HEALTH AGENT AWARD SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT NUTRIFOOD INDONESIA

Amelinda Vindrayani Fuad, Susanne Dida, Kokom Komariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengecekan, dan evaluasi program Health Agent Award 2015 sebagai salah satu program corporate social responsibility PT Nutrifood Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskrptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan key informant dengan cara purposive sampling. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, program Health Agent Award 2015 diselaraskan dengan visi, misi, tujuan, dan target sasaran oleh tim Public Relations. Tahap pelaksanaan dimulai dengan seleksi proposal tim mahasiswa, briefing dan edukasi kepada para Health Agent, pengimplementasian rancangan proyek kesehatan di sekolah dasar oleh tim Health Agent, hingga awarding session di ballroom Hotel Century Park Jakarta. Tahap pengecekan dilakukan satu kali dan dalam bentuk penjurian saat kick-off program di sekolah dasar.Tahap evaluasi dilakukan dalam bentuk laporan untuk membahas kekurangan dan kelebihan program. Simpulan dari program Health Agent Award 2015 sebagai corporate social responsibility adalah, program telah dijalankan dengan baik oleh PT Nutrifood Indonesia. Saran diberikan pada tahap perencanaan CSR sebaiknya melibatkan top management. Pada tahap pelaksaan CSR, tim Public Relations lebih berperan aktif dengan menjadi mentor di lapangan bagi para tim Health Agent. Tahap pengecekan sebaiknya tidak hanya sekali, melainkan paling tidak dua minggu sekali untuk mengetahui perubahan yang terjadi di lapangan. Tahap evaluasi sebaiknya juga mempertimbangkan cara untuk sustainability program di sekolah dasar.


Keywords


Implementasi; public relations; Corporate Social Responsibility; Health Agent Award 2015; PT Nutrifood Indonesia

Full Text:

PDF

References


Arninta P. (2016, 3 Maret). PR manager pt nutrifood indonesia. Personal Interview

Faisal, S. (2007). Format-format penelitian sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Hohnen, P. (2007). Corporate Social Responsibility an implementation guide for business. Manitoba: International Institute for Sustainable Development

Lestari, E. (2014). Hubungan orientasi masa depan dengan daya juang pada siswa-siswi kelas xii di sma negeri 13 samarinda utara. eJournal Psikologi Universitas Mulawarman, 2(3), 314–326

Mayrizka, D. (2015). Strukturasi implementasi kebijakan disabilitas. Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 1(4), 1–33

Pratama, F. B. (2016, 7 Maret). ketua tim the hobbit. Personal Interview

Rakhmat, J. (2009). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rakhmawati, R., & Sani, A. (2016). Implementasi kegiatan corporate communication oleh divisi corporate secretary pt. bio farma (persero). Jurnal Profesi Humas, 1 (1), 40–52

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kunatitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung Alfabeta

Yanto, A., Rodiah, S., & Lusiana, E. (2016). Model aktivitas gerakan literasi berbasis komunitas di sudut baca Soreang. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2 (1), 107–118




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i1.11462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Amelinda Vindrayani Fuad, Susanne Dida, Kokom Komariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats