Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Program Corporate social responsibility (CSR) yang dilaksanakan oleh PT Indocement Tunggal Perkasa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah penerima program Pendampingan Kelompok Batik Pewarna Alam Ciwaringin yang berjumlah 77 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji F-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program corporate social responsibility pada dimensi memperoleh skor rata-rata tertinggi yaitu directionary, hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat mengganggap bahwa keberadaan perusahaan memberikan manfaat bagi mereka. Sedangkan dimensi yang memperoleh skor rata-rata terendah adalah personality yang berarti masyarakat belum memahami perusahaan seperti perusahaan dapat dipercaya. Maka dari itu, semakin baik program corporate social responsibility maka semakin baik pula citra perusahaan di masyarakat. oleh karena itu, Perusahaan diharapkan untuk terus mempertahankan program pendampingan kelompok batik pewarna alam Ciwaringin dan meningkatkan komunikasi kepada publiknya, sehingga upaya penyampaian program corporate social responsibility untuk membentuk citra positif perusahaan akan tercapai dengan baik. Sebagai dampak dari CSR yang dilakukan oleh perusahaan kegiatan ini mendapat respons yang positif dari masyarakat sekitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, E. & Soemirat, S. (2010). Dasar-dasar public relations. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto. S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Carroll, S. J. & H. I. Tosi. (1970). Goal characteristics and personality factors in a management by objectives program. Administrative Science Quarterly, 15 (1970), pp. 295-305.
Fuad, A. V. (2017). Health agent award sebagai corporate social responsibility pt. nutrifood indonesia. Jurnal PRofesi Humas.Vol. 2 No. 1, 37-44.
Hikmat, M. M. (2011). Metode penelitian; dalam perspektif ilmu komunikasi dan sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jamali, D. (2008). A stake holder approach to corporate social responsibility: a fresh perspective into theory and practice. Journal of Business Ethics, DOI 10.1007/s10551-007-9572-4.
Kartini, D. (2009). Corporate social responsibility transformasi konsep sustainability management dan implementasi di indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Kotler, P. & Lee, N. (2005). Corporate social responsibility: doing good for your company and your cause. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Kriyantono, R. (2010). Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana.
Lako, A. (2011). Dekonstruksi csr dan reformasi paradigma bisnis & akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Moir, L. (2001). What do we mean by corporate social responsibility?. Corporate Governance: The International Journal Of Business In Society, Vol. 1 Iss 2 pp. 16 – 22.
Nugraha, A. R. (2015). Implementasi kegiatan corporate social responsibility “go green economic” berbasiskan kearifan lokal. Jurnal Komunikasi. Vol. 7, No. 2, 118-128.
Nurjanah. (2013). Pengelolaan corporate social responsibility dalam membangun citra perusahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 2, No. 2, 73-82.
Rajasekhara M. P. Y. B. K. M. (2010). Corporate social responsibility: a study of kazakhstan corporate sector. Social Responsibility Journal, Vol. 6 Iss 1 pp. 33 – 44.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian administrasi dilengkapi dengan metode r&d. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sutojo, S. (2004). Membangun citra perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.
Walhi. (2014). Tercabutnya Hak Atas Jaminan Lingkungan yang Baik dan Sehat dalam Kehidupan Masyarakat. Diakses dari http://walhi.or.id/2014/23/tercabutnya-hak-atas-jaminan-lingkungan-yang-baik-dan-sehat-dalam-kehidupan-masyarakat.html.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.13115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rully Rahmayani, Hana Silvana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats