PKM KELOMPOK GURU BAHASA INGGRIS YANG MENGALAMI KESULITAN DALAM MENGAJARKAN PUISI DALAM BAHASA INGGRIS DI SMAN 1 AMPEK ANGKEK DAN SMAN 1 BANUHAMPU KABUPATEN AGAM

Delvi Wahyuni, Witri Oktavia

Abstrak


Tujuan dari program PKM ini adalah untuk memberi pelatihan kepada Mitra yaitu guru bahasa Inggris di SMAN 1 Ampek Angkek dan SMAN 1 Banuhampu, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat mengenai puisi dalam bahasa Inggris dan strategi pembelajarannya. Program ini dilaksanakan untuk membantu Mitra tersebut memenuhi tuntutan Kurikulum 2013 mengenai teks khusus poem atau puisi dalam bahasa Inggris. Dasar dari kegiatan ini adalah Mitra mengalami kesulitan dalam mengajarkan topik tersebut karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai puisi apalagi puisi dalam bahasa Inggris serta strategi pembelajarannya. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah melalui lokakarya yang berlangsung selama kurun waktu Agustus pembelajaran puisi dalam bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan ini adalah Mitra sudah memahami strategi membaca puisi sehingga kemampuan Mitra untuk memahami puisi dalam bahasa Inggris meningkat. Kemudian, pengetahuan Mitra mengenai unsur-unsur sebuah puisi juga bertambah. Berikutnya, Mitra mampu dalam menangkap makna yang tersirat pada sebuah puisi dalam bahasa Inggris serta mampu memberi justifikasi bagi analisa yang mereka kemukakan. Selanjutnya, Mitra sudah mempunyai rujukan mengenai model pembelajaran puisi dalam bahasa Inggris di SMA serta contoh-contoh teks puisi bahasa Inggris yang sesuai dengan kemampuan pebelajar SMA dan relevan dengan kehidupan remaja.

Kata kunci: teks khusus poem, pembelajaran puisi dalam bahasa Inggris, Kurikulum 2013


Kata Kunci


teks khusus poem, pembelajaran puisi dalam bahasa Inggris, Kurikulum 2013

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aydinoglu. (2013). Use of literature in language teaching course books. International Journal of New Trends in Arts, Sports, and Science Education, 2(2), 36–44.

Babaee, R., & Yahya, W. R. B. W. (2014). Significance of literature in foreign language teaching. International Education Studies, 7(4), 80–85. https://doi.org/10.5539/ies.v7n4p80

Chen, R. H. (2009). Pedagogical approaches to foreign language education: A discussion of poetic forms and culture. SFU Educational Review, 1(2009), 49-57

Choudhary, S. (2016). Literary approach to teaching English language in a multicultural classroom. Higher Learning Research Communications, 6(4), 1–6. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1858869508?accountid=14089%5Cnhttps://eu.alma.exlibrisgroup.com/view/uresolver/44UOC_INST/openurl?genre=article&atitle=Literary+Approach+to+Teaching+English+Language+in+a+Multicultural+Classroom&author=Choudhary%2C+Sanju&v

Collie, J., & Slater, S. (1987). Literature in the language classroom: A resource book of ideas and activities. TESOL Quarterly, 24(2), 233. https://doi.org/10.2307/3586905

Daskalovska, N., & Dimova, V. (2012). Why should literature be used in the language classroom? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 1182–1186. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.271

Hadaway, N. L., Vardell, S. M., & Young, T. A. (2001). Scaffolding oral language development through poetry for students learning English. The Reading Teacher, 54(8), 796-806.

Hall, G. (2015) Recent developments in uses of literature in language teaching. In Teranishi, M., Saito, Y., Wales, K., Literature and Language Learning in the EFL Classroom.

Hanauer, D. I. (2010). Poetry as research: Exploring second language poetry writing (Vol. 9). John Benjamins Publishing.

Hanauer, D. I. (2012). Meaningful literacy: Writing poetry in the language classroom. Language Teaching, 45(1), 105–115. https://doi.org/10.1017/S0261444810000522

Hess, N. (2003). Real language through poetry: a formula for meaning making. ELT Journal, 57(1), 19-25.

Kalan, A. (2014). Reading poetry in standardized EFL test preparation to increase meaningful literacy engagement. International Journal of Arts and Sciences, 7(6).

Kaşlıoğlu, Ö., & Ersin, P. (2018). Pre-service teachers’ beliefs about literature integration in English language teaching classrooms. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(3), 213-232.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013.

Khatib, M. (2011). A new approach to teaching English poetry to EFL students. Journal Of Language Teaching and Research, 2(1), 164.

Kim, H. R. (2004). Integrating poetry and dialogue journal writing into EFL curricula. The Journal of AsiaTEFL, 1(2), 83-108.

Kırkgöz, Y. (2014). Exploring poems to promote language learners’ creative writing. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 158, 394-401.

Kirszner, L. G., & Mandell, S. R. (2006). Literature: Reading, reacting, writing. USA:Harcourt, Inc

Ortells, E. (2013). Teaching English as a foreign language in Spanish secondary schools: The value of literature. English Teaching, 12(1), 91–100.

Romero, E. D., & Bobkina, J. (2015). Literature mediated English in the UCM degree in modern Languages: A pilot study. Theory and Practice in Language Studies, 5(2), 235–246. https://doi.org/10.17507/tpls.0502.02

Tevdovska, E. S. (2016). Literature in ELT setting: Students' attitudes and preferences towards literary texts. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 232, 161-169.

Vk, P., & Savaedi, S. Y. (2014). Teaching poetry in autonomous ELT classes. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 98, 1919-1925.

Wahyuni, D. (2012). Active reading in teaching poetry in EFL class. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 6(1), 10-16.

Widdowson, H. G. (1992). Practical stylistics: An approach to poetry. Oxford, UK: Oxford University Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal ini Terindeks di: 

PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363