A., Kurniawan, P., & Pujakusuma, D. (2024). Analisis Program Ausbildung: Kerja sama Indonesia-Jerman Dalam Upaya Meningkatkan Tingkat Pendidikan Kejuruan (Studi Kasus Smkn 6 Malang). Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1). https://doi.org/10.17977/um063.v3.i10.2024.4
Aisyah, N. (2023). Mengintip “Ausbildung” di Jerman, Lulusan SMA/SMK Bisa Ikut dan Dapat Tunjangan. Detik.Com.
Amri, U. (2022). Strategi Indonesia – Jerman Terhadap Keberhasilan “Indonesia-Germany Joint Declaration For A Comprehensive: Shaping Globalisation And Sharing Responsibility” Pada Bidang Pendidikan Tahun 2012-2016.
Atthareq, R. H., & Affandi, R. N. (2023). Indonesia-Germany cooperation in efforts to improve vocational education levels: Analysis of the Ausbildung program. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(1), 69–79. https://doi.org/10.21831/jpv.v13i1.49341
Bappenas. (2017a). Babak Baru Kerja Sama Indonesia-Jerman dalam Pendidikan dan Pelatihan Teknik dan Vokasi. https://www.bappenas.go.id/id/berita/babak-baru-kerja-sama-indonesia-jerman-dalam-pendidikan-dan-pelatihan-teknik-dan-vokasi-qf5fe
Bappenas, K. P. (2017b). Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan Dan Pendidikan.
Cedd Nicanor Alnoth, Z. (2024). Kerja Sama Indonesia-Jerman Melalui Program Ausbildung Dalam Bidang Pendidikan Vokasi. In Jurnal Riset Ilmiah (Vol. 3, Issue 6).
Dai, X., Snidal, D., & Sampson, M. (2010). International Cooperation Theory and International Institutions. In Oxford Research Encyclopedia of International Studies. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190846626.013.93
Dittrich, J. (n.d.). Can Indonesia Learn Something from the German Model of TVET Teacher Education?
Goethe Institut. (2022). Program Ausbildung di Jerman.
Holsti, K. J. (1987). Theories of International Relations: Parochial or International? https://doi.org/https://doi.org/10.11375/kokusaiseiji1957.85_L17
Holsti, K. J. (2009). From States System To A Society Of States: The Evolution Of International Relations (1st ed.). Eolss Publisher.
Kementerian Luar Negeri Indonesia. (2024). Sekilas Hubungan Bilateral Indonesia dan Jerman.
Khairunnisah, & Fitriyani, A. L. (2023). Bonus Demografi dan Visi Indonesia Emas 2045. DATAin, Badan Pusat Statistik.
Lamont, C. (2015). Research Methods in International Relations. SAGE Publications.
Limanseto, H. (2022). Indonesia-Jerman Perkuat Hubungan Bilateral dalam Momentum 70 Tahun Kerja Sama. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4611/indonesia-jerman-perkuat-hubungan-bilateral-dalam-momentum-70-tahun-kerja-sama
Limanseto, H. (2023a). Perkuat Kerja Sama Bilateral, Indonesia-Jerman Akselerasi Penyelesaian Perundingan Perjanjian IEU-CEPA. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5092/perkuat-kerja-sama-bilateral-indonesia-jerman-akselerasi-penyelesaian-perundingan-perjanjian-ieu-cepa
Limanseto, H. (2023b). The Coordinating Minister for Economic Affairs of the Republic of Indonesia Holds a Meeting with the Minister of Economic Affairs and Climate Action Germany and Signs the Indonesia-Germany Joint Declaration of Intent (JDoI). https://ekon.go.id/publikasi/detail/5113/the-coordinating-minister-for-economic-affairs-of-the-republic-of-indonesia-holds-a-meeting-with-the-minister-of-economic-affairs-and-climate-action-germany-and-signs-the-indonesia-germany-joint-declaration-of-intent-jdoi
Pristiandaru, D. L. (2024). Indonesia-Jerman Kerja Sama Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Industri. Kompas.Com.
Setyowati, H. E. (2018). Indonesia-Jerman Perkuat Kerja sama di Bidang Pendidikan dan Pelatihan Vokasi.
Wiriadidjaja, A., Andriasanti, L., & Jane, A. (2019). Indonesia-Germany Cooperation in Vocational Education and Training. Journal of Local Government Issues, 2(2), 178. https://doi.org/10.22219/logos.vol2.no2.178-192
DOI: https://doi.org/10.24198/padjir.v6i2.55777
Padjadjaran Journal of International Relations Terindeks Di:










