Pemahaman komunitas terhadap program community relations di Palimanan dan Citeureup
Abstract
Community relations dalam konteks Public Relations merupakan implementasi dari tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar atau pihak-pihak yang terdampak kegiatan perusahaan yang disebut komunitas. Kegiatan yang mutlak perlu dilaksanakan oleh perusahaan khususnya perusahaan pertambangan seperti PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk., salah satu produsen semen terbesar di Indonesia, yang kerap memberikan dampak kekeringan serta lahan tandus akibat kegiatan penambangan. Sebagai tanggung jawabnya maka perusahaan melakukan revitalisasi lahan bekas galian tambang yaitu pelaksanaan program budidaya tanaman jarak pada lahan pasca tambang. Perusahaan berusaha melihat dari dua sisi kepentingan: yaitu kepentingan perusahaan dan kepentingan komunitas dimana keduanya harus saling mengisi. Namun berkaitan dengan penanganan perusahaan terhadap lahan-lahan bekas galian tambang tersebut, timbul berbagai pemahaman berbeda dari masyarakat baik di Palimanan maupun Citeureup. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman komunitas terhadap pelaksanaan program budidaya tanaman Jarak pada lahan bekas galian tambang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme, dan jenis studi adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah dipilih secara purposif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, serta analisis dokumen. Hasil dan pembahasan dimana komunitas mempersepsi tanggung jawab perusahaan dalam bentuk materi atau uang (jangka pendek), sedangkan perusahaan mempersepsi tanggung jawab moral dalam upaya memperkecil dampak buruk dan memperbaiki kondisi yang merugikan akibat operasional perusahaan (jangka panjang). Simpulan menunjukkan bahwa pemahaman terjadi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan komunitas mengenai situasi serta kondisi yang terjadi pada lingkungan sekitar akibat kegiatan produksi dari perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiati, M. P. (2012). Program corporate social responsibility di industri hotel. Binus Business Review, 3(1), 502–512. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/bbr.v3i1.1338
Ardianto, E. (2010). Metodologi penelitian untuk public relations: Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (L. Habib (Ed.); 3rd Editio). SAGE Publications, Inc.
Devita, & Sumartono. (2010). Hubungan manfaat kegiatan community relations dengan citra perusahaan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. pada masyarakat Kragilan Serang Banten. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 7(2), 175–194. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Kom/article/view/994
Garriga, E., & Melé, D. (2004). Corporate Social Responsibility theories: Mapping the territory Social Responsibility Corporate theories: Mapping the territory. Journal of Business Ethics, 53, 51–71. https://doi.org/10.1787/9789264122352-de
Grunig, J. E., & Hunt, T. T. (1984). Managing public relations. Holt, Rinehart and Winston.
Hartini, T. (2016). Strategi community relations lembaga pendidikan. Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, Dan Budaya, 1(1), 33–43. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/makna.v1i1.796
Haryono, D., Wisadirana, D., & Chawa, A. F. (2018). Strategi pemberdayaan komunitas perempuan miskin berbasis agribisnis. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(1), 1–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/dms.2018.181.2897
Iriantara, Y. (2010). Community relations: konsep dan aplikasnya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Isdarmanto. (2013). Pemberdayaan komunitas masyarakat bantaran Kali Code dalam mewujudkan kawasan desa wisata yang berbasis budaya. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 7(3), 51–70. http://ejournal.stipram.ac.id/index.php/kepariwisataan/article/view/168
Karmini. (2019). Strategi peningkatan investasi non tambang di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Riset Pembangunan, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.36087/jrp.v1i2.36
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi: Konsep, pedoman dan contoh penelitian. Bandung: Widya Padjadjaran.
Putra, D. K. S. (2019). Komunikasi CSR politik: membangun reputasi, etika, dan estetika PR politik. Jakarta: Prenada Media.
Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64.
Resdiana, E., & Widyastuti, E. (2019). Tanggung jawab sosial perusahaan dari perspektif komunitas di Kecamatan Gili Genting Sumenep. Performance, 9(1), 55–63.
Salim, A. (2016). Teori dan paradigma penelitian sosial, buku sumber untuk penelitian kualitatif edisi kedua. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Siregar, B. (2016). Memaksimalkan citra perusahaan melalui implementasi Corporate Social Responsibility. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 2(1), 27–41. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/at-tijaroh.v2i1.786
Siwi, M. (2017). Kontestasi pengetahuan negara, swasta dan masyarakat dalam pengelolaan program Corporate Social Responsibility. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(1), 115–128. https://doi.org/10.29244/jskpm.1.1.115-128
Sonny, K. (1998). Etika bisnis tuntutan dan relevansinya. Jakarta: Kanisius.
Sujarwani, R., Wulandari, F. D., Husni, A., & Rianto, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Komunitas Aadat Terpencil (KAT) oleh pemerintah Kabupaten Lingga. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 20(1), 17–31. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jantro.v20.n1.p17-31.2018
Suparman. (2013). Coorporate Social Responsibility: Bentuk tanggung jawab sosial dan kepedulian perusahaan dengan masyarakat. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 172–184. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.2.2.172-184
Triyono, A. (2014). Pemberdayaan masyarakat melalui community development program Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) PT. Holcim Indonesia Tbk pabrik Cilacap. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 6(2), 111–121. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/komuniti.v6i2.2949
Umma, E., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2016). Model kemitraan di PT. Holcim Indonesia, Tbk. PRofesi Humas - Jurnal Ilmiah Program Studi Hubungan Masyarakat, 1(1), 22–34. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v1i1.9468
Wibisono, S. G. (2018). Pertambangan di Kaltim di antara kerusakan lingkungan dan persawahan. Beritagar.id. https://beritagar.id/artikel/berita/pertambangan-di-kaltim-di-antara-kerusakan-lingkungan-dan-persawahan
Yin, R. K. (2014). Studi kasus desain & metode. Jakarta: Rajawali Press.
Yusuf, Y. M., Prastyo, D. A., Khaerunnisa, L., & Raharjo, S. T. (2020). Implementasi program Corporate Social Responsibility oleh perusahaan unicorn di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 252–258.
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.25901
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Feliza Zubair

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats