Komunikasi pariwisata budaya dalam mempromosikan city branding “Siak the truly Malay”

Noor Efni Salam, Nurjanah Nurjanah

Abstract


Kabupaten Siak dikenal dengan slogan Siak the Truly Malay, karena daerah ini merupakan wilayah berbasis budaya Melayu, bahkan sudah berhak memegang hak cipta atas branding Siak the Truly Malay, paten atas branding tersebut, menurut Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Siak sudah terdaftar sejak 27 April 2017. Berdasarkan kenyataan itulah  masyarakat Siak akhir-akhir ini bersemangat untuk mempromosikan city branding Siak the Truly Malay-nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali, menemukan, dan mendeskripsikankan  berbagai promosi yang digalakan mereka terkait dengan wisata budaya ini. Metode penelitian bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh masyarakat Siak,antara lain: memasarkan objek atau produk-produk budaya Melayu,  baik situs-situs sejarah, kerajinan tradisional, kuliner dan kondisi geografis yang menunjang program tersebut sebagai brand Kabupaten ini, memberdayakan dan meningkatkan ekonomi kreatif yang mengarah kepada city creative; menyelenggarakan berbagai event budaya yang menjadi agenda tahunan, memaksimalkan berbagai saluran komunikasi, seperti situs-situs online, media elektronik, koran lokal dan berbagai publikasi lainnya, memperbaiki dan meningkatkan  sarana dan prasana terutama infrastruktur dan elektrisasi, dan meningkatkan  kerjasama dengan stakehlders. Beberapa rekomendasi untuk meningkatkan program ini, pemerintah sebaiknya memaksimalkan sarana dan prasarana di berbagai tempat wisata yang tengah dikembangkan; masyarakat ikut menjaga dan  mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang mereka miliki, stakeholder/Swasta seharusnya memberikan dukungan material secara maksimal terhadap program pemerintah dalam mempromosikan city branding ini.

Keywords


komunikasi pariwisata; budaya; city branding; promosi; Siak the truly Malay

Full Text:

PDF

References


Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, R. (2018). Pengembangan model komunikasi pariwisata berbasis kearifan lokal di kawasan geopark Pangandaran development of local tourism based tourism communication model. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 217–230. Diambil dari http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/18459/9170

Budiarjo. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi untuk pariwisata: analisa isi laman resmi pariwisata Provinsi Kepulauan Riau. Spirit Publik, 12(1).

Dinnie, K. (2011). City branding, theory and cases. New York: Palgrave McMillan.

Efni, N. (2016). Tata kelola event budaya dalam mempromosikan program siak the truly Malay sebagai penguatan ekonomi lokal dan revitalisasi budaya Melayu. Pekanbaru: Unri Press.

Fajrini, N., Bakti, I., & Novianti, E. (2018). City branding Sawahlunto Kota wisata tambang yang berbudaya melalui event Sawahlunto international songket carnival (sisca) 2016 city branding Sawahlunto “the cultured coal mining tourism city” through the Sawahlunto international songket carnival eve. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 169–185. Diambil dari http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/12861/7830

Florida, R. (2003). Cities and the Creative Class” in City & Community: RAI, 2(1), 3-19.

Geriya, W. (1995). Pola partisipasi dan pemberdayaan sumber daya adat perkembangan pariwisata Denpasar. Denpasar: Upada Sastra.

Hardyantoro, S. (2012). Perean website sebagai penunjang city branding Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Hilman, Yusuf Adam Megantari, K. (2018). Model city branding sebagai strategi pengauatan pariwisata lokal Jawa Timur. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2(2).

Jannah, B. (2014). Pengaruh city branding dan city image terhadap keputusan berkunjung wisatawan Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 17(1).

Kavaratzis, M. (2004). From city marketing to city branding: Towards a theoretical framework for developing city brands. place branding and public diplomacy, 1(1), 53–54.

Kavaratzis, M. (2008). “From city marketing to city branding: aninterdisciplinary analysis with reference to Amsterdam, budapest and athens.” University of Groningen.

Kavaratzis, M., & Ashworth, G. J. (2005). City branding : An effective assertion of identity or a transitory marketing trick. Tijdschrift voor Economische enSociale Geografie.

Larasati, D. (2016). Potensi wisata dalam pembentukan city branding Kota Pekanbaru. Jurnal komunikasi, 10(2).

Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (2013). Konsep city branding sebuah pendekatan “the city brand hexagon ” pada pembentukan (hal. 315–323). Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178/6144

Nuryanti, W. (1996). Heritage and enviorment management: the international perspective. Gadjah Mada University.

Peel, D., & Lloyd, G. (2008). New communicative challenges: dundee, place branding, and the reconstruction of city image” in town planning review. JSTOR, 79(5).

Pfefferkorn, J. W. (2005). The branding of cities. exploring city branding and the importance of brand image. Graduate School of Syracuse.

Putri, F. A., Sumartias, S., & Sjoraida, D. F. (2018). Proses rebranding mal grand Indonesia oleh departemen marketing communication PT grand Indonesia. PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2). Diambil dari http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/9063/7833

Scott, A. J. (2006). Creative cities: conceptual issues and policy questions. Journal of Urban, 28(1).

Shaw, G. W. (1997). Critical issues in toursm: a geograpical perspective. Oxford: Blackwell.

Yuli, A. (2011). City branding sebagai strategi pengembangan pariwisata ditinjau dari aspek hukum merek (studi kasus city branding daerah istimewah Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata unggulan di Indonsia). Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum QISTI, 5(1).




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.22235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Noor Efni Salam, Nurjanah Nurjanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats