EDUKASI KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT TENTANG PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK WIRAUSAHA DI DESA CILENGKRANG KABUPATEN BANDUNG
Abstrak
Desa Cilengkrang merupakan suatu desa yang berlokasi di Kabupaten Bandung kawasan Bandung Utara. Berdasarkan data sensus pada tahun 2018, desa ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.180 orang. Jenis pekerjaan yang ada di desa ini adalah peternak sapi dan kambing, buruh tani sebanyak 110 orang, buruh pabrik sebanyak 150 orang, petani sebanyak 35 orang, pengusaha sebanyak 10 orang, pedagang sebanyak 55 orang, PNS sebanyak 6 orang, TNI/POLRI sebanyak 1 orang, wiraswasta sebanyak 205 orang. Hal ini menunjukkan bahwa banyak wirausha di Desa Cilengkrang, akan tetapi para wirausaha ini belum pernah mendapatkan pelatihan tentang model bismis kanvas, pengemasan dan pemasaran. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan wirausaha khususnya ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9 Januari sampai 12 Februari 2020 di Desa Cilengkrang yang melibatkan tiga kelompok usaha ibu-ibu PKK yaitu usaha Cimol, “Comring” dan Lengkuas Kering. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK mengalami peningkatan pengetahuan tentang model bisnis kanvas, pengemasan dan pemasaran. Selama satu bulan kegiatan, ibu-ibu PKK mengalami peningkatan penjualan dan produk yang dihasilkan lebih beraneka ragam yaitu produk Cilok berubah menjadi Cilok Pelangi yang menyehatkan dengan varian rasa dan campuran sayuran yang sehat untuk anak-anak, Lengkuas Kering yang awalnya tidak ada kemasan sekarang telah memiliki kemasan menarik dan diberi nama “Lajaku”, “Comring” telah memiliki beberapa varian rasa yaitu original, rasa pedas dan rasa keju. Dengan latihan membuat bisnis model kanvas, ibu-ibu memiliki pengetahuan tentang cara meningkatkan usahanya. Pengemasan dan teknik pemasaran yang tepat juga telah dapat meningkatkan pendapatan ibu-ibu PKK yang dapat berkontribusi pada kesejahteraan keluarga.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Coles, R., McDowell, D., & Kirwan, M. J. (Eds.). (2003). Food packaging technology (Vol. 5). CRC press.
Dudin, M., Kucuri, G., Fedorova, I., Dzusova, S., & Namitulina, A. (2015). The innovative business model canvas in the system of effective budgeting. Asian Social Science, 11(7), 290-296.
Joyce, A., & Paquin, R. L. (2016). The triple layered business model canvas: A tool to design more sustainable business models. Journal of cleaner production, 135, 1474-1486.
King, K. (2006). Packaging and storage of herbs and spices. In Handbook Of Herbs And Spices (pp. 86-102). Woodhead Publishing.
Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Kewirausahaan Daerah
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Jurnal ini Terindeks di:
PENERBIT
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran