Pendekatan intercultural communication pada public relations PT Santos dalam membangun komunikasi empati
Abstract
Fenomena yang diteliti tentang komunikasi yang dibangun oleh public relations PT Santos. Pada praktiknya komunikasi tidak berjalan baik sehingga diperlukan pendekatan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan komunikasi antara public relations Santos dengan masyarakat Gili Genting Madura Provinsi Jawa Timur. Untuk menemukan tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan studi etnografi public relations. Studi ini berfokus pada perilaku komunikasi untuk membangun hubungan. Dalam hal ini adalah komunikasi empati public relations dalam membangun hubungan dengan masyarakat Gili Genting. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam yang melibatkan delapan orang informan. Adapun teori yang digunakan yaitu teori public relations budaya, komunikasi empati dan manajemen hubungan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan komunikasi empati public relations PT Santos, dipengaruhi oleh budaya lokal. Budaya sebagai konteks komunikasi untuk memahami situasi masyarakat setempat. Hal ini dilakukan melalui kegiatan analisis situasi. Selanjutnya, public relations membuat perencanaan komunikasi meliputi pembuatan program, sosialisasi program, dan evaluasi program. Pendekatan yang dilakukan melalui keterlibatan secara langsung dengan kegiatan masyaraat. Public Relations menyesuaikan diri, melakukan adaptasi dengan lingkungan setempat. Penyesuaian meliputi bahasa dan gaya berpakaian. Hal ini sangat membantu perolehan data yang dapat dijadikan sebagai dasar pembuatan dan sosialisasi program. Keterlibatan diri dengan menposisikan sebagai anggota masyarakat setempat merupakan bagian dari upaya komunikasi empati yang dibangun oleh public relations. Komunikasi ini dilandasi oleh rasa percaya dan keterbukaan sehingga dapat membangun relasi budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggita, I., & Adha, N. (2010). Sikap dan Intensi Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Bisnis: The Attitude and Intention of Internet Utilization for Bussines. Jurnal Sosiologi Pedesaan (Sodality), 04(03), 380–389.
Ardianto, E. (2013). Handbook of public relations; pengantar komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Fuad, A. V., Dida, S., & Komariah, K. (2017). Health agent award sebagai corporate social responsibility PT Nutrifood Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat (Profesi Humas), 2(1), 37–44.
Gassing, S., & Suryanto. (2016). Public relations. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Grunig, J. E. (2010). Journal of public relations furnishing the edifice : ongoing research on public relations As a Strategic Management Function. Journal of Public Relations Research, (September 2013), 37–41. http://doi.org/10.1207/s1532754xjprr1802
Hidayat, D. (2012). Komunikasi antarpribadi dan medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hidayat, D. (2014). Media public relations. Jogjakarta: Graha Ilmu.
Hidayat, D., Kuswarno, E., & Zubair, F. (2017). THE IPPAR model sebagai komponen etnografi pr pada kajian public relations berbasis budaya. Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jogjakarta, 15(April), 60–72.
Hidayat, D., Kuswarno, E., Zubair, F., & Hafiar, H. (2018). Public relations communication behavior through a local-wisdom approach : the findings of public relations components via ethnography as methodology. Malaysian Journal of Communication, 34(3), 56–72.
Hidayat, D., & Suhartini, T. (2018). Community empowerment dan product branding “ SEKHUIT .” Jurnal Ilmu Komunikasi Efek (JIKE), 1(2), 41–58.
Ibrahim, I. S. (2004). Sirnanya komunikasi empatik. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Jandt, F. E. (2013). An Introduction to Intercultural Communication; Identities in a Global Cummunity. SAGE Publication.
Jessica, S., & Ilfandi, A. (2018). Aktivitas public relations Angkasa Pura II dalam menangani pemberitaan negatif terminal 3 bandara Soekarno-Hatta the activity of public relations of Angkasa Pura II in handling negative tews terminal 3 Soekarno – Hatta Airport. Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat (Profesi Humas), 2(2), 119–135.
Johnston, K. A. (2010). Community engagement: Exploring a relational approach to consultation and collaborative practice in Australia. Journal of Promotion Management, 16(1–2), 217–234. http://doi.org/10.1080/10496490903578550
Johnston, K. A. (2014). Public relations and engagement : theoretical imperatives of a multidimensional concept public relations and engagement : theoretical imperatives of a multidimensional concept. Journal of Public Relations Research, (November). http://doi.org/10.1080/1062726X.2014.959863
Ma’arif, S. (2015). The history of MADURA. Yogyakarta: Araska.
Makmun, S. (2013). Memahami orang lain melalui keterampilan mendengar secara empatik. HUMANIORA, 4(45), 422–431.
Morrisan. (2008). Manajemen public relations. Jakarta: Prenada Media Group.
Rahmayani, R., & Silvana, H. (2018). Program corporate social responsibility (csr) pada PT Indocement Tunggal coprporate social responsibility ( csr ) programs in PT Indocement Tunggal. Jurunal Ilmiah Hubungan Masyarakat (Profesi PR), 2(2), 186–202.
Rodríguez-salcedo, N., & Gómez-baceiredo, B. (2017). A herstory of public relations : teresa dorn, from scott cutlip to burson-marsteller europe (1974 – 1995) a herstory of public relations: Teresa Dorn, from Scott Cutlip to. Journal of Public Relations Research, 29(1), 16–37. http://doi.org/10.1080/1062726X.2016.1271983
Ruslan, R. (2015). Metodelogi penelitian public relations dan komunikasi. Depok: Rajawali Pers.
Sentosa, A. T. (2015). Pola komunikasi dalam proses interaksi sosial. Ilmu Komunikasi, 3(3), 491–503.
Taylor, M., Kent, M. L., Taylor, M., & Kent, M. L. (2014). Dialogic engagement: clarifying foundational concepts. Journal of Public Relations Research, (November), 37–41. http://doi.org/10.1080/1062726X.2014.956106
Wirtz, J. G., & Zimbres, T. M. (2018). A systematic analysis of research applying‘ principles of dialogic communication’ to organizational websites , blogs , and social media : Implications for theory and practice media : Implications for theory and practice. Journal of Public Relations Research, 00(00), 1–30. http://doi.org/10.1080/1062726X.2018.1455146
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.18626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Neng Yayu, Anisti Anisti, Dasrun Hidayat, Mahardiansyah Suhadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats