Mediated relationship: menakar hubungan organisasi-publik dalam akun Instagram resmi perusahaan telekomunikasi

Syaifa Tania

Abstract


Orientasi utama dalam praktik komunikasi korporat adalah kemampuan humas untuk mengelola hubungan organisasi dan publik yang efektif. Selaras dengan peran humas untuk menjalankan fungsi komunikasi publik yang bersifat simetris dua arah, kehadiran media baru dianggap sebagai media komunikasi yang potensial untuk mewujudkan fungsi tersebut. Seiring dengan perkembangan tren media baru, Instagram menjadi salah satu media komunikasi yang banyak digunakan organisasi. Meskipun demikian, sebagai platform media sosial berbasis visual, Instagram belum sepenuhnya mampu dipraktikkan untuk membangun relasi dialogis antara organisasi dan publik. Studi ini berupaya menakar hubungan organisasi dan publik yang ditampilkan di tiga akun Instagram resmi perusahaan penyedia jasa telekomunikasi seluler Indonesia. Metode yang diterapkan dalam studi ini adalah analisis isi kuantitatif dengan menggunakan empat dimensi hubungan dan dua bentuk luaran hubungan sebagai kerangka konseptualnya. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara organisasi dan publik dalam memaknai Instagram sebagai media komunikasi korporat. Organisasi cenderung menggunakan Instagram sebagai media pembentuk citra, sementara publik memosisikan Instagram sebagai media pelayanan keluhan konsumen seperti kanal lainnya. Secara umum, tarikan atas simpulan utama menunjukkan bahwa tidak ada formula tunggal dalam praktik penggunaan media sosial di antara organisasi. Meskipun ketiga organisasi bergerak di bidang industri yang sama, namun hal tersebut tidak serta merta membuat ketiganya menerapkan pola serupa dalam memanfaatkan media sosial sebagai kanal komunikasi untuk menjalin hubungan organisasi dan publik.

Keywords


Hubungan organisasi dan publik, komunikasi korporat, Instagram, media baru, digital PR

Full Text:

PDF

References


Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2009). Effective public relations (9th ed.). New Jersey: Prentice-Hall. Inc.

Edman, H. (2010). Twittering to the top: A content analysis of corporate tweets to measure organization-public relationships. Louisiana State University. Retrieved from https://digitalcommons.lsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=2725&context=gradschool_theses

Grunig, J. E. (2009). Paradigms of global public relations in an age of digitalisation. PRism, 6(2), 1–19. Retrieved from http://praxis.massey.ac.nz/prism_on-line_journ.html

Hon, L. C., & Grunig, J. E. (1999). Guidelines measuring relationships in public relations: Gold standard paper of the Commission on Public Relations Measurement & Evaluation. Florida.

J.Jussilaa, J., Kärkkäinena, H., & HeliAramo-Immonenb. (2014). Social media utilization in business-to-business relationships of technology industry firms. Computers in Human Behavior, 30(1), 606–613. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.07.047

Jahansoozi, J. (2007). Julia jahansoozi. Public Relations Review, 33(4), 398–406. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2007.08.006

Jahn, K., & Nielsen, P. A. (2011). A vertical approach to knowledge management: Codification and personalization in software processes. International Journal of Human Capital and Information Technology Professionals, 2(2), 26–36.

Lee, E., Moon, J. H., Lee, J.-A., & Sung, Y. (2015). Pictures speak louder than words: Motivations for using Instagram. Cyberpsychology Behavior of Social Network, 18(9), 552–556.

López-López, I., Ruiz-de-Maya, S., & Warlop, L. (2014). When sharing consumption emotions with strangers is more satisfying than sharing them with friends. Journal of Service Research, 17(1), 475–488. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1094670514538835

Men, L. R., & Tsai, W. (2014). Perceptual, attitudinal, and behavioral outcomes of organization-public engagement on corporate social networking sites. Journal of Public Relations Research, 26(5), 417–435. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1062726X.2014.951047

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20. https://doi.org/10.2307/1252308

Muntinga, D. G., Moorman, M., & Smit, E. G. (2011). Introducing COBRAs: exploring motvations of brand-related social media use. International Journal of Advertising, 3(1), 13–46.

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in south sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.

Rangaswamy, A., & Bruggen, G. H. Van. (2005). Opportunities and challenges in multichannel marketing: An introduction to the special issue. Journal of Interactive Marketing, 19(2), 5–11.

Richardson, A., Ganz, O., & Vallone, D. (2014). The cigar ambassador: how snoop dogg uses instagram to promote tobacco use. Tobacco Control, 23(1), 79–80.

Russmann, U., & Svensson, J. (2016). Studying organizations on instagram. Information (Switzerland), 7(4), 1–12. https://doi.org/10.3390/info7040058

Schill, D. (2012). The visual image and the political image: A review of visual communication research in the field of political communication. Review Communication, 12(2), 118–142.

Smith, L. R., & Sanderson, J. (2015). I’m going to instagram it! an analysis of athlete self-presentation on instagram. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 59(2), 342–358. https://doi.org/10.1080/08838151.2015.1029125

Tania, S. (2015). Public relations dalam media baru. Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.24703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Syaifa Tania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats