Strategi promosi dan komunikasi “UIN SUSKA Mengajar” dalam meningkatkan kesadaran publik mengenai pendidikan

Marda Al Hayyuni, Genny Gustina Sari

Abstract


UIN SUSKA Mengajar adalah nama sebuah komunitas yang kini sudah menjadi bagian dari unit kegiatan mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. UIN SUSKA Mengajar merupakan suatu gerakan peduli pendidikan anak pedalaman dengan cara melahirkan relawan, membina relawan-relawan yang tanggap dan peduli terhadap masalah pendidikan di daerah pedalaman dan menjembatani aspirasi anak-anak pedalaman agar dapat diperhatikan pemerintah. Tujuan dari UIN SUSKA Mengajar adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak pedalaman yang tidak terjamah oleh pemerintah. Daerah Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau merupakan salah satu daerah yang saat ini menjadi fokus daerah pengembangan pendidikan UIN SUSKA Mengajar. Penelitian ini membahas bagaimana strategi promosi dan komunikasi yang dilakukan oleh UIN SUSKA Mengajar dalam menjalin hubungan dengan masyarakat di Provinsi Riau agar dapat meningkatkan kesadaran pendidikan dan sekaligus membantu pendidikan anak-anak daerah pedalaman yang tidak terjangkau oleh pemerintah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian ini adalah strategi promosi dan komunikasi UIN SUSKA Mengajar dalam meningkatkan kesadaran pendidikan publik adalah dengan memfokuskan 4 (empat) elemen komunikasi, yaitu elemen komunikator yang memiliki kriteria kreadibilitas komunikator, daya tarik komunikator, dan penguasaan komunikator. Kedua, elemen komunikan yaitu latar belakang pendidikan, latar belakang agama, dan jenis kelamin. Ketiga, elemen strategi penyampain pesan yang dilakukan adalah dengan melakukan penekanan pada inti pokok pesan. Keempat adalah elemen pemilihan media, yaitu dengan memilih media cetak dan media sosial berupa Website, Instagram, Facebook, dan Whatsapp sebagai sarana membantu penyebaran informasi dan komunikasi.


Keywords


Promosi; komunikasi; kesadaran, pendidikan; publik

Full Text:

PDF

References


Andryani, K. (2015). Budaya, identitas, dan media lokal. Jurnal Profetik, 8(2), 5–14.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bagong, S. dan S. (2006). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Bappenas. (2006). Seminar Nasional Percepatan Pembangunan Sosial Ekonomi Daerah Tertinggal. Jakarta.

Bungin, B. (2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cangara, H. (2014). Perencanaan& Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

D.K, Wright dan Hinson, M. (2010). An analysis of new communication media use in public relation : Result of five-year trend study. Public Relations Journal, 4(2).

Djuwendah, E. (2013). Strategi Pengembangan Daerah Tertinggal Di Kabupaten Garut.

Effendy, O. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kalisaya, I. (2017). Aspirasi Pendidikan Masyarakat, Di Daerah Terpencil Desa Bugelan,Kisantoro, Wonogiri. Jurnal Kebijakan Pendidikan, VI(3).

Kosasih, E. J., Setianti, Y., & Wahyudin, U. (2017). Pengaruh kredibilitas petugas terhadap sikap kepatuhan pasien tuberkolosis pada pemeriksaan dahak. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 1–10.

Marta, R. (2016). Proses perencanaan komunikasi pada pemasaran properti PT Era Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 52–62.

Moleong, J. L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall Footprint and Biocapacity Analysis for Flooding Prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.

Uswatun, N. (2017). Studi resepsi khalayak terhadap pemberitaan Syariat Islam pada Kompas.Com. Jurnal Komunikasi Global, Volume 6,(1), 74–89. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JKG/article/view/9195

Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi. Jurnal Komunikasi Islam, 05(01), 51–82.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.17783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Marda Al Hayyuni, Genny Gustina Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats