Aktivitas Public Relations Angkasa Pura II Dalam Menangani Pemberitaan Negatif Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Sarah Jessica, Ayub Ilfandy

Abstract


Salah satu bandara yang memiliki aktivitas cukup padat di Indonesia adalah Bandara Internasional Soekarno – Hatta. PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta melakukan pengembangan Terminal 3 untuk menangani lonjakan penumpang yang terjadi tiap periode libur panjang. Namun, beberapa saat setelah beroperasi, masyarakat dan media kerap melaporkan beberapa keluhan terhadap fasilitas sarana dan prasarana di Terminal 3 seperti listrik mati, banjir, dan kritik dari publik figur Indonesia. Pelaporan dari masyarakat dan media menuntut adanya tindakan nyata dari seorang praktisi public relations PT Angkasa Pura II. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik in-depth interview, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana aktivitas public relations PT Angkasa Pura II dalam menangani pemberitaan negatif pada awal pembukaan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa PT Angkasa Pura II telah menjalankan aktivitas public relations dengan 5 tahapan krisis untuk mengetahui daur hidup krisis diantaranya (1) tahap pre-crisis, (2) tahap warning, (3) tahap acute crisis, (4) tahap clean-up, dan (5) tahap post-crisis. Selain itu public relations PT Angkasa Pura II juga melakukan tindakan korektif sebagai upaya mengelola krisis diantaranya (1) identifikasi krisis, (2) analisa krisis, (3) isolasi krisis, (4) pilihan strategi, dan (5) program pengendalian. Dimana dengan melakukan tindakan terhadap suatu krisis berarti PT Angkasa Pura II telah bertanggung jawab terhadap stakeholdernya sekaligus untuk melihat sejauh mana perkembangan krisis itu dalam masyarakat.


Keywords


Public relations; aktivitas public relations; krisis; tahapan krisis; pengelolaan krisis

Full Text:

PDF

References


Anandalina, C. G. & Sunarto. (2013). Aktivitas public relations pt. agung podomoro land, tbk, dalam menjalankan media relations untuk meningkatkan publisitas. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, Vol. 5, No. 1, 77-86.

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2016). Belum penuhi standar, pengoperasian terminal 3 ultimate ditunda. Diakses dari http: //www.dephub.go.id/welcome/readPost/belum-penuhi-standar,-pengoperasian-terminal-3-ultimate-ditunda. Pada tanggal 8 September 2016, 13: 17 WIB.

Bungin, B. (2013). Penelitian kualitatif komunikasi, ekonomi, kebijakan publik dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset: memilih di antara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iqbal, F. (2014). Komunikasi dalam adaptasi budaya. Jurnal Komunikasi Profektif. Vol. 7, No. 2, 65-76.

Jefkins, F. (2004). Public relations. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. (2000). Manajemen public relations: konsep dan aplikasinya di indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Mukhtar. (2013). Metode penelitian deskriftif kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Nova, F. (2009). Crisis public relations: strategi pr menghadapi krisis, mengelola isu, membangun citra dan reputasi perusahaan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ruslan, R. (2007). Manajemen public relations dan media komunikasi: konsepsi dan aplikasi (edisi revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Suherli, U. R. (2015). Peran humas dalam mengelola konflik. Jurnal Komunikasi Profektif. Vol. 8, No. 1, 79-91.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Widodo, H. B. (2009). Peran humas pemerintah daerah dalam kasus penambangan pasir besi di kabupaten kulon progo. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 7, No. 2, 189-197.

Yogi, G. P. (2016). Emergency response plan garuda indonesia. Jurnal PRofesi Humas.Vol. 1 No. 1, 65-77.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.12087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sarah Jessica, Ayub Ilfandy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats