STRATEGI REBRANDING ZORA RADIO

Dini Safitri Istiqamah Bantilan, Roro Retno Wulan, Indra N. A Pamungkas

Abstract


Persaingan di dunia bisnis yang semakin hari semakin ketat mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk terus melakukan upaya agar dapat tetap bertahan di industri yang digelutinya. Radio sebagai salah satu media massa populer di Indonesia juga tidak lepas dari tingginya tingkat persaingan dalam memperebutkan pasar. Meskipun suatu produk telah memiliki merek yang dikenal oleh khalayak luas, titik kejenuhan pada tingkat kedewasaan dalam siklus hidup suatu produk terkadang mengharuskan perusahaan untuk melakukan perubahan-perubahan agar tetap mampu memiliki daya saing. Perubahan yang dilakukan terhadap merek ini dikenal dengan rebranding. Salah satu kasus rebranding pada radio adalah rebranding yang dilakukan oleh Zora Radio. Pada tahun 2014, Zora Radio yang merupakan salah satu radio di Kota Bandung yang melakukan rebranding yang ditandai dengan perubahan segmenting menjadi radio muda. Perubahan ini diikuti dengan perubahan-perubahan lainnya yang tidak terlepas dari proses penetapan strategi dalam pelaksanaan rebranding. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi rebranding dari Zora Radio dengan melihat melalui tiga tahapan utama strategi yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, tahap perencanaan strategi rebranding Zora Radio dilakukan dengan menetapkan tujuan, identifikasi kekuatan dan kelemahan internal, identifikasi peluang dan ancaman eksternal, serta penetapan jangka waktu bagi strategi. Tahap implementasi diwujudkan melalui empat elemen utama rebranding yaitu repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching. Tahap akhir yaitu evaluasi dilakukan dengan memantau feedback dari berbagai sumber. 


Keywords


Strategi; merek; rebranding; radio; studi kasus

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2014). Research designed pendekatan kualitatif dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan” dengan menetapkan alumni dan mahasiswa universitas bina nusantarasebagai objek penelitian. Jurnal Binus Business Review Vol 3, 882-897

Ikbar, Y. (2012). Metode penelitian sosial kualitatif. Bandung: Refika Adikana

Mulyawan, A. (2012). Strategi komunikasi pemasaran trans studio bandung dalam menumbuhkan minat konsumen untuk berkunjung. eJournal mahasiswa universitas padjadjaran Vol. 1, No. 1. Diakses dari https: //jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1849/pdf_36 tanggal 29 Mei 2016

Muzellec, L. Doogan, M. & Lambkin, M. (2003). Corporate rebranding: an exploratory review. Irish Marketing Review. Vol. 16 No. 2 pp. 31. Diakses dari https://search.proquest.com/openview/77cf46f50763da640e552d1d2dea72d0/1?pq-origsite=gscholar&cbl=30722

Prayudi & Juanita. (2005). Strategic corporate communication dalam proses repositioning dan rebranding. Jurnal Ilmu Komunikasi Yogyakarta Vol. 2 No. 2 pp. 159-176. Diakses dari http://www.e-jurnal.com/2014/05/strategic-corporate-communication-dalam.html

Priyatmoko, R. (2016). Tingkat kesadaran pramuwisata terhadap branding wonderful indonesia dan pesona indonesia: strategi pemasaran destinasi pariwisata. Jurnal Destinasi Kepariwisataan Indonesia Vol 1, 83-102

Sedarmayanti. (2014). Manajemen strategi. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i1.12110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dini Safitri Istiqamah Bantilan, Roro Retno Wulan, Indra N. A Pamungkas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:     Editorial Office of PRofesi Humas: Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only) Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
 
PRofesi Humas Supervised by: View My Stats