WORKSHOP KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG USAHA PENGRAJIN ALAT-ALAT PERTANIAN DI KECAMATAN MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA

Dian Sinaga

Abstrak


Kampung Galonggong adalah merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya yang terkenal sebagai salah satu sentra industri alat-alat pertanian tradisional. Namun demikian dalam berdasarkan pengamatan kami kegiatan usaha alat-alat pertanian perkembangannya kurang begitu pesat. Hal ini terlihat dari kegiatan pemasaran yang sifatnya konvensional yakni dengan dipajangkan dipingir jalan raya Manonjaya - Kota Banjar sehingga jangkauan pemasarannya juga terbatas. Oleh karena demikian sejalan dengan perkembangan teknologi informasi perlu dilakukan adanya terobosan pemasaran dengan memanfaatkan treknologi informasi seperti media social. Hal ini mengingat media social terutama facebook, merupakan media yang akrab dalam kehidupan masyarakat, termasuk masyarakat di sekitar kampung Galonggong Kabupaten Tasikmalaya. Kegiatan ini berupa penyuluhan dan pelatihan tentang memanfatkan media social dalam dalam kegiatan pemasaran khususnya media facebook, mulai dari pengenalan media social, mengisi contens dan mengelola media facebook dalam kegiatan pemasaran dan sharing informasi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengrajin dalam memasarkan alat-alat pertanian baik yang dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan teknologi informasi.

 


Kata Kunci


jaringan informasi, alat pertanian tradisional, media alternatif.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal ini Terindeks di: 

PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363