Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Clothing Line di Instagram

Rini Anisyahrini, Atwar Bajari

Abstract


Kota Bandung merupakan tempat berkembang industri kreatif clothing line. Clothing line berupaya membuat, memasarkan dan membangun merek sendiri dalam industri fashion di Instagram.Salah satu clothing line yang menggunakan Instagram adalah @nadjaniindonesia. Penggunaan Instagram tersebut meliputi; pengelolaan akun, membuat capture dan caption, dan management posting yang digunakan dalam akun Instagram sebagai upaya strategi pemasaran. Penelitian ini berupaya menjelaskan; (1) Strategi komunikasi pemasaran akun Instagram @nadjaniindonesia, (2) Pengelolaan akun Instagram @nadjaniindonesia, (3) Proses membuat capture dan caption (4) Management posting akun Instagram @nadjaniindonesia. Penelitian ini menggunakan Studi Kasus untuk menjelaskan strategi komunikasi pemasaran clothing line melalui Instagram. Objek penelitian adalah seluruh aktivitas pengelolaan akun Instagram @nadjaniindonesia.Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Strategi komunikasi pemasaran dengan meng-endorse “selebgram” dan pemilik merek diendorse menjadi selebgram. Selanjutnya mereka memberikan give away dan kuis, (2) Pengelolaan akun dilakukan oleh pemilik brand dengan tim digital marketing dan website dimana mereka telah menyediakan anggaran untuk promosi, (3) Proses capture foto dan Captions dibuat oleh pemilik brand dan tim digital marketing dan website. Capture foto dan video menggunakan model pemilik brand dan model professional yang ditangani oleh fotografer berpengalaman, (4) Pemilik brand dan tim digital marketing dan website berusaha mengelola posting, mem-follow up dan menjawab setiap komentar dan pertanyaan dari follower. Selanjutnya aktivitas capture foto dan captionsdengan gambar pemilik yang sedang traveling, cenderung mendapatkan respons untuk di “love” dan dikomentari tinggi oleh pembaca serta mendorong pembelian produk.

Keywords


Caption; capture; clothing line; instagram; strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Banisalam, K. (2012). How to start a small business clothing line to be run efficiently with minimum capital and maximum profit (Vol. 1). San Luis Obispo.

Butar Butar, C. R. & Ali, D. S. F. (2018). Strategi personal branding selebgram non selebriti. Jurnal PRofesi Humas, 2(2), 86–101.

Engel, J. F., Balckwell, R. D., & Miniard, P. W. (1996). Perilaku konsumen. (F. X. Budiyanto, Ed.). Jakarta: Binarupa Aksara.

Fitriyana, F. (2012). Pengembangan Bandung kota kreatif melalui kekuatan kolaboratif komunitas. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota B SAPPK, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1007/s10586-015-0510-4

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan instagram sebagai sarana promosi oleh pengelola industri kreatif fashion di kota Bandung. JIPSi, 5(2), 77–84.

Herman, J., Butow, E., & Walker, C. (2018). Instagram for business, 1–35.

Kitchen, P. J., Kim, I., & Schultz, D. E. (2008). Integrated marketing communications: practice leads theory. Journal of Advertising Research, 48(4), 531–546. https://doi.org/10.2501/S0021849908080513

Kotler, P. (2000). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol (8th ed.). Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (1997). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Rahastine, M. P. (2017). Strategi komunikasi pemasaran the flat shoes company dalam menghadapi persaingan bisnis online. Jurnal Komunikasi, VIII(2), 81–91.

Rahmawati, D. (2016). Pemilihan dan pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran on-line. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rhee, Y. (2004). The employee public organization chain in relationship management: a case study of a goverment organization. University of Maryland.

Riel, A. C. R. V. (2005). Marketing antecedent of industrial brand equity: an empirical investigation in spesialty chemical. In Industrial Marketing Management (Vol. 1, pp. 841–847).

Schultz, D. E., & Kitchen, P. J. (1997). Integrated marketing communications in U.S. Advertising Agencies: an exploratory study. Journal of Advertising Reserach, 37(5), 7–18.

Schultz, D. E., & Kitchen, P. J. (2000). A response to “theoretical concept or management fashion’. Journal of Advertising Reserach, 40(5), 17–21.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.18920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rini Anisyahrini, Atwar Bajari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats