STRATEGI ASIAPR DALAM MEMPERKUAT HUBUNGAN MEDIA DENGAN FORUM WARTAWAN OTOMOTIF (FORWOT)

Fahrizal Gifari, Hadi Purnama

Abstract


Salah satu konsultan PR yang tengah berkembang di Jakarta adalah PT. Quantum Asia Corpora yang biasa disebut AsiaPR. AsiaPR adalah perusahaan yang bergerak di bidang Public Relations Consultant yakni sebagai penyedia jasa seorang public relations bagi perusahaan. AsiaPR juga telah banyak mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan media Relations, seperti salah satunya adalah dengan para wartawan otomotif. Hal tersebut dikarenakan salah satu backbone AsiaPR adalah perusahaan otomotif seperti Toyota, Daihatsu, dan Suzuki. Produk otomotif tak jarang menggunakan press conference dalam setiap peluncuran produk baru yang dimiliki dikarenakan penyampaian promosi produk otomotif harus langsung disampaikan oleh orang-orang yang mempunyai kredibilitas (informasi) tinggi. Oleh karena itu dibutuhkanlah para wartawan yang fokus pada bidang otomotif sebagai perantara perusahaan dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan konsultan public relations AsiaPR membangun hubungan dengan media, strategi yang digunakan konsultan AsiaPR dalam membangun hubungan dengan Forwot serta manfaat yang didapat saat mempunyai hubungan kuat dengan media dan Forwot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengungkapkan kegiatan-kegiatan media Relations yang dilakukan AsiaPR. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan in-depth interview, observasi, dan didukung data dokumentasi dari perusahaan. Penelitian ini menemukan tujuan dari media Relations yang dibangun konsultan AsiaPR untuk meningkatkan daya saing dan kemudahan mengakses media. Strategi yang digunakan dengan pendekatan personal antara konsultan dengan Forwot dan media secara langsung. Selain itu manfaat hubungan yang kuat dengan Forwot memberikan manfaat bagi AsiaPR dalam kegiatannya sebagai konsultan PR seperti tercapainya target media yang ditentukan klien.


Keywords


Public relations; strategi komunikasi; strategi media Relations; konsultan pr; jurnalis

Full Text:

PDF

References


Ardhoyo, T. (2013). Peran dan strategi humas (public relations) dalam mempromosikan produk perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 15-21

Artis. (2011). Strategi komunikasi public relations. Jurnal Sosial Budaya, Vol. 8, 184-197

AsiaPR. (2013). Company profile AsiaPR. Diakses dari http://asiapr.id/companyprofile/#page/1 5 Januari 2017

Berlin, M. (2016). Industri pr di asia pasifik tumbuh paling pesat. Diakses dari https://dailysocial.id/post/industripr-di-asia-pasifik-tumbuh-paling-pesat Pada 29 September 2016

Cangara, H. (2014). Perencanaan & strategi komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Cutlip, M. S., dkk. (2007) Effective public relations, Terjemahan, Edisi Kesembilan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

_________________ (2009). Effective public relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Damastuti, R. (2012). Media relations konsep, strategi & aplikasi. Yogyakarta: Andi Offeset

Forwot. (2005). About forwot. Diakses dari https://forwot.wordpress.com/about/ Pada 5 Januari 2017

Iriantara, Y. (2011). Media relations konsep, pendekatan dan praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kriyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group

Lattimore dkk. (2010). Public relations profesi dan praktik. Jakarta: Salemba Humanika

Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. (2017). Strategi public relations dalam pemulihan citra perusahaan (studi kasus rumah makan kawan baru megamas manado). Jurnal Acta Diurna, 2-11

Nova, F. (2009). Crisis public relations. Jakarta: Grasindo

Nurjaman & Umam. (2012). Komunikasi dan public relations. Bandung: Pustaka Setia

Nurudin. (2008). Hubungan media konsep dan aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Pratama, Dkk. (2012). Strategi komunikasi dalam penyebaran informasi di pt chevron pasific indonesia. Jurnal Kajian Komunikasi. Unpad: Bandung

Saputra, W & Rulli, N. (2011). Public relations 2.0: Teori dan praktik public relations di era cyber. Depok: Gramata Publishing

Utomo, P. (2005). Strategi public relations dalam pelayanan informasi. Jurnal Komunikologi Vol. 2 No. 1, 32-40

Wardhani, D. (2013). Media relations sarana membangun reputasi organisasi. Jakarta: Graha Ilmu

Yadin, D. & Jefkins, F. (2004). Public relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Zainal, Y. A. (2015). Manajemen komunikasi filosofi, konsep, dan aplikasi. Bandung: Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fahrizal Gifari, Hadi Purnama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats