PENGARUH ONLINE MARKETING CAMPAIGN #SAMYANGCHALLENGE TERHADAP CONSUMER BEHAVIOR DIGITAL NATIVES PENGGUNA YOUTUBE INDONESIA

Surya Dinda Putri, Dini Salmiyah Fithrah

Abstract


Kampanye #SamyangChallenge adalah kampanye yang paling banyak diikuti oleh digital natives Indonesia pada media sosial Youtube dan Indonesia pun menjadi salah satu negara pengakses Youtube terbesar se-Asia Pasifik. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin melihat sejauh mana online marketing campaign #SamyangChallenge dapat berpengaruh terhadap prilaku konsumen digital natives pengguna Youtube di Indonesia dengan menggunakan metode AISAS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data dekskriptif menggunakan teknis analisis statistik regresi linier sederhana dan metode non probability sampling. Hasil penelitian data deskriptif diperoleh skor variabel online marketing campaign sebesar 68,25%, attention 80,89%, interest 75,92%, search 66,16%, action 61,45% dan share berada pada posisi 62% yang artinya semua variabel dinilai baik berdasarkan posisi garis kontinum. Berdasarkan uji regresi ditemukan bahwa online marketing campaign mempengaruhi variabel search dengan nilai tertinggi 0,888 dan nilai terendah pada variabel action 0,674. Berdasarkan hipotesis uji t online marketing campaign berpengaruh secara signifikan pada kelima variabel AISAS dan berdasarkan koefisien determinasi ditemukan bahwa online marketing campaign mempengaruhi variabel search dengan nilai paling tinggi sebesar 48% dan paling rendah pada variabel share sebesar 32%.


Keywords


Online marketing campaign; consumer behavior; digital natives; aisas; youtube

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2016). Grafik kenaikan pengguna Internet indonesia. pengguna youtube berdasarkan usia. Diakses dari www.apjii.or.id pada 19 Oktober 2016

Ardha, B. (2014). Social media sebagai media kampanye partai politik 2014. Jurnal Visi Komunikasi Volume 13, 105-120

Hartoyo, N. M. & Supriadi, D. (2015). Aktivisme sosial melalui penggunaan media sosial: studi kasus asosiasi ibu menyusui indonesia (aimi). Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 3, No. 1, Juni 2015, 1-11

Hutomo, J. (2014). Pengaruh keywords ads terhadap keputusan pembelian dengan metode aisas. Skripsi. Dipublikasi. Bandung: Universitas Telkom

Majalah Marketing. (2016). Pengguna dan statistik youtube indonesia, pengertian youtube, karakteristik netizen. Consumer Barometer Google. SurveyO

Maliki, I. & Satria, R. (2013). Pengaruh kampanye politik di media sosial terhadap opini yang terbentuk: studi kasus pilkada dki jakarta 2012. Jurnal Informatika & Komputasi STMIK – Indonesia Vol 7, 41-52

Majalah Rula. (2015). Daftar video challenge paling banyak di indonesia. Diakses dari www.rula.co.id pada 7 September 2016

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the horizon. Journal of MCB University Press. Vol 9. No. 5

Statistics. (2015). Kenaikan jumlah belanja iklan indonesia. Diakses dari www.statista.com pada 19 Oktober, 2016

Sugiyama, K. & Andree. (2011). The dentsu way: secret of cross switch marketing from the world’s most innovative advertising agency. New York, United Staed: McGraw Hill Professional

Sugiyono. (2010). Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d). Bandung: Alfabeta

_______. (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed method). Bandung: Alfabeta

Venus, A. (2012). Manajemen kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Surya Dinda Putri, Dini Salmiyah Fithrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats