Konstruksi Citra Anggota Komunitas Virtual pada Bigo Live

Aftri Mardianti Fitria, Arie Prasetio

Abstract


Media sosial terus berkembang membuat interaksi di ruang siber semakin terasa nyata dengan perkembangan fitur yang disediakan oleh media sosial. Bigo Live merupakan media sosial yang muncul di Indonesia pada tanggal 1 Juni 2016 dengan konten live video streaming. Media sosial ini menjadi lebih banyak diminati karena penggunanya dapat mendapatkan penghasilan dari melakukan live. Interaksi sosial yang terjadi di Bigo Live memunculkan fenomena terbentuknya komunitas virtual, salah satunya adalah komunitas virtual KCM (Keluarga Cemara). Jenis penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi yang dilakukan secara online maupun offline. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang terdiri dari lima anggota KCM dan satu orang konsultan media digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif, interaksi sosial, dan proses pengelolaan kesan dalam komunitas virtual berdasarkan interaksi sosial yang dilakukan oleh pengguna media sosial Bigo Live. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana motif pengguna Bigo Live yaitu ingin mencapai nilai sosial, nilai psikologis, dan nilai material. Interaksi sosial yang terjadi dalam komunitas virtual KCM di Bigo Live di dasari oleh faktor imitasi, faktor sugesti, dan faktor simpati di mana menghasilkan berbagai simbol yang dimaknai bersama sehingga menjadi dasar dalam melakukan interaksi sosial di Bigo Live yang membentuk citra anggota KCM. Tidak hanya itu, terdapat berbagai varietas bahasa yang muncul baik yang berasal dari perangkat maupun dari interaksi sosial yang terjadi di Bigo Live.


Keywords


Konstruksi citra; pengelolaan kesan; interaksi sosial; motif; varietas bahasa

Full Text:

PDF

References


Alif, M., Nasution, S. H., & Rohadji, F. (2008). Pengaruh jenis bahasa narasi dan bentuk pesan visual video terhadap peningkatan pengetahuan tentang penyakit Chikungunya pada siswa SMAN 1 Ciampea. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 06(1), 1–13.

Anwar, Y., & Adang. (2013). Sosiologi untuk Universitas. Bandung: Refika Aditama.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan akun instagram sebagai media informasi wisata kuliner. Jurnal PRofesi Humas, 3(1), 39–59.

Benedictus, A.S (2010). Konstruksi diri dan pengelolaan kesan pada ruang riil dan ruang virtual. Jurnal ASPIKOM, 1(1), 26–40.

Effendy, O. U. (2001). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Karya.

Elbadiansyah, U. (2014). Interaksionisme simbolik: dari era klasik hingga modern. Jakarta: Rajawali Pers.

Gerungan, W. A. (2010). Psikologi sosial. Bandung: Refika Aditama.

Hine, C. (2001). Virtual ethnography. London: SAGE Publications Inc.

Junaedi, F. (2010). Relasi terorisme dan media. Jurnal ASPIKOM, 1(1), 15–40.

Mulyana, D. (2008). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasrullah, R. (2014). Teori dan riset media siber (cybermedia). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nugraha, A. R., Yustikasari, & Koswara, A. (2017). Branding kota Bandung di Era Smartcity. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–16.

Pattipeilohy, E. M. (2015). Citra diri dan popularitas artis. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(1), 22–32.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007a). Dasar-dasar public relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007b). Dasar-Dasar Public Relations (Satu). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Walgito, B. (2011). Teori-teori psikologi sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Zuhdi, N. (2010). Analisis semiotik iklan layanan masyarakat JAMKESMAS. UIN Sunan Ampel. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/28974/




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.12918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aftri Mardianti Fitria, Arie Prasetio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats