Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner
Abstract
Penelitian yang berjudul ‘Penggunaan Akun Instagram sebagai Media Informasi Wisata Kuliner (Studi Virtual Etnografi pada Followers Akun @Kulinerbandung)’ bertujuan untuk Mengetahui penggunaan akun Instagram @Kulinerbandung oleh followers-nya dalam menjadikan akun tersebut sebagai informasi kuliner berdasarkan respons kognitif, afektif dan behavioral menurut Steven M. Chaffee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang dilakukan adalah virtual etnografi. Kajian virtual etnografi ini adalah sebuah pola pendekatan penelitian terhadap internet yang dilakukan tergantung bagaimana individu itu menanggapinya. Budaya yang terdapat didalam sebuah internet bisa di perluas dengan menggunakan perspektif etnografi melalui konstusi teknologi dalam konteks fenomena sosial budaya yang terkandung di dalamnya. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hasil atau perubahan respons kognitif, afektif dan behavioral dalam penggunaan akun Instagram @Kulinerbandung oleh followers-nya. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara offline dan online secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah adanya perubahan dalam respons kognitif yaitu followers mendapatkan informasi dan manfaat yang didapatkan dari akun @Kulinerbandung. Setelah mendapatkan informasi dan manfaat, followers juga mengalami respons afektif yaitu adanya perubahan emosi atau perasaan setelah melihat postingan akun @Kulinerbandung, setelah merasakan respons afektif, munculah sebuah respons behavioral yaitu adanya tindakan berwisata kuliner, dan memberikan informasi kembali setelah melihat postingan akun @Kulinerbandung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Blumer, H. (1969). Simbolic interactionism: perspective and method. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc
Creswell, J. W. (2012). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed; cetakan ke-2, Yogyakarta: PustakaPelajar
Guha, B. (2004). Documentation and information. World Press: New Delhi
Gumilar, G. &Zulfan, I. (2014). Penggunaan media massa dan internet sebagai sarana penyampaian informasi dan promosi oleh pengelola industri kecil dan menengah di bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 2 (1), 85-92
Hidayat, D. N. (2006). Pengantar komunikasi massa. Rajawali Press: Jakarta
Ipe. (2016). Personal interview
Mutmainah, S. & Fauzi, A. (2002). Psikologi komunikasi. Universitas Terbuka: Jakarta.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial, perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media: Bandung
Putri, S. D. & Fithrah, D. S. (2017). Pengaruh online marketing campaign #samyangchallenge terhadap consumer behavior digital natives pengguna youtube Indonesia. Jurnal PRofesi Humas, 1 (2), 132-141
Rakhmat, J. (1999). Psikologi komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung
Rohmah. (2016). Personal interview
Rumyeni, Lubis, Evawani, E, & Yohana, N. (2015). Penggunaan media social Facebook sebagai media komunikasi dan interaksi di kalangan siswa sekolah menengah atas negeri 12 kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6 (2), 113-190.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Penerbit Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Difa Nurhasna Ayutiani, Berlian Primadani Satria Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats