Penggunaan Instagram oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengoptimalkan destination branding Pangandaran

Priyo Subekti, Hanny Hafiar, Iriana Bakti

Abstract


Perkembangan media sosial yang semakin pesat dan bertambahnya pengguna yang semakin banyak menjadikan media sosial menjadi salah satu sumber rujukan informasi oleh sebagian banyak masyarakat. Media sosial telah menciptakan sebuah pola baru dalam berkomunikasi dan berpartisipasi sosial, hal ini dapat dilihat dari banyaknya keterlibatan para pengguna dalam sebuah forum komunikasi atau platform media sosial. Saat ini banyak lembaga pemerintah, swasta dan organisasi masyarakat yang memanfaatkan media sosial menjadi salah satu media informasi untuk menjangkau masyarakat. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pangandaran memanfaatkan media sosial melalui akun instagram @pudalopspangandaran untuk memberitakan informasi mengenai kebencanaan, dan kegiatan yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Pangandaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kebencanaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif. Analisis yang digunakan dalam meneliti penggunaan Instagram oleh BPBD Kab. Pangandaran adalah konsep The Circular Model of Some dari Regina Luttrell yang terdiri dari membagikan (Share), mengoptimalkan (Optimize), mengelola (Manage), dan melibatkan (Engage). Tingginya potensi bencana di Pangandaran menjadi salah satu latar belakang perlunya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebencanaan. BPBD Kabupaten Pangandaran memanfaatkan instagram melalui akun @pusdalopspangandaran sebagai media informasi mengenai kebencanaan kepada masyarakat luas. Pengelolaan media sosial yang dilakukan oleh BPBD sudah cukup efektif menjangkau masyarakat khususnya masyarakat pangandaran, namun terkendala dengan kurangnya sumber daya manusia yang dapat mengelola media sosial agar tetap update.


Keywords


Media sosial; Instagram; edukasi bencana; kebencanaan; penggunaan

Full Text:

PDF

References


Adhrianti, L. (2016). Digitalisasi Public Relations Bagi Penguatan Citra Pemerintah Daerah. In Prosiding Seminar Nasional Komunikasi 2016 (pp. 115–125).

Anson, S., Watson, H., Wadhwa, K., & Metz, K. (2017). Analysing social media data for disaster preparedness: Understanding the opportunities and barriers faced by humanitarian actors. International Journal of Disaster Risk Reduction, 21, 131–139. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2016.11.014

Arora, A., Bansal, S., Kandpal, C., Aswani, R., & Dwivedi, Y. (2019). Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter and Instagram. Journal of Retailing and Consumer Services, 49(February), 86–101. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.03.012

Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh Kementerian Pariwisata RI. Jurnal Sosiotek.

Atmoko, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Bekkers, V., Edwards, A., & de Kool, D. (2013). Social media monitoring: Responsive governance in the shadow of surveillance? Government Information Quarterly, 30(4), 335–342. https://doi.org/10.1016/j.giq.2013.05.024

Bhuvana, N., & Arul Aram, I. (2019). Facebook and Whatsapp as disaster management tools during the Chennai (India) floods of 2015. International Journal of Disaster Risk Reduction, (March), 101135. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101135

Casaló, L. V., Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2018). Influencers on Instagram: Antecedents and consequences of opinion leadership. Journal of Business Research, (October 2017). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.07.005

Christian, J. A., Bangsa, P. G., & Malkisedek, M. H. (2018). Perancangan media komunikasi visual destination branding Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya, 1–11.

Creswell, J. . (2002). Qualitative Inquiry and research design: choosing among five tradition. Thousand, Sage Publication.

Hajati, R. P., Perbawasari, S., & Hafiar, H. (2018). Manajemen Aktivitas Media Sosial Akun Instagram @ indonesiabaik . id. Meta Communication, 3(2).

Helmi, S. (2017). Destination brand : membangun keunggulan bersaing daerah, (March). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24164.99209

Hidayatullah, T., Maya, R., Sabrina, R., Artanti, D., & Kania, D. D. (2018). Marketing Strategy For Tour Operator on Social Media ( Instagram ) In Promoting Tour Packages To Tourist Attraction In Indonesia. Global Research on Sustainable Transport & Logistics. https://doi.org/ISSN : 2622-5778

Hikmawan, Y., & Pradhanawati, A. (2016). Analisis keterkaitan media sosial , word of mouth , potensi wisata , dan praktik place branding di Taman Nasional Karimun Jawa. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 1–12.

Hootsuite, & We Are Social. (2019). Digital 2019 Indonesia. Retrieved from https://hootsuite.com/pages/digital-in-2019

Jamali, M., Nejat, A., Ghosh, S., Jin, F., & Cao, G. (2019). Social media data and post-disaster recovery. International Journal of Information Management, 44(September 2018), 25–37. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.09.005

Kammerl, R., & Kramer, M. (2016). The changing media environment and its impact on socialization processes in families. Studies in Communication Sciences, 16(1), 21–27. https://doi.org/10.1016/j.scoms.2016.04.004

Luttrell, R. (2015). Social Media: How to Enggae, Share and Connect. London: Rowman & Littlefield Publishers.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64–74.

Shafer, S., Johnson, M. B., Thomas, R. B., Johnson, P. T., & Fishman, E. K. (2018). Instagram as a Vehicle for Education: What Radiology Educators Need to Know. Academic Radiology, 25(6), 819–822. https://doi.org/10.1016/j.acra.2018.03.017

Singh, A., Halgamuge, M. N., & Moses, B. (2019). An Analysis of Demographic and Behavior Trends Using Social Media: Facebook, Twitter, and Instagram. Social Network Analytics. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-815458-8.00005-0

Statista. (2019). Number of monthly active Instagram users from January 2013 to June 2018. Retrieved from https://www.statista.com/statistics/253577/number-of-monthly-active-instagram-users/

Teodorescu, H. N. (2015). Using Analytics and Social Media for Monitoring and Mitigation of Social Disasters. Procedia Engineering, 107, 325–334. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.06.088

Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Adriani, Y., & Sarasvati. (2018). Media Sosial Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Pariwisata bagi Generasi Z di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal, 4, 1–22.

Watie, E. D. S. (2017). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

WebPangandaranKab. (2019). Selayang Pandang Pangandaran. Retrieved August 29, 2019, from http://web.pangandarankab.go.id/public/profile/profil-kabupaten-pangandaran

Wijaya, S. W. (2016). Media Sosial bagi Desa Wisata : Sebuah Kajian Konseptual. Media Teknika Jurnal Teknologi, 11(1), 55–59.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Priyo Subekti, Hanny Hafiar, Iriana Bakti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats