PENGGUNAAN BAHASA SUNDA SEBAGAI BAHASA PENGANTAR PENDIDIKAN KELAS SEMULA DI SEKOLAH DASAR

Wagiati Wagiati, Nani Darmayanti, Duddy Zein

Abstrak


Mendongeng dan bercerita merupakan salah satu metode pengenalan bahasa yang sampai saat ini masih disukai oleh anak-anak, khususnya anak-anak di kelas pemula (kelas 1 s.d. kelas 3 sekolah dasar). Dengan mendongeng dan bercerita, guru dapat berkomunikasi dengan baik kepada siswanya untuk menyampaikan pesan pendidikan dengan mudah. Dengan demikian, mendongeng dan bercerita dapat dijadikan metode pengenalan yang baik dalam menyampaikan materi bahasa pada anak-anak kelas pemula. Bentuk kegiatan yang paling cocok untuk membekali para siswa tersebut adalah pelatihan. Kegiatan pelatihan dilakukan secara sistematis, dari kegiatan yang bersifat teoretis hingga praktis, yaitu dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, praktik, dan brainstorming.

Penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar di kelas-kelas pemula di sekolah dasar, diarahkan untuk meningkatkan kompetensi komunikasi para peserta didik. Mereka diarahkan juga untuk mampu mengapresiasi dan mengekspresikan kembali pengetahuan yang dipelajarinya melalui medium bahasa daerah tersebut. Dalam kaitannya dengan kompetensi berbahasa, hal itu erat kaitannya dengan proses menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan bahasa daerah tentang ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Dalam upaya meningkatan kompetensi lingual peserta didik dalam penguasaan bahasa daerahnya itu, mereka harus dilatih sejak dini untuk lebih banyak menggunakan bahasa daerahnya.

Kata Kunci: bahasa sunda, pendidikan, dongeng, sekolah dasar


Kata Kunci


bahasa sunda, pendidikan, dongeng, sekolah dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Riset, Pengabdian pada Masyarakat, dan Inovasi. 2018. Pedoman Penulisan Laporan Pengabdian kepada Masyarakat. Jatinangor: Universitas Padjadjaran.

Mbete, Aron Meko. 2003. “Bahasa dan Budaya Lokal Minoritas, Asal-Muasal, Ancaman Kepunahan dan Ancangan Pemberdayaan dalam Kerangka Pola Ilmiah Pokok Kebudayaan Universitas Udayana”. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap dalam Bidang Linguistik pada Fakultas Sastra Universitas Udayana, 25 Oktober 2003.

Republik Indonesia. 2003. Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2003. Lembaran Negara RI Tahun 2003. Sekretaris Negara. Jakarta.

Ruhimat, Asep. 2011. Ensiklopedia Kearifan Lokal Pulau Jawa. Solo: Tiga Ananda.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal ini Terindeks di: 

PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363