PENATAAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI UPAYA PENIGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Abstrak
Perpustakaan sekolah harus berfungsi sebagai pusat belajar para siswa bukan hanya penunjang pembelajaran. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah harus diatur dan dikelola dengan benar agar dapat berperan sesuai dengan fungsinya. Kegiatan ini bertema Penataan Perpustakaan Sebagai Upaya Penigkatan Layanan Perpustakaan Sekolah. Dengan metode Participatory Rural Appraisal dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, Focus Group Discussion, dan studi pustaka kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pustakawan mengenai manajemen perpustakaan. Ruang lingkup materi yang disampaian yakni pengembangan koleksi, pengolahan bahan pustaka, dan pelayanan perpustakaan. Hasil kegiatan menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan para pustakawan mengenai pengembangan koleksi, pengolahan bahan pustakan, dan pelayanan perpustakaan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
Kandowangko, N. Y. (2014). Kajian Etnobotani Tanaman Obat Oleh Masyarakat Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo. Penelitian Unggulan Pusat Studi, 2(737).
Khadijah, U. L. S., & Saepudin, E. (2017). Rancangan Program Literasi Informasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Mutiara Bunda Kota Bandung. Prosiding Magister Ilmu Komunikasi, 1(2).
Sinaga, D. (2005). Perpustakaan Sekolah: Peranannya Dalam Proses Belajar-mengajar. Artikel.
Saleh, A. R. (2014). Manajemen perpustakaan.
Widiasa, I. K. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Perpustakaan Sekolah: Kajian, Metode, Praktik, dan Evaluasi Perpustakaan Sekolah. Tahun, 1, 8-18.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Jurnal ini Terindeks di:
PENERBIT
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran