Fungsi komunikasi korporat Humas PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru
Abstract
Salah satu perusahan besar yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit dan karet kerap sering diberitakan dengan berbagai isu terkait dengan pemerintah, masyarakat maupun investor adalah PT. Perkebunan Nusantara V(PTPN V). Keberadaan suatu isu yang ada di perusahaan perlu ditanggapi dengan bijak oleh Humas sebagai bagian dari tugas nya adalah melaksanakan fungsi komunikasi korporat untuk reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi komunikasi, hambatan, dan solusi komunikasi korporat oleh Humas PTPN V Pekanbaru. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis data berupa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi komunikasi korporat oleh humas PTPN V sudah terlaksana sesuai dengan fungsi manajemen dalam perusahaan melalui upaya membangun dan mempertahankan identitas, citra dan reputasi; CSR; media; krisis komunikasi; komunikasi pemasaran; hubungan dengan investor; hubungan terhadap pemerintah;dan sistem komunikasi internal. Namun, ada beberapa fungsi komunikasi korporat yang penting untuk ditingkatkan seperti dalam konteks komunikasi pemasaran, hubungan media, hubungan pemerintah dan komunikasi internal. Sedangkan hambatan pada komunikasi korporat yang dihadapi oleh humas PTPN V yaitu pada penanganan isu manajemen dan krisis komunikasi. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan menyelesaikan masalah isu manajemen di PTPN V secara internal maupun ekternal publik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa humas PTPN V mampu mewujudkan hubungan lebih baik dengan pemerintah, media, mencegah isu dan krisis manajemen sedini mungkin sehingga dapat meningkatkan dan mempertahankan kemampuan komunikasi korporat dalam membangun kepercayaan serta efek positif untuk keberlanjutan perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, E. (2013). Hanbook of public relations: pengatar komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Argenti, P. (2010). Komunikasi korporat ( putri aila idris (ed.); terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika.
Aznil, F. (2019). PTPN V Riau hadapi masalah besar. Https://Detakindonesia.Co.Id/. https://detakindonesia.co.id/read/detail/3656/ptpn-v-riau-hadapi-masalah-besar
Bangun, C. R. A. (2016). Peran departemen corporate communication dalam melakukan sosialisasi nilai perusahaan melalui media internal: studi darya varia laboratoria tbk. Jurnal UltimaComm, 8(2), 45–56. http://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/881/683
Cornelissen, J. (2004). Corporate communications theory and practice. London: Sage Pubications Inc.
Doorley, J., & Garcia, F. (2011). Reputation management. Perancis: Routladge.
Ganiem, L. M., & Kurnia, E. (2019). Komunikasi korporat. Jakarta: Kencana-Prenada Media Group.
Gasing, S. S., & Suryanto. (2016). Public relation. Yogyakarta: Andi.
Hadi, N., & Kuswanto, A. (2019). Buruh ptpn v diusir paksa dari tempat tinggal milik perusahaan, lantaran beroganisasi. Gagasanriau.Com. https://gagasanriau.com/news/detail/41561/buruh-ptpn-v-diusir-paksa-dari-tempat-tinggal-milik-perusahaan-lantaran-beroganisasi
Humas PTPN V. (2019). PTPN V Riau targetkan sertifikasi iscc untuk seluruh unit pabrik. Https://Ptpn5.Com. https://ptpn5.com/2019/11/ptpn-v-riau-targetkan-sertifikasi-iscc-untuk-seluruh-unit-pabrik/
J.Moelong, L. (2016). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Juwita, R. (2017). Media sosial dan perkembangan komunikasi korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47–60. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136
Kriyantono, R. (2012). Public relation & krisis manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kuncoro, N. (2015). Government relations dan role model (strategi pt. perusahaan gas negara (persero) Jakarta dalam menjadikan DKI Jakarta sebagai kota gas (city gas) Di Indonesia). Ilmu Komunikasi UMS, 1(1), 1–16. http://eprints.ums.ac.id/38303/24/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Kusniadji, S. (2016). Strategi komunikasi pemasaran dalam kegiatan pemasaran Produk Consumer Goods. Jurnal Komunikasi, 8(1), 84–98. https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.49
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis, a methods sourcebook (3rd ed.). USA: Sage Publications.
Nova, F. (2011). Crisis public relations : strategi public relations menghadapi krisis, mengelola isu, membangun citra, dan reputasi perusahaan. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.
Puspitasari. (2016). Komunikasi krisis mengelola dan memenangkan opini public (I, Ed). Jakarta: Libri.
Regester, M., & Larkin, J. (2005). Risk issues and crisis management in public relations: a casebook of best practice (2nd ed). London: Kogan Page.
Ruslan, R. (2014). Manajemen publik relation dan media komunikasi (konsep dan aplikasi). Jakarta: Raja Grafindo.
Sagala, C., & Chairuna, R. (2015). Analisis peran investor relations PT.Semen Indonesia. Journal of Business Ethics, 52(1), 1–26. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016-6/20416399-MK-Christiani Sagala.pdf
Siregar, B. P. (2019). PTPN V kembalikan lahan 2.800 Hektare ke Negara. Wartaekonomi. https://www.wartaekonomi.co.id/read235263/ptpn-v-kembalikan-lahan-2800-hektare-ke-negara
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif r&d. Bandung: alfabeta.
Van Riel, C. B. M., & Fombrun, J. C. (2019). Essentials of corporate communication : implementing practices for effective reputation management. London dan New York: Routledge.
Wasesa, S. A., & Jim, M. (2010). Strategi public relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yanuar, D. (2017). Kekuatan integrated communication untuk membangun reputasi dalam menghadapi krisis. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 1–14. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKG/article/view/9179
DOI: https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.28329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rosmala Rosmala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PRofesi Humas Indexed by:
Editorial Office of PRofesi Humas:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Sumedang, Indonesia 45363
WA: +6282316731181 (Chat Only)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: jurnal.profesihumas.fikom@unpad.ac.id
PRofesi Humas Supervised by:
View My Stats