Strategi Perencanaan Humas Media Sosial Radio OZ sebagai Upaya Transformasi Pendengar
Abstract
Radio memiliki banyak manfaat, dengan menggunakan radio informasi dapat disampaikan dengan cepat ke masyarakat. Manfaat lainnya dari penggunaan radio adanya jangkaunya yang luas dan menghibur karena memiliki keunggulan yakni suara. Persaingan radio saat ini sangat kuat, ditambah dengan kehadiran media sosial, dimana banyak masyarakat saat ini menggunakan media sosial untuk mencari dan menyebarkan informasi. Perkembangan media sosial juga dirasakan oleh Radio OZ. Pada masanya, Radio OZ sangat populer di kalangan remaja bahkan menjadi referensi gaya hidup remaja masa kini. Agar mampu bersaing di era yang kompetitif, Radio OZ menggunakan digital marketing untuk menjangkau pendengarnya. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan bagaimana menggunakan digital marketing dalam hal ini media sosial dengan perencanaan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, untuk menggambarkan hasil penelitian secara mendalam. Adapun hasil penelitian menemukan enam langkah menggunakan media sosial dengan baik. Enam langkah tersebut adalah analisis situasi, penentuan tujuan, menentukan target, memilih strategi, taktik, dan yang terakhir adalah menyusun waktu penggunaan. Perkembangan digital marketing dalam wujud media sosial memberikan kemudahan bagi pengelola media penyiaran untuk mengkomunikasikan transformasi kepada pendengarnya. Namun demikian tetap harus memperhatikan langkah-langkah pemanfaatan media sosial di antaranya pemahaman situasi dengan mengedepankan penelitian sebagai radar akan kebutuhan pendengar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andiny, N. D., Nurhayati, I. K., & Rahmasari, G. (2018). Efektivitas akun komunitas instagram @1000_guru_bdg dalam pemenuhan kebutuhan informasi followers. PRofesi Humas, 3(1), 81–101.
Ayutiani, D. N., & Berlian Primadani Satria Putri. (2018). Penggunaan Akun Instagram sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas, 3(1), 35–59.
Butar-Butar, C. R., & Ali, D. S. F. (2018). Strategi personal branding selebgram non selebriti. PRofesi Humas, 2(2), 86–101.
Harris, L. T. (1991). The marketer’s guide to public relations: how today’s top companies are using the new pr to gain a competitive edge. United States Of America: John Wiley and Sons, Inc.
Luttrell, R. (2015). Social media:how to engage, share and connect. United States of America: Rowman dan Littlefield.
Moleong, J. L. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhadjir, N. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Rakhmat, J. (2007). Metode penelitian komunikasi: dilengkapi dengan contoh analistik statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Red Ant. (2013, September). Planning and Managing a Digital Strategy. https://doi.org/10.2337/dc06-2192.
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative digital marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Suryani, I. (2014). Pemanfaatan media sosial sebagai media pemanfaatan produk dan potensi indonesia dalam upaya mendukung asean community 2015. Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. Retrieved from https://doi.org/1907-898X
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, 3(1), 102–119.
Zulfikar, A. (2017). Pengaruh social media marketing terhadap brand trust pada followers instagram dompet dhuafa cabang yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 279–294.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.15711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Paramitha Wydaswari, Susanne Dida, FX Ari Agung Prastowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats