SAKTI (SANGGAR ANAK KREATIF DAN TEKNOLOGI INKLUSIF): WADAH PENGEMBANGAN POTENSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDEKATAN ART THERAPHY DAN COMPUTER TECHNOLOGY

Feby Artwodini Muqtadiroh

Abstrak


Anak berkebutuhan Khusus (ABK) sama seperti anak normal pada umumnya, Namun ABK mengalami hambatan dalam proses tumbuh kembangnya. Hambatan perkembangan ini melipui perkembangan fisik, emosi, kondisi mental, dan perilaku. Di kawasan Dolly di Surabaya, masih banyak ditemukan anak berkebutuhan khusus. Terdapat lebih dari 50 ABK yang tidak terurus pendidikannya. Para orang tua sengaja tidak menyekolahkan anaknya dikarenakan berberapa macam alasan, mulai dari kondisi ekonomi yang kurang mampu, tidak tersedianya sekolah luar biasa (SLB) di area sekitar, hingga kondisi emosi anak yang terganggu dan tidak stabil di lingkungan sosial. Oleh karena itu, melalui program pengabdian masyarakat berupaya membentuk wadah pengembangan potensi melalui pendekatan “Art Therapy and Computer Technology” di daerah kawasan Dolly Kota Surabaya. Target kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Tersusunnya model dan perangkat pembelajaran praktis berbasis kreativitas dan teknologi informasi untuk anak berkebutuhan khusus, (2) Orangtua ABK bisa menerapkan model dan perangkat pembelajaran pada anaknya melalui pendekatan terapi seni dan teknologi informasi sebagai stimulasi terapi dasar yang belum didapatkan sebelumnya, (3) Terciptanya komunitas orangtua ABK yang terkoordinasi, dan (4) Terwujudnya ABK yang tertangani secara tepat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyrakat kali ini adalah sosialisasi, pelatihan, simulasi, serta menggerakkan partisipasi keluarga atau masyarakat guna membentuk komunitas untuk peduli dan menangani ABK.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan sejak bulan April 2018 hingga 5 Oktober 2018 dengan beragam aktivitas antara lain: Rock Painting, Game Virtual Reality, Literasi Kulkas Buku, Family Gathering keluarga ABK, TIK for ABK, Tutorial Cost Play, dan Membatik Ciprat. Dan dalam perjalanan kegiatan pengabdian masyarakat SAKTI ini, tim mendapat apresiasi dari beberapa pihak non mitra yang menyatakan sangat berkenan untuk dapat turut serta menjadi mitra atau sponsor bahkan menjadi konselor. Mitra tambahan pada saat kegiatan pengabdian masyarakat SAKTI antara lain: Sekolah yang ditunjuk Pemkot Surabaya untuk mengelola ABK, Kelurahan Putat Jaya (SMP 46 Surabaya), LMI, Kampung Peduli Disabilitas dari Kota Blitar – Jawa Timur, dan pihak Kelurahan Putat Jaya di kawasan Dolly Surabaya.


Kata Kunci


Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif, Sanggar Kreatif, Teknologi Asistif, Art Therapy, Computer Technology

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hermanto, "Optimalisasi Pendidikan Pra Vokasional Menuju Anak Berkebutuhan Khusus Mandiri," in Seminar FIP, Yogyakarta, Indonesia, 2008.

P. Nurina, Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Autis pada Sekolah Inklusif, Tangerang Selatan, Indonesia: Young progressive Muslim, 2015.

C. Malchiodi, Art Therapy and Computer Technology, United Kingdom: Jessica Kingsley Publishers , 2000.

R. B.-B. C. K. G. M. W. N. M. a. D. S. R. Johan Borg, "Assistive Technology for Children with Disabilities: Creating Opportunities for Education, Inclusion and Participation," WHO, Switzerland, 2015.

M. Sugiarman, Pengembangan Teknologi Asistif bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Seting Pendidikan Inklusif, Bandung: PLB Indonesia, 2009.

K. N. I. u. UNESCO, Kemdikbud, [Online]. Available: http://kniu.kemdikbud.go.id/pendidikan-surabaya-diakui-menjadi-anggota-unesco-global-network-of-learning-cities-gnlc/. [Accessed 7 Maret 2018].

M. Effendi, Pengantar Psikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus, Surakarta, Indonesia: PT. Bumi Aksara, 2006.

E. Burhaein, OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL PADA PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNALARAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING (NEURO LEARNING DAN PSYCHOLOGY LEARNING), 2017: UNY, Yogyakarta, Indonesia.

M. d. R. Indianto, "Kajian tentang Implementasi Pendidikan Inklusif sebagai Alternatif Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Boyolali," Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional, Jakarta, 2010.

M. Ferrel, "Inclusion at the Crossroads, Special Education-Concept and Values," David Fulton Publisher, USA, 2008.

J. POS, JAWA POS, [Online]. Available: http://www2.jawapos.com/baca/artikel/7989/Gangguan-Jiwa-Terus-Naik. [Accessed 6 Maret 2018].

"Psikoterapis," [Online]. Available: https://www.psikoterapis.com/?en_apa-itu-psikoterapi-. [Accessed 4 Maret 2018].

"positive psychology," [Online]. Available: https://positivepsychologyprogram.com/art-therapy/. [Accessed 3 Maret 2018].

"psychology today," [Online]. Available: https://www.psychologytoday.com/blog/arts-and-health/201608/why-art-therapy-works. [Accessed 4 Maret 2018].

Kumparan. [Online]. Available: https://kumparan.com/indonesian-art-therapy-project/mengenal-lebih-dalam-indonesian-art-therapy-project. [Accessed 5 Maret 2018].

D. P. D. RI, "Bentuk Kebijakan Indonesia," Kebijakan Parlemen, 2012.

Clapp and Judith, Software Quality Control, Error Analysis, and Testing, William Andrew In., 1995.

J. Erikkson, A. Ek and G. Johansson, "Design and evaluation of a software prototype for participatory planning of environmental adaptations," IEEE Transactions on Rehabilitation Engineering, vol. Vol. 8, no. 1, p. 94–106, 2000.

R. Pressman and B. Maxim, Software Engineering: A Practitioner's Approach, 8 ed., McGraw-Hill, 2014.

Dedy Ariyanto, "Peran Teknologi Pembelajaran dalam Mendukung Implementasi Pendidikan Inklusi", Prosiding Jurnal International Conference On Special Education In Southeast Asia Region 7th, Hal. 381-388, 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal ini Terindeks di: 

PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363