STRATEGI BAURAN PEMASARAN 99ERS 100.0 FM DALAM MEMPERTAHANKAN RATING TOP RADIO REMAJA
Abstract
Media massa radio pada saat ini begitu dibutuhkan oleh para pendengarnya, karena radio dapat didengarkan dimana saja dan kapan saja. Untuk radio segmentasi anak muda di kota Bandung tentu sangatlah banyak sehingga radio harus bersaing dengan para kompetitor untuk dapat mempertahankan rating yang dimilikinya. Oleh karena itu perlunya strategi bauran pemasaran (marketing mix) untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh radio terutama dalam mempertahankan rating radio segmentasi anak muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai elemen bauran pemasaran jasa radio yang dikenal dengan 7P yaitu product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence untuk mempertahankan top rating radio segmentasi anak muda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penulis memilih kasus Radio 99ers Bandung. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan berdasarkan masing-masing elemen bauran pemasaran. Produk yang dimiliki 99ers yaitu program dan konten siaran on air. Lokasi tempat yang sangat strategis karena di daerah Dago Bandung. Penentuan harga pada rate card menyesuaikan dengan klien. Promosi yang dilakukan yaitu advertising, public relations, word of mouth, event dan sponsorship. Partisipan yang sangat berperan banyak yaitu pendengar dan pengiklan. Proses yang dilakukan yaitu mengadakan meeting dan mengetahui jumlah pendengar setiap hari melalui web. Bukti fisik yang dimiliki yaitu id card, mobil operasional, alat programming, seragam, dan kantor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ers. (2016). Ramadhan 99ers. Rabu, 16 November 2016 pukul 16:30
Adrian, P. (2000). The essence of servies marketing: pemasaran jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. (1982). Qualitative research for education: an introduction to theory and methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc
Booms, B. & Bitner, M. (1980). New management tools for the successful tourism. Manager of Tourism Research. 7(3):337-351
Bungin, B. (2013). Metodologi penelitian sosial & ekonomi format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran. Jakarta: Kencana
Hamdani, L. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Kaelan. (2012). Metode penelitian kualitatif interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma
Lubis, M. (2017). Radio masih memiliki tempat di hati pendengarnya. Diakses dari http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2016/radio-masih-memiliki-tempat-di-hati pendengarnya.html
McColl-Kennedy, J. R., Daus, C. S., & Sparks, B. A. (2003). The role of gender in reactions to service failure and recovery, Journal of Service Research, Vol. 6, No.1, pp. 66-82
Moleong, L. J. (2006). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Nazir, M. (2005). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Patton, M. Q. (1980). Qualitative education methods. Beverly Hills: Sage Publication
Kotler, P. (1998). Dasar-dasar pemasaran 7e. Jakarta: Prentice Hall, Inc
Pramudiana, Y., dkk. (2015). Marketing plan bagaimana menganalisis dan menyusunnya. Bandung: Alfabeta
Putra, A. B., Yulianto, E., & Sunarti. (2015). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 1, 1-8
Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, 143-150
Satori, D. & Aan, K. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta
Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart bahu mall manado. Jurnal EMBA Vol 1, 71-80
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa. Yogyakarta: Andi Offset
Yanua, I. (2012). Metode penelitian sosial kualitatif. Bandung: Refika Aditama
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sheryl Vitridzky, Itca Istia Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats