PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS WARUNK INDOMIE UPNORMAL MELALUI FOOD BLOGGER

Geuit Septiani, Suwandi Sumartias, Susie Perbawasari

Abstract


Warunk Upnormal merupakan sebuah tempat makan di Kota Bandung yang saat ini menjadi tren anak muda Bandung untuk nongkrong menghabiskan waktu bersama teman sambil bersantap menu-menu yang spesial. Warunk Upnormal juga sebagai warung pertama di Indonesia yang menghadirkan konsep warung indomie dengan kemasan kekinian (Pelopor Warunk Indomie Kekinian). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembentukan brand awareness Warunk Indomie Up advertorial online normal melalui food blogger di Kota Bandung. Bagaimana peran food blogger dalam menarik perhatian, menciptakan pemahaman konsumen, dan menciptakan ingatan konsumen mengenai Warunk Indomie Upnormal. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan aspek menarik perhatian yaitu dengan menceritakan pengalaman yang jujur, mengutamakan isi konten, menyelipkan meme lucu, dan komentar positif dari pembaca. Aspek menciptakan pemahaman yaitu dengan mencantumkan informasi yang jelas, memberi keterangan pada setiap foto, bahasa yang disesuaikan dengan target pembaca dan menceritakan keunikan Warunk Upnormal. Aspek menciptakan ingatan yaitu dengan penyebaran informasi mulut ke mulut, meng-upload advertorial online dan kuis, menceritakan kepuasan, dan membuat promosi unik dan menarik. Saran sebaiknya ulasan Warunk Upnormal menampilkan foto yang lebih variatif dan inovatif dibandingkan review tempat makan lain, dan dalam membentuk ingatan sebaiknya menu utama indomie yang lebih sering ditampilkan dibandingkan menu-menu lain.


Keywords


Brand; awareness; upnormal; food blogger; promosi

Full Text:

PDF

References


Ayudiana, D. (4 April, 2016). Personal Interview

Dewi, I. J. (2009). Creating and sustaining brand equity. Yogyakarta: Amara Books

Herdana, A. (2015). Analisis pengaruh kesadaran merek (brand awareness) pada produk asuransi jiwa prudential life assurance (studi pada passion agency jakarta). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 3, 2-12

Kotler, P. (2005). Manajamen pemasaran, jilid 1 dan 2. Jakarta: Kelompok Gramedia

Luttrell, R. (1975). Social media: how to engage, share, and connect. London: Rowman & Littlefield

Madcoms. (2008). Mahir dalam 7 hari menggunakan blogger. Yogyakarta: Andi

Moleong, L. J. (2013) Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugroho, I. S. & Rochmah, T. N. (2013). Analisis pengaruh brand equity terhadap keputusan masyarakat dalam memilih rumah sakit muhammadiyah surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 1, 147-155

Rakhmat, J. (2012). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ruslan, R. (2006). Manajemen public relations dan media komunnikasi konsep (edisi revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, R. (2009). Creative digital marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo

Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Smith, R. D. (1948). Strategic Planning for Public relations. London: Lawrence Erlbaum Associates

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta

Sumali, M. (31 Maret, 2016). Personal Interview

Tjiptono, F. (2005). Brand management and strategy. Yogyakarta: Andi

Victor. (30 Maret, 2016). Personal Interview

Wicaksono, M. P. & Seminari, N. K. (2016). Pengaruh iklan dan word of mouth terhadap brand awareness traveloka. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, 98-127




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.10400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geuit Septiani, Suwandi Sumartias, Susie Perbawasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats