Promosi Desa Wisata Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Encang Saepudin, Mas Halimah

Abstrak


Kesiapan desa wisata harus diimbangi dengan kemampuan untuk membangun jejaring pasar dengan para pelaku industri pariwisata.  Dengan berbagai bentuk kerjasama dan pengembangan media promosi,  maka potensi desa wisata akan  muncul dalam peta produk dan pemaketan wisata baik di  tingkat daerah, nasional,  maupun inernasional.  Kegiatan promosi merupakan kegiatan yang intensif sebagai  usaha memperkuat daya tarik produk wisata kepada calon wisatawan.  Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode Participatory Rural Appraisal. Pertimbangan pemilihan metode ini adalah keterlibatan masyarakat dalam program pengabdian menjadi kunci keberhasilan pencapaian tujuan kegiatan. Khalayak sasaran program pengabdian adalah para pengelola dan anggota pusat pelatihan pertanian & pedesaan Swadaya Mekar Tani Jaya. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para peserta telah memiliki  kemapuan dan keterampilan mengenai pengelolaan homestay, pelayanan prima, dan pembuatan media promosi.

Kata Kunci


promosi; desa wisata; desa cibodas;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. Y. H., Bakar, N. R. H. A., Sulehan, J., Awang, A. H., & Liu, O. P. (2012). Participatory Rural Appraisal (PRA): An Analysis of Experience in Darmareja. Akademika, 82(1).

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Ed. 11. Jakarta: Indeks.

Kotler, P. & Keller, L. 2016. Marketing Management. Essex: Pearson.

Saepudin, E., Budiono, A., & Halimah, M. (2019). Development Strategy Of Education Tourism In Cibodas Village In West Bandung Regency. Journal Of Environmental Management And Tourism, 9(8), 1684-1695.

Saepudin, E., Budiono, A., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Desa Wisata Pendidikan Di Desa Cibodas Kabupaten Bandung Barat. Sosiohumaniora, 21(1), 1-10.

Saputra, T., & Utami, B. C. (2017). Pelatihan Pelayanan Prima Tentang Perilaku Pemberi Layanan Di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Warta LPM, 20(2), 61-66.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal ini Terindeks di: 

PENERBIT

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran

Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363