PELATIHAN BAHASA INGGRIS DASAR DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA BIDIKMISI POLMAN BANDUNG
Nia Nuryanti Permata, Dini Hadiani
Abstrak
Pengajaran Bahasa Inggris belum merata diseluruh daerah di wilayah Indonesia. Kecenderungannya, siswa yang bersekolah di kota besar memiliki pengajaran Bahasa Inggris yang lebih baik dibandingkan daerah pelosok. Disisi lain, Mahasiswa Bidikmisi berasal dari banyak daerah yang sebagian diantaranya berasal dari luar kota besar. Mahasiswa Bidikmisi adalah mahasiswa dengan latar belakang kemampuan akademis yang baik namun memiliki kemampuan ekonomi yang lemah. Bagi mahasiswa Bidikmisi mereka tidak memiliki modal untuk mendapatkan akses fasilitas belajar bahasa tambahan walaupun jika mereka memerlukannya. Pada akhirnya daya saing merekapun akan rendah. Olehkarenanya, kemampuan Bahasa Inggris Dasar mahasiswa Bidikmisi perlu ditingkatkan agar lebih memiliki daya saing. Pada Pengabdian Pada Masyarakat ini, Pelatihan Bahasa Inggris Dasar diberikan kepada mahasiswa Bidikmisi Polman Bandung yang paling membutuhkan peningkatan kapasitasnya. Sebanyak 12 pertemuan, selain pretest dan posttest, diselenggarakan. Hasilnya kemampuan Bahasa Inggris Dasar mahasiswa Bidikmisi meningkat. Namun, tetap dibutuhkan ketekunan dari mahasiswa untuk mau belajar lebih baik lagi agar keterampilannya meningkat secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa program pelatihan Bahasa Inggris Dasar bagi mahasiswa Bidikmisi membantu meningkatkan kemampuan SDM dibidang bahasa Inggrisnya.
Direkrorat Jenderal. (2017). Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2017. Retrieved from http://www.unm.ac.id/AIPT/files/ok/3/4 PEDOMAN_BIDIKMISI_2017.pdf
Febriana, M., Nurkamto, J., Rochsantiningsih, D., & Muhtia, A. (2018). Teaching in Rural Indonesian Schools : Teachers ’ Challenges. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 11–20. Retrieved from https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/305/232
Direkrorat Jenderal. (2017). Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2017. Retrieved from http://www.unm.ac.id/AIPT/files/ok/3/4 PEDOMAN_BIDIKMISI_2017.pdf
Febriana, M., Nurkamto, J., Rochsantiningsih, D., & Muhtia, A. (2018). Teaching in Rural Indonesian Schools : Teachers ’ Challenges. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 11–20. Retrieved from https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/305/232
Refbacks
Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Jurnal ini Terindeks di:
PENERBIT
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran
Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363