Implementasi strategi komunikasi “Bandung Juara” sebagai bagian dari city branding Kota Bandung
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk membahas implementasi strategi komunikasi program “Bandung Juara” yang merupakan bagian dari city branding Kota Bandung serta hambatan-hambatan yang dialami oleh pemerintah kota Bandung sebagai pelaksana dalam mewujudkan program “Bandung Juara”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan key informan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam semi struktur (in-depth), observasi, dan studi kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang dilakukan secara induktif yang disusun secara deskriptif. Adapun teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial atas realitas dari Berger dan Luckman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi “Bandung Juara” sebagai bagian dari city branding Kota Bandung diinternalisasi oleh pemerintah Kota Bandung serta masyarakat Kota Bandung melalui berbagai program seperti menggalakan bersepeda, musrenbang, mempermudah izin usaha, relawan kebersihan dan penataan taman kota. Namun demikian, terdapat pula berbagai hambatan dalam internalisasi program “Bandung Juara” ini antara lain: (1) rendahnya sense of belonging stakeholders kota, (2) keterbatasan waktu dan SDM yang dimiliki Pemkot Bandung, (3) strategi sosialisasi Pemkot Bandung yang tidak bisa menjadikan Program “Bandung Juara” ini sebagai alat rekayasa sosial (social engineering), (4) Munculnya sudut pandang negatif dari para stakeholder kota terhadap Pemkot Bandung sebagai pencetus Program “Bandung Juara”, (5) dominasi staf Pemkot Bandung, (6) kebiasaan buruk warga Kota Bandung. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi komunikasi oleh Pemkot Bandung dalam mewujudkan Program “Bandung Juara” sudah dilakukan, tetapi semua itu tidak menjamin proses internalisasi stakeholder kota akan sukses terbentuk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berger, P., & Luckmann, T. (2016). The social construction of reality. Social Theory Re-Wired: New Connections to Classical and Contemporary Perspectives: Second Edition, 110–122. https://doi.org/10.4324/9781315775357
Castillo-Villar, F. R. (2018). City branding and the theory of social representation. Bitacora Urbano Territorial, 28(1), 31–36. https://doi.org/10.15446/bitacora.v28n1.52939
Damayanti, R., Rahayu, R. K., & Ulfah, I. F. (2017). Mapping Model of City Branding Formulation In Indonesia, 163 (Icodag), 199–206. https://doi.org/10.2991/icodag-17.2017.37
Kavaratzis, M., & Ashworth, G. J. (2005). J.1467-9663.2005.00482.X.Pdf. Tijdschrift Voor Economische En Sociale Geografie-2005, 96(5), 506–514. https://doi.org/10.1111/j.1467-9663.2005.00482.x
Maulina, N., & Atika, A. (2019). Strategy of Forming Banjarmasin City Branding as Clean and Comfortable (Barasih wan Nyaman) River City, 292, 28–35. https://doi.org/10.2991/agc-18.2019.5
Mihardja, E. J. (2019). City Branding Strategy and Local Government Readiness, 353(IcoSIHESS), 206–212.
Mittila, T. S., & Lauren, H. L. M. (2014). 2.0 Country Branding, (Gecss), 370–373. https://doi.org/10.2991/gecss-14.2014.93
Moleong, L. J. (2000). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Ndlovu, J. (2009). Branding as a strategic tool to reposition a destination: a survey of key tourism stakeholders. in Zimbabwe, (April), 222–289.
Nugraha, A. R., Yustikasari, & Koswara, A. (2017). Branding kota Bandung di Era Smartcity. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–16.
Universitas, P., & Surakarta, M. (2014). Proceeding seminar nasional “, 219–227.
Pfefferkorn, J. W. (2005). The branding of cities. Thesis. Graduate School of Syracuse University.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2011). Problems and Services Strategies in Marketing. Journal of Marketing, 49(2), 33–46.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rosnandar Romli, Nada Arina Romli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats