Pembuatan Tabloid Dinamis Oleh Bagian Humas Setda (Sekretariat Daerah) Kabupaten Ciamis
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari pengelolaan Tabloid Dinamis yang dilaksanakan oleh bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Objek penelitian adalah Tabloid Dinamis. Tabloid Dinamis merupakan sebuah media komunikasi internal pemerintahan Kabupaten Ciamis untuk publiknya sebagai penyampai informasi pembangunan Kabupaten Ciamis. Proses pembuatan Tabloid Dinamis dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu: tahap sebelum produksi Tabloid Dinamis meliputi perencanaan isi dan rubrikasi, pengumpulan informasi Tabloid Dinamis dan proses desain dan layout. Tahap produksi Tabloid Dinamis meliputi frequency, quantity dan proses percetakan Tabloid Dinamis. Tahapan setelah Produksi Tabloid Dinamis meliputi proses peliputan dan evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Humas Setda (Sekretariat Daerah) Kabupaten Ciamis dalam “Pengelolaan Tabloid Dinamis sudah melakukan tahapan-tahapan pengelolaan media dengan baik yaitu meliputi tahap sebe;um produksi, tahap produksi dan tahap setelah produksi. Saran dalam penelitian ini adalah agar lebih efektif sebaiknya memanfaatkan keadaan yang ada seperti pada saat peliputan acara pasti ada protokoler atau staf dari bagian lain yang hadir, lebih baik bekerjasama dengan staf lain untuk proses peliputan sehingga berita tetap didapatkan meskipun tim peliput tidak ada di lokasi yang sama perlu dibuatnya rubrikasi yang pasti dan baik agar informasi yang disajikan dapat terpilah dan pembaca dapat mencerna dan mencari informasi dengan lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bappeda. (2015). Profile Ciamis, [rar (pdf)] (http://ciamiskab.go.id/profile/ (diakses tanggal 10 April 2017)
Damayanti, T. & Perbawasari, S. (2013).Persepsi mahasiswa tentang posisi strategis profesi public relations. Jurnal Kajian Komunikasi, 1 (1), 69-82.
Effendy, O. U. (2006). Hubungan masyarakat: suatu studi komunikologis. Bandung: Remaja Rosda Karya
Hadiman, I. (2008). Inhouse magazine. Jakarta: GAUL Publishing
Jefkins, F. (2004). Public relations. Jakarta: Erlangga
Memet, H. (2017). Personal Interview
Rakhmat, J. (2009). Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rizkahaj, H. P. & Wahyuni, I. I. (2017). Analisis promotion mix puspa iptek sundial kota baru parahyangan. Jurnal PRofesi Humas, 2 (1), 45-56.
Ruslan, R. (2012). Manajemen public relations dan media komunikasi: konsepsi dan aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Ruslan, R. (2013). Kiat dan strategi kampanye public relations. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Siregar, A. (2004). Bagaimana mengelola Media korporasi organisasi. Yogyakarta: Kanisius
Soemirat, S & Ardianto, E. (2012). Dasar-dasar public relations. Bandung: Remaja Rosdakarya
Susanto, E. H. (2013). Undang-undang keterbukaan informasi publik dan penyelenggaraan pemerintahan. Jurnal Komunikator. 5 (1), 53-58
Yulianita. N. (2012). Dasar-dasar public relations. Bandung: Pusat penerbitan universitas lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Islam Bandung (P2U-LPPM UNISBA)
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.16468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Deni Herdiansah, Yanti Setianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats