GAMBARAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA CILELES KECAMATAN JATINANGOR KABUPATEN SUMEDANG
Abstrak
Kemampuan membaca anak-anak usia Sekolah Dasar saat ini memiliki kecenderungan rendah. Lemahnya kemampuan ini disebabkan oleh lemahnya pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam hal membaca. Penulis tertarik untuk mengkaji gambaran kemampuan membaca anak-anak usia Sekolah Dasar di Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah memberikan assesmen berupa pertanyaan dalam bentuk kuisioner yang disaajikan dalam bentuk diagram lingkaran. Berdasarkan data yang diperoleh, dari 45 anak, sejumlah 40 anak sudah dapat membaca dengan kriteria sudah dapat mengenal huruf dan membaca kata dan atau membaca kalimat yang terdiri dari beberapa kata.
Kata Kunci
kemampuan membaca, anak-anak, Sekolah Dasar
Referensi
Crain, W. (2011). Theories of Development. Boston: Pearson.
Gage, N., & Berliner, D. (1998). Educational Psychology 6th Ed. Boston: Houghton Mifflin.
Leong, D. J., & Bodrova, E. (1995 ). Vygotsky's Zone of Proximal Development. Of Primary Interest.
Miller, P. H. (2011). Theories of Developmental Psychology. New York: Worth.
Shabani, K., Khatib, M., & Ebadi, S. (2010). Vygotsky's Zone of Proximal Development: Instructional Implications and Teachers' Professional Development. English Language Teaching.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Jurnal ini Terindeks di:
PENERBIT
Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Padjadjaran
Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Lt. 4, Jl. Ir. Soekarno Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat 45363