Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial
Abstract
Kegiatan promosi adalah salah satu hal terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis untuk memasarkan produk/jasa. Sejalan dengan berkembangnya teknologi yang ada saat ini, strategi dalam melakukan pemasaran pun juga mulai berubah ke arah yang lebih modern, yaitu dengan teknologi internet, atau yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing. Beragam jenis media sosial dan karakteristiknya dapat menjadi alternatif untuk melakukan promosi digital bisnis kuliner. Banyaknya kemudahan dan fungsi dalam penggunaan media digital, telah mendorong banyak pengusaha dalam bidang usaha kuliner untuk ikut serta dalam memanfaatkan fasilitas media digital sebagai sarana promosi produk-produknya. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi.Media sosial yang sering digunakan adalahFacebook dan Instagram, berdasarkan survei emarketer yaitu sebesar 87,5% untuk facebook dan 69,2% untuk Instagram, tentang tren penggunaan media sosial. Fakta inilah yang juga disadari oleh Kika’s Catering, salah satu bisnis kuliner yang menggunakan media sosial untuk kegiatan promosinya. Namun beragam jenis media sosial yang ada tentu memiliki sifat, karakteristik, ciri khas, konten, bahkan tujuan yang berbeda pula. Menggunakan media sosial yang tidak tepat dapat menyebabkan kegiatan promosi menjadi tidak efektif. Konten promosi menjadi hal penting dalam menggunakan media sosial yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemetaan konten promosi digital bisnis kuliner di Facebook dan Instagram.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam melakukan kegiatan promosi digital adalah mendefinisikan target konsumen, dan penggunaan konten promosi. Konten yang tepat digunakan pada Instagram adalah visual/image dan hashtag.Sedangkan untuk Facebook adalah photo album, teks, dan fanpage.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A. (2014). Culture and Social Media : An Elementary Textbook. Cambridge: Scholar Publishing
Aljawiy, A. Y. & Muklason, A.(2011). Jejaring sosial dan dampak bagi penggunanya. Program studi Sistem Informasi Unipdu, Jombang. Jurnal Ilmiah “Teknologi”
Basrowi. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Biagi, S. (2005). Media impact an introduction to mass media (7th ed). California: Thomas Wadsworth
Boone, L. E. & David L. K. (2005). Contemporary marketing. Thomson South Western, Ohio, USA
Darmawan. (2015). Content marketing: panduan pemula dalam melakukan pemasaran konten.www.panduanim.com/content-marketing/diakses pukul 06:25 WIB pada hari Kamis, 25 Januari 2018
Emarketer diakses dari https://www.emarketer.com/Article/Indonesia-Facebook-Remains-Most-Popular-Social-Site/1014126
Fajarini, S. D. (2016). Efektivitas penggunaan aplikasi instagram sebagai media komunikasi pemasaran bisnis online shop. Universitas Bengkulu
Flew.(2005). New media : an introduction. 2nd edition. New York: Oxford University Press
Gustam, R. R. (2015).Karakteristik media sosial dalam membentuk budaya populer korean pop di kalangan komunitas samarinda dan balikpapan. eJournal Ilmu Komunikasi
Hughes, C. (1999). The relationship of use of the internet and loneliness among college students. Boston College
Jauhari, J. (2014). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (ukm) dengan memanfaatkan e-commerce.Jurnal Sistem Informasi, 2 (1)
Juju, D.& Feri, S.(2010). branding promotion with social networks. Jakarta: Elex Media Komputindo
Kaplan, A. M.& Haenlein, M. (2010). users of the world, unite! the challenges and opportunities of social media. Business Horizons
Kotler, P.& Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lasmadiarta, M. (2011). Extreme facebook marketing for giant profits. Jakarta: Elex Media Komputindo
Listiani, E. (2016). Peran instagram dalam pemasaran bagi dunia usaha. Pangkalpinang: Prosiding The Power of Communication Conference 2016
Mc. Quail, D. (1987). Teori komunikasi massa. Jakarta: Erlangga
Mulyana, D. (2000). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Pengguna media sosial aktif di dunia tahun 2015. diakses dari http://wearesocial.sg
Prihantoro, E. (2016). Akun instagram dagelan sebagai media promosi brand dan bisnis lokal indonesia. pangkalpinang:Prosiding The Power of Communication Conference 2016
Purwanto, J. (2006). Komunikasi bisnis. Jakarta: Erlangga
Rakhmat, J. (2002). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saepudin & Darmawati, W. (2016). Penggunaan media sosial twitter dalam pembentukan dimensi ekuitas merek l-men. pangkalpinang:Prosiding The Power of Communication Conference 2016
Salman & Candrasari, S. (2016). Perilaku pembelian pada komunikasi pemasaran digital.pangkalpinang: Prosiding The Power of Communication Conference 2016
Scott, D. M. (2010). New rule of marketing and pr : how to use social media, blogs, news releases, online video, and viral marketing to reach buyers directly
Strauss, J. &Raymond, F. (2001). E-marketing. second edition. Englewood Cliffs: Prentice Hall
Zarela, D. (2010). The social media marketing book. Canada: O’Reilly Media Inc
Zinaida, R. S. (2016). Upaya pengenalan produk kuliner lokal melalui bauran komunikasi pemasaran digital. Pangkalpinang: Prosiding The Power of Communication Conference 2016
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yuni Tresnawati, Kurniawan Prasetyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats