ANALISIS PROMOTION MIX PUSPA IPTEK SUNDIAL KOTA BARU PARAHYANGAN
Abstract
Puspa Iptek Sundial yang berada di Kota Baru Parahyangan merupakan science center yang dikunjungi rata-rata seratus tujuh puluh enam ribu pengunjung setiap tahun dengan area display hanya dua ribu meter persegi yang jika dihitung kepadatannya pertahun, Puspa Iptek Sundial merupakan science center terpadat di Indonesia. Puspa Iptek Sundial merupkan landmark dari Kota Baru Parahyangan yang merupakan proyek berskala kota pertama di area Bandung Raya yang akan menampung segala fasilitas dan fungsi perkotaan. Dengan proyeksi jumlah penduduk seratus ribu orang lebih. Dalam merebut pangsa pasarnya sebagai science center, diperlukannya promotion mix dalam melancarkan strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promotion mix yang digunakan dalam melancarkan pemasaran yang dilakukan Puspa Iptek Sundial Kota Baru Parahyangan guna meraih efektivitas pemasaran dan segmentasi yang tepat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik in-depth interview, observasi langung penelitian di Puspa Iptek Sundial Kota Baru Parahyangan yang juga didukung oleh data dokumentasi dari perusahaan dan informan yang berjumlah tiga orang. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan bahwa Puspa Iptek Sundial Kota Baru Parahyangan menggunakan elemen promotion mix berupa advertising yaitu berupa billboard, baliho, dan majalah. Sales promotion yang dilakukan yaitu berupa discount, dan cashback. Public relations program yaitu berupa publisitas. Personal selling yaitu berupa event. Direct marketing yaitu berupa email dan event.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Brannan, T. (2004). Integrated marketing communications: memadukan upaya public relations, iklan, dan promosi untuk membangun identitas merek. Jakarta: PPM
Effendy, O. U. ( 2009). Ilmu komunikasi; teori dan praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran. Jakarta: Erlangga
Jefkins, F. (2003). Public relations edisi kelima. Jakarta: Erlangga
Komariah, K. & Subekti, P. (2016). Penggunaan media massa sebagai agen sosialisasi dinas kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi. Jurnal Profesi Humas, 1(1), 12–21
Kridalukmana, R. (2015). Peluang integrasi eksisting sistem penjualan dengan media jejaring sosial. Jurnal Sistem Komputer, 5(1), 5–10
Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kota Baru Parahyangan. (2017). Puspa iptek sundial. [online] available at: http://www. kotabaruparahyangan.com/id/tentang [Accessed Monday, 24 October 2016 pukul 01. 20 WIB]
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi pemasaran modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu
Putri, I. D. A. H. (2015). Peranan public relations dalam menjaring pemasang iklan pada radio republik indonesia cabang madya – Denpasar. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 120–132
Rakhmat, J. (2014). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Rosda
Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu jilid 1 edisi kelima. Jakarta: Erlangga
Suryanto. (2015). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: Pustka Setia
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran edisi tiga. Jakarta: ANDI
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i1.11456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Haura Pranhadijah Rizkahaj, Itca Istia Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats