Strategi kampanye Alzheimer Indonesia #janganmaklumdenganpikun dalam membangun kesadaran akan isu demensia

Joel Immanuel, El Chris Natalia

Abstract


Alzheimer Indonesia (ALZI), salah satu organisasi nonprofit membuat sebuah kampanye sosial dengan tema #JanganMaklumDenganPikun (#JMDP) dalam membangun kesadaran masyarakat. Tujuan dari kampanye yang dilakukan oleh ALZI adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit demensia yang tidak bisa dianggap sebagai hal remeh. Pikun tidak lagi menjadi sesuatu hal yang biasa karena dapat menjadi salah satu tanda atau gejala dari penyakit demensia. Penelitian ini membahas mengenai strategi kampanye yang dilakukan oleh Alzheimer Indonesia (ALZI) dengan tema #JanganMaklumDenganPikun dalam membangun kesadaran terhadap isu demensia. Penelitian berfokus pada program Summer School Fakultas Kedokteran, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Kampanye #JMDP dirancang dengan berdasarkan pada isu mengenai kurangnya kesadaran masyarakat akan penyakit demensia. Pada penelitian ini teori yang digunakan yaitu Public Relations, Kampanye, Strategi Kampanye Publik dengan fokus pada model kampanye Ostergaard, Isu, dan Komunikasi Kesehatan. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga unsur dalam membangun kesadaran, yaitu pertama adanya konsistensi penggunaan #JMDP pada setiap kegiatan kampanye. Kedua, strategi proaktif dapat membantu untuk menjangkau masyarakat. Ketiga, penempatan pada sesi peningkatan kesadaran dengan ALZI dinilai sudah tepat dalam meningkatkan kesadaran peserta Summer School yang dapat menjadi agen kampanye di lingkungannya masing-masing. Maka, dapat disimpulkan bahwa kampanye #JMDP menggunakan proaktif dan reaktive strategy, penyusunan strategi kampanye sesuai dengan model Ostergaard, dan penempatan sesi peningkatan kesadaran sudah sesuai untuk membangun kesadaran akan isu demensia.

Keywords


Hubungan masyarakat; strategi kampanye; kesadaran; isu; komunikasi kesehatan

Full Text:

PDF

References


Adhabi, E. A. R., & Anozie, C. B. L. (2017). Literature review for the type of interview in qualitative research. International Journal of Education, 9(3), 86. https://doi.org/10.5296/ije.v9i3.11483

Chandra, A. L. (2014). Strategi kampanye “breast cancer awareness month”. Jurnal E-Komunikasi, 2(1). https://doi.org/http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/issue/view/74

Gregory, A. (2010). Planning & managing public relations campaigns (third edit). London: Kogan Page Ltd.

Jackson, R. L., Drummond, D. K., & Camara, S. (2007). What is qualitative research? Qualitative Research Reports in Communication, 8(1), 21–28. https://doi.org/10.1080/17459430701617879

kitabisa.com. (n.d.). https://kitabisa.com/campaign/melawanpikun. Diakses pada 28 September 2019.

Komariah, K., Perbawasari, S., Nugraha, A. R., & Budiana, H. R. (2013). Pola komunikasi kesehatan dalam pelayanan dan pemberian informasi mengenai penyakit tbc pada puskesmas di Kabupaten Bogor. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.24198/jkk.vol1n2.7

Lasari, Y., Dewi, S., & Diahloka, C. (2015). Strategi komunikasi duta hiv/aids dalam kampanye hiv/aids di kalangan transgender pada ikatan waria Malang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 4(3), 42416. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/129

Maharani, E. (2017). WHO : jumlah penderita demensia berlipat. https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/17/12/09/p0ob77335-who-jumlah-penderita-demensia-berlipat. Diakses pada 16 September 2019.

Michaelson, D., Wright, D., & Stacks, D. (2012). Evaluating efficacy in public relations / corporate communication programming: Towards establishing standards of campaign performance. Public Relations Journal, 6(5), 1–25. https://www.instituteforpr.org/wp-content/uploads/Michaelson-Wright-Stacks-PR-Journal-2012-Vol-6-No-5.pdf

Mulyadi, M. (2013). Riset desain dalam metodologi penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106

Mulyana, D. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747

Natow, R. S. (2019). The use of triangulation in qualitative studies employing elite interviews. Qualitative Research, 20(2), 160–173. https://doi.org/10.1177/1468794119830077

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143/88

Noble, H., & Heale, R. (2019). Triangulation in research, with examples. Evidence-Based Nursing, 22(3), 67–68. https://doi.org/10.1136/ebnurs-2019-103145

Putri, N. E., Hakim, N., & Yamin, M. (2016). Ecologicall footprint and biocapacity analysis for flooding prevention in South Sumatera. Jurnal Mimbar, 32(1), 58–64. https://media.neliti.com/media/publications/157872-EN-ecologicall-footprint-and-biocapacity-an.pdf

Smith, R. (2014). Public relations the basics. New York: Routledge.

Smith, R. D. (2002). Strategic for planning public relations. London: Lawrence Earlbaum Associate.

Suriastini, N., Turana, Y., Witoelar, F., Supraptilah, B., Wicaksono, T., & Dwi, E. (2016). Angka prevalensi demensia: perlu perhatian kita semua. SurveyMETER, 1–4. https://doi.org/10.4210/ssee.pbs.2009.0001

Thomas, R. K. (2006). Health communication. New York: Springer.

Venus, A. (2009). Manajemen kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

www.alzi.or.id. (n.d.). https://www.alzi.or.id/atma-jaya-alzi-co-working-space-atzi-center. Diakses pada 14 September 2019.

www.kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/view/19070500004/indonesia-masuki-periode-aging-population.html. Diakses pada tanggal 14 September 2019.




DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.28296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Joel Immanuel, El Chris Natalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

PRofesi Humas Indexed by:

   

Editorial Office of PRofesi Humas:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id


 


PRofesi Humas Supervised by:

View My Stats